Bebas Dari Kotoran, Bagaimana Cara Membersihkan Door Trim Mobil?

14/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Bebas Dari Kotoran, Bagaimana Cara Membersihkan Door Trim Mobil?
Saat merawat interior mobil, salah satu bagian yang tidak boleh terlewatkan adalah door trim. Bagaimana cara membersihkan door trim agar kondisinya tetap bersih?

Jadi salah satu bagian penting interior mobil, panel pintu atau yang biasa disebut door trim memiliki banyak fungsi, baik itu secara ergonomi, kepraktisan, dan fungsionalitas saat berkendara.

Door trim mobil dengan material kulit

Kulit jadi salah satu material door trim favorit

Desain door trim pun bermacam-macam, mulai dari desan yang paling sederhana hingga futuristik dengan banyaknya tombol yang berfungsi mengontrol beberapa hal seperti kaca, central lock, dan lain sebagainya. Tidak hanya desain, material yang digunakan juga cukup beragam, mulai dari vinyl, kulit, fabric, sampai plastik.

>>> Lagi cari parfum mobil murah? Kami punya rekomendasi untuk Anda

Tak kalah penting dibandingkan komponen interior lainnya, kebersihan door trim harus selalu dijaga karena dapat mempengaruhi kenyamanan dan fungsi saat berkendara. Lalu, bagaimana sih cara membersihkan door trim yang benar? Simak penjabarannya di bawah ini.

1. Bersihkan kotoran secara detail

Membersihkan door trim secara detail

Untuk membersihkan celah kecil di balik tombol, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau sikat kecil

Apapun jenis bahan pada door trim mobil Anda, langkah pertama yang dilakukan saat membersihkannya adalah melakukannya secara detail. Mengingat door trim memiliki banyak celah-celah kecil, akan lebih efektif bila membersihkannya meggunakan vacuum cleaner atau sikat kecil yang halus.

>>> Pilihan mobil terbaik bisa Anda temukan di sini

Saat proses membersihkan ini, bisa sekaligus memeriksa apakah kondisi door trim baik-baik saja. Bila ada bagian yang rusak maka harus diperbaiki atau diganti, misal pengancing panel yang kendur.

2. Perhatikan material door trim

Cairan pembersih door trim dengan material kulit

Jenis material yang dipakai menentukan pembersih yang digunakan

Ada beberapa mobil yang door trim menggunakan lapisan bahan vinyl. Untuk membersihkan door trim dengan bahan seperti ini harus menggunakan carian pembersih khusus vinyl yang bisa dibeli di toko perawatan mobil.

Hindari cairan pembersih yang mengandung bahan kimia keras seperti pemutih atau pelarut. Efek negatifnya bisa memudarkan warna dan merusak permukaan panel bila menggunakan cairan berkimia tersebut.

Jenis material door trim lainnya yang perlu perawatan khusus adalah kulit. Meski paling mudah dibersihkan, namun panel pintu berbahan kulit tetap perlu perawatan minimal dua kali setahun.

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa Anda lihat di sini

Sama seperti bahan vinyl, gunakan cairan pembersih khusus kulit dengan menggunakan kain katun. Di pasaran, beberapa cairan pembersih mengandung pelindung dari sinar ultraviolet (UV) untuk menjaga penampilan. Bila ingin hasil yang sempurna, Anda bisa menggunakan conditioner khusus kulit untuk memperpanjang usia dan menjaga kelembutannya.

3. Gunakan alat pembersih yang lembut

Ilustrasi mengelap door trim mobil

Untuk membersihkan door trim, gunakan material yang tidak dapat merusak door trim

Panel pintu dengan bahan pelapis kain umumnya lebih mudah kotor karena mudah menyimpan partikel keras serta debu. Untuk membersihkan door trim dari kotoran yang membandel pada bahan ini bisa menggunakan bantuan alat seperti sikat nilon lembut.

Tambahkan cairan pembersih agar prosesnya lebih maksimal dan usaha yang tidak terlalu berat. Namun coba dahulu cairan pembersih pada area tersembunyi untuk memastikan tidak ada perubahan warna. Tidak disarankan menggunakan cairan kimia keras dan juga sikat besi atau bulu keras karena bisa merusak serat kain.

Dengan memperhatikan tiga hal di atas, kondisi door trim mobil Anda akan selalu bersih dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk tips & trik lainnya dapat Anda lihat di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

5 Manfaat Cuka untuk Merawat Eksterior dan Interior Mobil Anda

23/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Manfaat cuka ternyata bisa Anda gunakan untuk membersihkan mobil. Mulai dari menghilangkan noda kotoran burung, debu, sampai mengkilapkan kembali lapisan krom. Berikut caranya.

Lihat juga

Tidak Suka Dengan Aroma Interior Mobil Baru? Ini Solusinya

22/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Saat membeli mobil baru, tentu akan tercium aroma khas barang baru yang cukup khas dalam interior mobil. Bagi Anda yang kurang menyukai bau tersebut, bagaimana cara mengatasinya?

Lihat juga

Hati-hati Pilih Pengharum Mobil, Kalau Salah Bikin Rusak Interior!

07/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Pilih pengharum mobil yang aman bukan sekedar memilih berdasarkan wangi dan kemasannya saja. Namun perlu juga dipertimbangkan apakah pengharum itu bisa merusak kabin mobil atau tidak.

Lihat juga

Bagian-bagian Ini Sering Terlewat Saat Membersihkan Interior Mobil

29/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Saat membersihkan interior mobil, kerap kali Anda terlewat beberapa bagian. Padahal jika dibiarkan, bagian-bagian ini akan jadi tempat paling nyaman untuk kuman dan serangga bersarang.

Lihat juga