Bahaya yang Mengintai jika Tidak Mengganti Oli Mesin Secara Berkala

Share this post:
Bahaya yang Mengintai jika Tidak Mengganti Oli Mesin Secara Berkala
Mesin sebagai nyawa mobil dibantu oleh oli agar mesin bisa bekerja dengan efektif dan sehat. Pentingnya mengganti oli mesin secara berkala menjadi salah satu pendongkrak kinerja mesin. Oli yang tidak ditukar akan memperburuk mesin dan meninggalkan kerusakan jangka panjang.

Jika mobil memiliki mesin sebagai tenaga penggerak pertama, oli mesin bertugas sebagai penjaga kinerja mesin sehingga selalu siap sedia untuk bekerja. Tugas pemeliharaan terpenting yang bisa anda lakukan pada mobil adalah mengganti oli mesin secara teratur. Ikuti petunjuk yang ditetapkan mengenai jarak tempuh dan kondisi mengemudi. Berikut beberapa bahaya yang menandai pentingnya menukar oli mesin secara berkala,

1. Mengurangi kinerja mesin

Tidak adanya perubahan oli mesin biasa dapat menyebabkan penurunan performa mesin. Oli mesin akan bersifat merusak jika digunakan terlalu lama. Oli mesin akan menjadi tua dan lebih kotor sehingga membuat mesin tidak berfungsi dengan baik.

Bagian coolant yang berwarna kuning yang berada pada bagian mesin mobil

Mengganti oli mesin mempengaruhi komponen lainnya

Komponen mesin seperti piston dan gasket tidak akan berfungsi dengan baik ketika oli mesin yang ada sudah tidak bagus lagi. Kendaraan anda tidak akan menghasilkan kinerja dan performa yang maksimal dan hal ini akan membuat mobil menjadi semakin boros dan meningkatkan resiko kerusakan jangka panjang pada mesin.

2. Kontaminasi

Oli mesin bisa terkontaminasi dengan kotoran yang masuk ke dalam mesin. Dan semakin lama oli mesin tetap tidak berubah, maka semakin besar kerusakan terjadi pada mesin. Kurangnya perubahan oli mesin berarti kotoran tidak tersingkir dari mesin sebelum oli mesin diganti.

Gambar oli berwarna hitam pekat yang keluar dari mesin mobil

Contoh oli mesin yang sudah kotor

3. Tidak ada deteksi dini

Melakukan pemeriksaan oli mesin mungkin akan memperingati anda tentang adanya anomali mesin. Pergantian oli mesin secara berkala bisa mengetahui apakah mesin anda bisa membakar minyak dengan cepat atau mengalami kebocoran. Pemeriksaan oli secara teratur juga memperingatkan adanya masalah lain seperti kebocoran pendingin mesin dan pencampuran dengan oli mesin.

>>> Baca juga Cara mencegah overheating pada mobil

4. Menambah konsumsi bahan bakar

Perubahan oli mesin yang tertunda akan meningkatkan konsumsi bahan bakar berlebih yang akan membuat anda mengeluarkan uang ekstra. Bahan bakar yang tidak dibakar sepenuhnya di ruang bakar mesin karena kurangnya minyak besih yang menyebabkan gesekan

Tutup tangki oli mesin berwarna hitam dengan tulisan engine oli berwarna putih

Oli mesin yang kotor menambah pemakaian bahan bakar

Bahan bakar yang tidak sepenuhnya terbakar akan keluar dari knalpot berupa asap yang diketahui bisa mencemari lingkungan. Hal ini akan menjadi salah satu bahaya utama dari tidak mengganti oli mesin secara teratur.

5. Kerusakan mesin

Jika anda mengabaikan perubahan oli meisn secara teratur, anda mungkin akan meningkatkan resiko mobil anda mogok di tengah jalan. Mesin dapat rusak pada jalan yang sibuk, ketika anda akan berangkat kerja, atau ketika anda sedang berkendara jarak jauh.

Bagian mesin yang menandai tutup pergantian oli mesin berwarna hitam

Gesekan logam akan memanas jika tidak ada pelumas

Hal ini disebabkan oleh gosokan berulang dari komponen logam tanpa pelumasan yang akan mengakibatkan mesin menjadi mati. Mesin yang mati mengartikan anda harus membeli yang baru atau memperbaiki sebagian besar mesin yang harganya pasti mahal.

>>> Baca juga tips perawatan mobil lainnya disini

6. Mengurangi masa pakai mesin

Kurangnya perubahan oli mesin secara teratur akan mempersingkat masa pakai mesin anda. Mesin baru menghabiskan biaya jutaan rupiah sementara ongkos untuk rekondisi juga tidak murah. Mengabaikan penggantian oli mesin akan merusak mesin anda untuk jangka panjang dan ada kemungkinan anda akan dipaksa untuk membeli mobil baru.

Mesin mobil dengan komponen berwarna hitam dan bagian lain berwarna perak

Tidak mengganti oli mesin secara berkala membuat anda kehilangan uang

Hal di atas merupakan beberapa bahaya utama pentingnya menukar oli mesin secara berkala. Perubahan oli secara teratur akan meningkatkan kinerja, efisiensi bahan bakar dan membuat biaya perawatan menjadi lebih rendah.

Berikut beberapa bahaya jika anda telat mengganti oli mesin

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post: