Banyak KW-nya, Hati-hati Saat Membeli Spare Part Toyota

21/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Spare part Toyota sebenarnya relatif sudah cukup murah, apalagi suku cadang ini begitu mudah ditemukan karena rasanya hampir semua toko spare part menjual komponen Toyota. Namun sayangnya banyak juga spare part palsu Toyota yang beredar.

Toyota, siapa tidak kenal merk otomotif yang satu ini. Bahkan mungkin Anda pembaca setia Cintamobil.com sedari kecil selalu akrab dengan Toyota. Ini karena sejak orang tua Anda masih muda dulu sudah mengendarai Toyota dan mengajak Anda berkeliling kota.

Didirikan oleh Kiichiro Toyoda pada 1937, meskipun awalnya Toyota adalah pabrik mesin tenun, kini produsen asal Jepang tersebut berubah jadi raksasa otomotif dunia. Hampir tidak ada negara di bumi ini yang tidak memasarkan mobil Toyota.

Toyota dikenal selain sebagai mobil dengan harga terjangkau, perawatannya pun mudah dan murah. Ini karena teknologi yang dipakai oleh Toyota, terutama untuk model-model lawas, masih berupa teknologi sederhana. Sehingga hampir semua bengkel sanggup mengerjakannya.

Selain itu, spare part Toyota juga terkenal mudah dijumpai. Di kota-kota besar di Indonesia pun tidak sulit menemukan toko spare part mobil Toyota. Kondisi ini lantas turut membuat harga spare part Toyota jadi ikut terjangkau.

Hati-hati dengan Istilah Spare Part Mobil Toyota Palsu

Spare Part Toyota Supra

Di luar sana banyak sekali beredar spare part palsu Toyota

Sayangnya meski spare part Toyota murah, namun masih banyak pihak yang memproduksi sparepart mobil Toyota palsu. Keberadaan suku cadang ini sering dibentuk dengan wujud fisik yang begitu identik dengan barang aslinya.

Namun penamaan spare part palsu beraneka ragam. Ada yang disebut Asli Tapi Palus (Aspal), tenar juga dengan sebutan spare part KW, atau ada pula yang menyebutnya Barang Kualitas Original. Banyaknya sebutan akan barang-barang palsu ini membuat konsumen menjadi rancu, sebenarnya mana yang merupakan spare part original.

Agar yakin, pilihan paling tepat untuk membeli spare part atau onderdil mobil Toyota yang asli adalah melalu dealer atau bengkel resmi Toyota. Anda bisa mendatangi sejumlah jaringan dealer resmi Toyota seperti Auto2000, Astrindo, atau Setiajaya Mobilindo.

>>> Mau Beli Spare Part Mobil Bekas? Ini yang Perlu Dipertimbangkan

Cara Membedakan Spare Part Toyota Asli atau Palsu

Spare Part Toyota Asli dan Palsu

Terkadang penampilannya begitu identik sehingga Anda harus lebih jeli lagi

Jika tidak memungkinkan untuk membeli onderdil mobil Toyota di dealer atau bengkel resmi, maka pilihannya adalah ke toko spare part mobil Toyota. Namun harap hati-hati ketika membeli melalui toko-toko suku cadang ini.

Karena sering kali mereka tidak memberikan garansi atas barang yang mereka jual. Garansi yang diberikan hanya berupa garansi distributor dimana ketika terjadi kerusakan, maka komponen itu akan di klaim ke distributornya. Celakanya, terkadang tidak jelas pula siapa atau dimana kantor pusat distributor pemasok komponen tersebut jika ternyata palsu.

Daripada jadi repot karena terjebak membeli spare part palsu alias KW alias kualitas original, maka ada baiknya Anda mengetahui mana spare part yang asli dan mana yang Aspal.

1. Lihat Kemasan Produknya

Sebenarnya dari kemasan produk saja Anda sudah bisa mendeteksi mana produk yang asli dan mana yang barang palsu. Namun terkadang oknum pemalsu sudah semakin pintar, mereka sanggup membuat kemasan yang semirip mungkin dengan aslinya.

Tetapi umumnya suku cadang asli akan diberi kemasan yang mempunyai material lebih tebal dan lebih halus. Kemudian kardus kemasan akan memiliki warna yang lebih terang dan tulisan pada kemasan akan tercetak dengan jelas serta tidak mudah luntur.

Lalu pada kemasan akan tertera label Toyota yang disertai nomor seri spare part yang dimaksud dan juga barcode. Barcode ini jika di scan menggunakan alat akan terlihat nomor seri yang sama dengan yang ada di stiker label produk. Dan kini Toyota juga pada beberapa produk suku cadangnya menambahkan dengan stiker hologram. Stiker ini cukup sulit untuk dipalsu oleh pihak lain.

>>> Hemat Pengeluaran dengan Tips Membeli Spare Part Mobil Berikut Ini

2. Cek Kode dan Nomor Seri Spare Part

Sebelum membeli spare part di toko yang bukan delaer atau bengkel resmi Toyota, maka Anda seharusnya wajib menyetahui kode spare part yang dibutuhkan itu. Kode ini bisa Anda temukan dari buku pedoman pemilik kendaraan bermotor yang didapat dari pihak dealer saat Anda membeli mobil tersebut. Atau bisa juga cari melalui situs resmi Toyota.

Pastikan nomor seri spare part Toyota ini sama antara yang tertera di buku pedoman atau website resmi dengan yang tercetak di label produk atau kemasan. Jika Anda menemukan angka-angka atau kode yang janggal, patut waspada untuk mempertimbangkan ulang karena bisa saja spare part itu palsu.

3. Periksa Kondisi Fisik Spare Part

Ketika kemasan sudah dibuka, Anda juga wajib melakukan pengecekan kembali sebelum spare part itu terpasang pada kendaraan Anda. Telitilah kerapihan produk tersebut dan kualitas material yang digunakan.

Contohnya apabila spare part asli menggunakan material plastik keras, maka yang palsu plastiknya terlihat lebih tipis dan ringkih. Selain itu terkadang cetakan atau sambungan antar bagian pada komponen yang palsu bakal terlihat tidak rapih.

>>> Pilihan Toko Spare Part Mobil Honda Selain Bengkel Resmi    

4. Pastikan Ada Garansinya

Spare part Toyota yang asli pastilah akan dibalut dengan garansi resmi dari pihak Toyota. Karena jika komponen itu mengalami catat produksi, maka pihak Toyota yang akan langsung menggantinya. Tetapi untuk barang KW atau Aspal, sering kali garansi yang diberikan hanya garansi toko atau garansi distributor. Bahkan garansi ini dibatasi cuma sepekan atau sebulan dari tanggal pembelian. Sementara untuk garansi dari Toyota bisa mencapai 6 bulan hingga 1 tahun.

Dengan adanya garansi ini tentu akan lebih memberikan rasa kepercayaan saat menggunakan spare part tersebut. Karena diharapkan usia spare part baru itu akan membuat mobil dalam kondisi prima dalam waktu yang lama.

Nah itu tadi beberapa trik yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli spare part Toyota yang asli. Ingat, biasakan pakai barang yang asli ya, karena barang palsu berarti tidak menghargai karya original.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tentang perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa yang dimaksud dengan spare part mobil?
Spare part mobil merupakan salah satu suku cadang atau komponen dari sebuah mobil yang dicadangkan atau diganti karena sudah memasuki batas usia pakai.
Apakah spare part Toyota lebih mruah dari spare part Honda?
Sebenarnya harga spare part dair masing-masing merk mobil berbeda-beda dan semuanya ada yang berharga terjangkau dan ada pula yang cukup mahal.
Dimana bisa beli spare part Toyota?
Spare part mobil Toyota cukup banyak dijual di toko-toko penjual spare part atau onderdil mobil. Ad ajuga yang dijual secara online, dan pastinya bisa dibeli di dealer atau bengkel resmi Toyota.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top