Begini Cara Kaca Film Melindungi Korban Kecelakaan

23/06/2021

Perawatan dan service

3 menit

Produsen kaca film merek Wincos yang asli buatan Jepang ini menjelaskan bagaimana cara kerja kaca film sebagai pelindung pengemudi saat terjadi kecelakaan

Fungsi kaca film di mobil sangat krusial. Bukan hanya sebagai pelindung terhadap sinar ultraviolet dari matahari, tetapi juga sebagai alat pelindung saat terjadi kecelakaan. Produsen kaca film merek Wincos yang asli buatan Jepang ini menjelaskan bagaimana cara kerja kaca film sebagai pelindung pengemudi saat terjadi kecelakaan.

Cara Lapisan Film Di Kaca Melindungi Saat Kecelakaan

"Kalau Wincos sendiri kan diproduksi memang diproduksi di pabrik lem (Lintec Corporation), salah satu kekuatannya ada di lemnya itu sendiri. Jadi semisal terjadi kecelakaan serpihan kaca tidak akan terlempar dan menciderai pengendaranya," ujar Siswanto, Marketing Promotion Kaca Film Wincos kepada tim Cintamobil.com.

Gambar kaca depan pecah

Lapisan film kaca mampu melindungi saat terjadi kecelakaan

Sekadar informasi lapisan film itu tebalnya 1.5 sampai 2 mil, 1 mil itu 1/1000 inci. Yang dapat menjaga pecahan kaca tidak berhamburan keluar itu adalah karena kualitas lem yang terpasang pada film tersebut yang dengan kuat dapat mengikat kaca. Apalagi jenis kaca mobil modern umumnya menggunakan jenis Tempered Glass.

Gambar kaca film Wincos

Wincos merupakan salah satu produsen lapisan film kaca asal Jepang

Selain itu lapisan film di kaca mempunyai fungsi tambahan yakni sebagai pelindung kaca mobil Anda, bahkan meski kaca berhasil dipecah maling tetapi lem tadi akan mengikat serpihan kaca sehingga tak membahayakan. Dan tentunya lapisan film di kaca juga dapat menolak panas.

Foto tim Cintamobil.com sedang mengendarai Mitsubishi Outlander Sport GLS AT 2012

Mampu menahan panas juga jadi benefit lapisan film di kaca

Terakhir untuk kaca mobil Jepang dengan Eropa juga tidak berbeda ketebalannya. Kecuali mobil balap yang sudah pakai kaca dari bahan polycarbonate. Jadi jika mobil masih standar pemasangan lapisan film tebalnya masih sama seperti yang tadi kami sebutkan yakni 1,5 sampai 2 mil.

Gambar pemasangan kaca film

Jangan sampai salah pilih lapisan film di kaca ya

Maka dari itu keberadaan proteksi lapisan film sangat penting, tak heran lapisan film di kaca biasanya sudah menjadi standar dalam paket penjualan mobil baru. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan di atas ketika kaca mobil pecah lapisan film memiliki andil dalam melindungi.

>>> 9 Rekomendasi Pembersih Jamur Kaca Mobil Terbaik Versi Cintamobil

Keunggulan Lapisan Film Di Kaca Merek Wincos

Lapisan film kaca dengan merek Wincos ini sudah bekerja sama dengan beberapa pabrikan mobil salah satunya Honda. Setidaknya terdapat lima keunggulan yang ditawarkan oleh lapisan film di kaca bermerek Wincos dibandingkan dengan para kompetitor sekelasnya:

  1. Total UV Protection
  2. Signal Accesable
  3. Safe Driving
  4. Full Comfort
  5. Clear Night View

>>> Kenali Nama Pembersih Kaca Mobil, Komponen Penting Agar Mobil Terawat

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top