Begini Cara Mencegah Kerusakan Evaporator AC Mobil

04/09/2020

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Begini Cara Mencegah Kerusakan Evaporator AC Mobil
Sebagai salah satu komponen paling penting dalam kenyamanan berkendara, mari kita mengenal apa itu evaporator AC dan cara mencegah kerusakan evaporator.

Di tengah suhu yang semakin panas, kegunaan Air Conditioner (AC) pada mobil berperan penting dalam memberikan kenyamanan sepanjang perjalanan. Evaporator AC merupakan satu diantara sedikit komponen yang paling berperan penting dalam menjaga kondisi AC. Lalu apa saja yang membuat evaporator rusak dan cara mencegah kerusakan evaporator?

Apa itu evaporator AC?

Dilansir dari Wuling Indonesia, evaporator berfungsi untuk mengantarkan udara dingin yang dibantu oleh hembusan angin dari blower. Dikenal juga dengan nama cooling unit, komponen ini bertugas untuk mengeluarkan hawa sejuk di dalam kabin. Evaporator terletak diantara katup ekspansi (expansion valve) dan kompresos AC.

evaporator AC pada mobil berwarna putih
Evaporator AC bertugas untuk mengantarkan udara dingin ke kabin

Kerusakan yang terjadi pada evaporator akan membuat suhu di dalam kabin panas. Masalah pada evaporator juga bisa menjalar pada komponen lainnya. termasuk bau apek pada mobil, baru menyerupai oli, dan hembusan angin yang lemah pada kabin. Karena itu pada mobil modern, evaporator harus rutin dibersihkan dan diganti filternya.

>>> Ini Beberapa Masalah Evaporator AC Mobil yang Membuat Kabin Panas

Cara mencegah kerusakan evaporator

Dari zaman ke zaman, evaporator dibuat lebih ringan, bertujuan untuk membuat bobot tak terlalu berat sehingga bisa meningkatkan efisiensi mesin. Saat ini, evaporator pada mobil terbaru memiliki bahan yang lebih tipis sehingga lebih mudah terkorosi dan bocor. Inilah yang menjadi penyebab kerusakan pada evaporator.

tangan yang sedang memeriksa AC mobil tidak dingin
AC tidak lagi dingin bisa mengindikasikan masalah pada evaporator

>>> Ini Beberapa Masalah Evaporator AC Mobil yang Membuat Kabin Panas

Freon yang digunakan pada kendaraan tidak bisa berkurang. Namun kebocoran yang terjadi pada evaporator akan membuat freon berkurang. Kebocoran ini bisa saja terjadi karena pemilik yang jarang melakukan perawatan AC sehingga banyak debu yang menempel. Debu akan menimbulkan lendir dan lama-kelamaan bisa mengakibatkan korosi.

Namun bukan masalah perawatan saja yang bisa membuat evaporator rusak. Tekanan freon yang berlebihan juga mengganggu dan membuat evaporator bocor. Kerusakan lainnya bisa diakibatkan oleh sistem freon yang tersumbat, atau usia yang sudah uzur sehingga patut diganti.

>>> Berbagai mobil baru dan bekas lainnya bisa Anda dapatkan di sini

evaporator AC kotor berwarna hitam
Evaporator yang kotor bisa mengakibatkan masalah pada AC mobil

Tips mencegah kerusakan evaporator adalah dengan merawat AC mobil secara rutin. Pencegahannya juga bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan kabin, mengurangi berkendara ugal-ugalan yang membuat RPM (revolution per minute) mesin menjadi tinggi.

Namun Anda tak perlu takut ketika AC sudah tidak lagi dingin diakibatkan evaporator yang sudah rusak. Perbaikan bisa dilakukan sekaligus ketika melakukan servis resmi di bengkel. Penggantian filter blower pada kendaraan juga perlu diperhatikan agar mencegah evaporator kotor dan menimbulkan korosi.

>>> Tips dan trik menarik lainnya bisa Anda baca disini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Ini Beberapa Masalah Evaporator AC Mobil yang Membuat Kabin Panas

30/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Masalah evaporator AC mobil cukup beragam. Mulai dari mampet akibat tertutup debu, bocor, hingga mengeluarkan lendir. Dan ternyata, masalah itu muncul karena kebiasaan buruk si pemilik mobil.

Lihat juga

Tips Mengatur Suhu AC Mobil Ketika Perjalanan Malam Hari

03/08/2020

Pengemudian

5 menit

Ketika melakukan perjalanan malam hari, penting untuk mengatur suhu AC mobil pada kondisi yang sesuai. Hal ini demi rasa nyaman selama perjalanan.

Lihat juga

Bukan Cuma Gara-gara Freon, Ini 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

05/07/2020

Perawatan dan service

5 menit

AC mobil tidak dingin bukan disebabkan oleh freon habis. Setidaknya ada 10 penyebab yang membuat AC mobil tidak dingin seperti dijabarkan dalam artikel berikut.

Lihat juga

Selain Nggak Dingin, Begini Gejala Awal AC Mobil Rusak

16/07/2020

Perawatan dan service

4 menit

Kabin mobil yang tak dingin bisa menjadi tanda bahwa kondisi AC rusak. Selain itu ada beberapa tanda yang menjadi gejala awal AC mobil rusak, ini daftarnya.

Lihat juga

Lewat Tangan Dan Telinga, Anda Dapat Mengetahui Kondisi AC Mobil Bekas

18/03/2019

Perawatan dan service

5 menit

Membeli mobil bekas memang banyak tantangannya. Kondisi kesehatan mobil bekas harus sangat diperhatikan agar tidak buntung saat membeli. AC (Air Conditioning) mobil adalah salah satu kerusakan yang cukup menjengkelkan. Namun jangan khawatir, karena lewat tangan dan telinga, Anda dapat mengetahui kondisi AC mobil bekas.

Lihat juga