Begini 5 Langkah Mencuci Mobil Pasca Banjir

11/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Begini 5 Langkah Mencuci Mobil Pasca Banjir
Setelah musim banjir tiba dan sesekali matahari menampakkan dirinya, kini saatnya recovery kondisi mobil Anda. Begini 5 langkah mencuci mobil pasca banjir

Musim penghujan telah tiba di Indonesia, sayangnya curah hujan yang amat tinggi membuat banjir terjadi pada beberapa wilayah tak terkecuali Jakarta. Nah, jika kondisi mulai membaik, yang ditandai dengan matahari mulai nampak kini saatnya Anda melakukan recovery terhadap kondisi mobil Anda. Salah satunya adalah dengan mencuci mobil secara benar. Berikut ini adalah 5 langkah mencuci mobil pasca banjir.

>>> Ingin merasa aman dalam menerjang banjir? Ini pilihan mobilnya

Gambar menunjukkan mencuci mobil pasca banjir

Setelah kena banjir cuci mobil menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mencegah jamur bahkan karat

1. Mulai Dari Bodi Hingga Ke Mesin

Pertama yang harus dilakukan ketika ingin mencuci mobil pasca banjir adalah mulai dari bodi terlebih dahulu. Berbeda dengan mencuci mobil biasa yang dimulai dari bagian kaki-kaki terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk meminimalisir bodi berjamur yang dapat menyebabkan cat menjadi kusam dan tidak enak dilihat lagi. Gosok secara perlahan, karena air bekas banjir biasanya berlumpur yang dapat menyebabkan goresan pada bodi mobil apabila langsung di gosok.

>>> Jangan nekat menerjang banjir, nanti klaim asuransi ditolak! Ini alasannya

2. Jangan Gunakan Air Bertekanan

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah jangan menggunakan air bertekanan. Lebih baik semburan air diatur perlahan saja, tujuannya selain agar mencuci mobil menjadi lebih mudah juga meminimalkan air menyelinap melalui karet-karet yang menyebabkan rembesan air masuk ke interior. Gunakan air bertekanan hanya untuk menyemprot kaki-kaki agar kotoran bekas banjir lebih mudah rontok.

>>> Jenis transmisi ini paling aman dalam melibas banjir, ini alasan teknisnya

3. Jika Mobil Terendam Banjir Copot Interior

Langkah ketiga ini tidak wajib dilakukan, sebab untuk beberapa mobil tertentu yang karet-karet penahan airnya baik, air banjir tidak akan memasuki kabin. Namun, apabila air bekas banjir masuk ke interior, Anda perlu mencopot seluruh bagian interior yang basah. Sebab, jika tidak nantinya akan menimbulkan bau tidak sedap ketika mobil selesai digunakan. Memang ini akan memakan waktu lebih lama namun ini adalah metode terbaik yang dapat dilakukan pasca banjir.

4. Pakai Shampo Mobil

Hal keempat yang dapat dilakukan ketika ingin melakukan pencucian mobil pasca banjir adalah dengan menggunakan shampo mobil. Shampo mobil memiliki kadar kimia yang berfungsi membersihkan kotoran dan mengembalikan kilau cat. Meskipun jika mobil telah terendam banjir tidak semua noda air dapat hilang, namun ini dapat meminimalkan berkembangnya kuman di permukaan cat mobil Anda yang berakibat timbulnya jamur.

>>> Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas yang bukan bekas banjir disini

5. Keringkan Dengan Vacuum Cleaner

Terakhir yang dapat Anda lakukan adalah mengeringkan mobil dengan vacuum cleaner. Tidak hanya bagian interior saja, tetapi juga bagian mesin dan eksterior. Ini dilakukan agar air yang digunakan untuk mencuci mobil dapat kering dengan sempurna dan tidak meninggalkan bercak bekas air yang berpotensi menjadi jamur. Tapi ingat, jika mobil Anda terendam banjir cukup parah ada baiknya memasukkan mobil Anda ke salon mobil yang bagus agar kondisi kembali sempurna.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top