Banyak Yang Belum Tahu, Kenali Serba-Serbi Pasang Kaca Film

Banyak Yang Belum Tahu, Kenali Serba-Serbi Pasang Kaca Film
Kaca film bukan hanya penghias kaca, tapi ada fungsi dan ketentuan yang harus diperhatikan agar fungsinya bisa dinikmati dengan maksimal dan tidak merusak kondisi mobil. Ada banyak hal yang belum diketahui pemilik mobil, berikut serba-serbi pasang kaca film.

Perhatikan mobil-mobil yang ada di jalan raya, pada bagian kaca depan ada perbedaan antara mobil yang satu dengan yang lainnya. Ada yang gelap dan tak bisa lihat ke dalam kabin, ada juga yang bening atau merefleksikan bayangan. Perbedaan tersebut karena jenis kaca film yang terpasang pada mobil berbeda-beda. Sebagai pemilik mobil, Anda perlu mengetahui beberapa hal dasar mengenai pemasangannya.

>>> Baca juga: Agar Visibilitas Tidak Terganggu, Inilah Tips Menjaga Kondisi Kaca Dari Baret

1. Visibilitas

Visibilitas atau daya pandang menjadi pertimbangan utama saat Anda ingin pasang kaca film. Jika Anda merasa masih mampu melihat dengan baik semua cahaya yang masuk dan tidak menganggu kemampuan mengemudi, berarti Anda sudah memilih jenis kaca film yang tepat. Jangan coba-coba berkendara jika Anda merasa ragu dengan visibilitas sebelum pasang kaca film. Karena mata Anda bisa cepat lelah dan berakibat fatal seperti kecelakaan.

Pastikan visibilitas tidak terganggu saat kaca film terpasang

Sebelum memilih jenis kaca film, pastikan visibilitas tidak terganggu karena menjadi poin utama

2. Reflektivitas Cahaya

Kaca depan adalah bidang kaca terbesar pada sebuah mobil sehingga menjadi sumber masuknya cahaya dan juga panas matahari. Tepat bila Anda memilih pasang kaca film yang mempunyai reflektivitas cahaya dengan baik. Perhatikan tingkat reflektivitas cahaya yang biasanya berhubungan dengan warna kaca film. Namun tetap perhatikan poin pertama yakni visibilitas yang tidak boleh terganggu. Pemilihan kaca film dengan reflektivitas cahaya yang baik sekaligus bisa menjaga kualitas dasbor.

Kaca film yang bagus mempunyai reflektivitas yang baik

Salah satu indikasi kaca film bagus adalah dari reflektivitas cahayanya tanpa mengabaikan visibilitas

​>>> Temukan tips dan trik perawatan mobil lainnya disini

3. Kualitas Lem

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa kualitas lem berpengaruh terhadap umur kaca film tersebut. Bila kualitas lem saat pasang kaca film buruk, kaca film tidak melekat sempurna. Selain itu juga akan menimbulkan rongga udara diantara kaca dan lapisan film. Perhatikan juga bila kaca film yang Anda pilih masih menggunakan lapisan penolak panas di bagian lem karena umur daya tahan panasnya tidak bagus.

Pastikan kualitas lem pada kaca film bagus untuk daya lekat yang lebih lama

Kualitas lem pada kaca film harus bagus untuk daya tahan rekatnya lebih lama

>>> Ingin membeli mobil berteknologi tinggi? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

4. Kerapian Kerja

Berbicara kerapian bukan berarti Anda harus memperhatikan proses pemasangan dari awal hingga akhir.  Cukup perhatikan saat pembersihkan kaca kisi dasbor di depan sudah ditutupi terlebih dahulu dengan kain serap atau handuk. Bila saat pasang kaca film hanya memakai tisu, itu tidak cukup untuk menahan tetesan air sisa pemasangan. Sehingga minta dilapisi handuk atau kain khusus yang mempunyai daya serap baik.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

 
back to top