Beberapa Penyebab Lampu Indikator Kantong Udara Menyala

12/12/2017

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Beberapa Penyebab Lampu Indikator Kantong Udara Menyala
Meskipun ada banyak keadaan lampu indikator pada dashboard menyala, jarang sekali lampu indikator kantong udara menyala. Menurut para ahli, jangan panik jika teman menemukan lampu indikator kantong udara/airbag menyala pada dashboard. Panik akan hal ini bisa mempengaruhi ketenangan teman dalam berkendara.

Lampu peringatan kantong udara yang menyala bisa berarti banyak hal. Tapi yang paling penting, ketika lampu indikator tersebut menyala, bukan berarti kantng udara mobil teman bisa membuka. Tapi, Cintamobil akan memberikan beberapa alasan lampu kantung udara yang juga disebut lampu SRS bisa menyala.

Gambar visual airbag di mobil saat kecelakaan

Masalah lampu kantong udara menyala jarang terjadi

Lampu SRS merupakan akronim dari Supplemental Restraint System (atau disebut juga sistem pelengkap tambahan) yang pada beberapa mobil menandakan sistem kantong udara. Sesuai namanya, sistem ini merupakan bagian dari sistem keselamatan kantung udara. Selain itu, sistem ini juga mencakup sistem sabut pengaman dan sistem keselamatan tambahan pada mobil.

Jika lampu indikator tersebut menyala, saudah pasti ada beberapa hal yang salah pada komponen di dalam mobil. Hal ini bisa menunjuk pada sistem sabuk pengaman, kantung udara, computer, maupun sistem keamanan terkait.

>>> Mungkin Anda berminat, Tips Menghemat Pemakaian Bahan Bakar Dan Mencegah Emisi Berlebih

Alasan umum lampu indikator menyala adalah karena ada sesuatu yang mengganggu saklar pada sabuk pengaman. Saklar tersebut merupakan sensor yang mendeteksi apakah sabuk diikat dengan benar. Sensor tersebut dapat memicu lampu peringatan palsu yang terkait dengan kantung udara. Seperti yang dikatakan oleh Robert Foster, pemilik dari Foster’s Master Tech di Bozeman, Montana, seperti yang dilansir dari Angies List, Selasa (12/5/2017).

Lampu kantong udara mobil sedang ternyala dalam sebuah mobil

Lampu kantong udara berkaitan erat dengan sistem keamanan mobil

Foster menambahkan, “Seringkali, jika lampu indikator kantung udara menyala, kita bisa menemukan benda-benda pada sabuk pengaman, seperti nikel maupun benda lain yang  menggangu sensor pada sabuk pengaman. Jadi, hal pertama yang dilakukan jika lampu indikator kantung udara menyala adalah memeriksa dan memastikan bahwa tidak ada benda yang mengganggu saklar tersebut.”

Masalah potensial lain yang terkait langsung pada kantung udara adalah masalah pada kabel clock spring. Clock spring merupakan alat rotasi putar yang terdapat tepat di belakang stir, yang berguna untuk klakson/ airbag/ remote audio. Jika clock spring tidak bekerja, maka kantong udara tidak bisa terbuka.

seorang pria sedang menyesuaikan clock spring dalam sebuah mobil

Lampu kantong udara juga terpengaruh oleh clock spring

Alasan lain tetapi kurang umum adalah ketika mobil mengalami kecelakaan yang bisa memicu sensor tabrakan mobil tetapi mungkin tidak mengarah pada kantong udara sehingga kantong udara tidak terbuka. Jika hal ini terjadi, kantong udara harus di atur ulang hingga dengan benar.

Jadi, apa yang harus kita lakukan jika lampu indikator kantong udara menyala? Hal yang pertama yaitu membawa kendaraan pada bengkel atau montir sehingga mereka bisa mendiagnosis kesalahan yang terjadi. Biasanya ada kode computer yang rusak maupun tidak berfungsi.

Dana Meyer, pemilik Dana Meyer Auto Care di Albany, California, menyatakan bahwa kode komputer tersbeut berkaitan dengan sistem pengamanan. “Untuk mobil yang lebih tua, mungkin itu kode yang lebih umum. Beberapa mobil baru memiliki 500 kode, 30 untuk radio saja. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk memeriksa kode, meneliti dan memverifikasi bahwa [kesalahan] yang ditemukan benar.”

Ingin tahu cara memperbaiki lampu kantong mobilnya, video berikut ini akan berguna

Karena sistem lampu indkator kantong udara tidak bisa diperiksa hanya dengan mata telanjang, maka sebaiknya pengguna mobil memberikan tugas tersebut pada bengkel. Semakin cepat mobil diperiksa, semakin sedikit persentase kerugian yang mungkin dialami oleh pemilik mobil.

Pembaca juga mencari: indikator airbag menyala, lampu airbag menyala, lampu indikator airbag menyala, indikator airbag menyala terus, penyebab lampu indikator airbag menyala.

>>> Mari berbagi pengalaman kendaraan berempat roda di sini

Share this post:

Berita lain

Cara Modifikasi Mobil Ceper yang Aman dan Nyaman

24/04/2019

Perawatan dan service

4 menit

Banyak pemilik mobil yang ingin membuat ceper dengan memotong per bawaan mobilnya, padahal langkah ini sangat berbahaya. Berikut cara agar modifikasi mobil ceper bisa aman dan nyaman walaupun mobil tersebut Anda gunakan sehari-hari.

Lihat juga

Awas! CVT Nissan Grand Livina Jebol, Bisa Habis Lebih Dari Rp 50 Juta

24/11/2018

Perawatan dan service

3 menit

Nissan Grand Livina yang hadir sejak 2007 memang sempat menjadi primadona dikelas low MPV bersaing ketat dengan Toyota Avanza. Generasi kedua Nissan Grand Livina kini menggunakan transmisi jenis CVT. Namun Awas! Jika CVT Nissan Grand Livina Jebol, Bisa Habis Lebih Dari Rp 50 Juta!

Lihat juga

Mencuci Mobil Dengan Sunlight, Apakah Aman? Ini Fakta Sebenarnya

08/10/2019

Perawatan dan service

6 menit

Mencuci mobil dengan Sunlight, nyatanya banyak dipertanyakan oleh Netizen, apakah aman atau tidak? Mencari hal tersebut, Cintamobil.com merasa tergerak untuk menjawabnya.

Lihat juga
 
back to top