Banjir Bikin Elektrik Power Steering Rusak? Begini Cara Mengeceknya

05/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Banjir Bikin Elektrik Power Steering Rusak? Begini Cara Mengeceknya
Ketika mobil terendam banjir maka akan menimbulkan efek negatif terhadap beberapa komponen, termasuk membuat elektrik power steering rusak. Lalu bagaimana cara mengecek kerusakan pad akomponen yang satu ini?

Bencana banjir di Jakarta yang melanda di awal 2020 tentu saja menjadi duka bagi para pemilik kendaraan. Bagaimana tidak, sebagian besar warga yang rumahnya terendam banjir, kendaraannya pun ikut terimbas rendaman air tersebut.

>>> Ini Cara Klaim Asuransi Mobil Terendam Banjir

Selain bagian mesin dan kelistrikan, jika mobil terendam banjir tentu saja akan merusak bagian lainnya dari kendaraan. Tak terkecuali sistem power steering di mobil tersebut. Kerusakan bagian ini akan semakin parah jika mobil tersebut sudah menggunakan sistem power steering elektrik.

1. Periksa Motor Power Steering

motor elektrik power steering

Elektrik power steering bisa rusak karena bagian ini terendam air banjir

>>> Promo mobil baru yang menarik ada disini

Dadang, mekanik dari bengkel di kawasan Jakarta Selatan menuturkan, mobil terendam banjir bisa membuat elektrik power steering rusak. "Sangat bisa, gak perlu mobil dinyalakan, kalau kena air banjir bisa langsung rusak," katanya.

Kerusakan ini kata dia akibat motor power steering terkena air dalam jumlah banyak. "Memang motor ada penutupnya dari plastik, tapi kalau debit air terlalu banyak, air bisa masuk ke bagian dalam motor power steering. Gak perlu ada aliran listrik dulu dari aki baru rusak, kalau motornya sudah terendam air, sudah bisa dipastikan rusak," kata dia.

2. Perhatikan Ketinggian Air yang Masuk ke Mobil

mobil terendam banjir

Jika air masuk sampai setinggi dashboard, maka motor power steering beresiko rusak

>>> Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas disini

Jika mobil Anda sudah menggunakan sistem power steering elektrik dan terendam banjir, maka ia memberikan saran. Yaitu dengan memperhatikan ketinggian air yang masuk ke kabin mobil. Karena posisi motor power steering tiap mobil berbeda-beda. Ada yang di kolom setir bagian atas, ada yang di rack steer. "Kalau air sampai ke atas dashboard, sudah pasti motor kena air, tapi kalau air cuma ada di lantai dasar, motor gak kena air," jelasnya.

"Kalau memang kena banjir, periksa posisi motor power steeringnya. Kalau gak kena air, masih bisa dipakai. Tapi kalau sudah terendam, nanti dicek apa masih bisa dibersihkan dulu terus dipakai lagi, atau memang harus diganti. Tapi sebaiknya ganti yang baru," katanya.

>>> Ada tips dan trik menarik seputar mobil disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top