Bagi Pengemudi, Waspadai dan Perhatikan Cara Menghindari Virus Corona

17/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Bagi Pengemudi, Waspadai dan Perhatikan Cara Menghindari Virus Corona
Virus corona yang menyebar sejak awal tahun telah mengancam kesehatan, termasuk bila Anda seorang pengemudi, Untuk itu Anda perlu tahu cara menghindari virus corona.

Virus Corona atau COVID-19 telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia. Meski virus ini disebut sebagai self limiting disease, namun begitu mudahnya virus Corona ini menular menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan. Oleh sebab itu, Anda harus secara sadar dan bijak melindungi diri dari potensi tertular virus ini, mengetahui cara menghindari virus corona, terutama untuk Anda yang memang aktif bepergian menggunakan kendaraan dan kerap melakukan aktivitas di area publik.

Agar tetap aman saat mengemudi mobil dari risiko terkena virus Corona, ada beberapa yang harus Anda perhatikan  termasuk ketika membutuhkan fasilitas pembelian, perawatan, dan perbaikan mobil. Berikut ini adalah beberapa tips yang diberikan oleh Auto2000 sebagai dealer resmi mobil Toyota di Indonesia mengenai cara menghindari virus corona :

1. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menyetir

Tangan merupakan bagian dari anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kuman, termasuk menjadi media perantara berpindahnya virus Corona atau COVID-19 yang telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia. Karena hingga saat ini belum ada obat penyembuh atau vaksin pencegah penularan virus ini. Oleh sebab itu, Auto Family harus secara sadar dan bijak melindungi diri dari potensi tertular virus ini, terutama untuk yang aktif bepergian menggunakan kendaraan dan kerap melakukan aktivitas di area publik.

>>> Pandemi Virus Corona Jadikan GIIAS Surabaya 2020 Ditunda

2. Bawa Hand Sanitizer

Gambar menunjukan Hand Sanitizer

Siapkan selalu Hand Sanitizer di dalam mobil Anda

Selain itu, salah satu cara menghindari virus corona Anda disarankan untuk cuci tangan secara rutin sebelum memegang mulut dan juga hidung menggunakan air mengalir dan sabun cair selama 20 detik. Namun jika tidak menemukan lokasi cuci tangan, Anda bisa membawa cairan pembersih seperti hand sanitizer. Aplikasikan sebelum masuk dan setelah keluar mobil. Supaya memudahkan dan tetap bisa dibawa keluar mobil, sediakan saja yang kemasan 60 – 100 ml untuk menimalisir ciri-ciri virus corona masuk ke tubuh Anda.

>>> Ini 4 Alasan untuk Membeli Mobil saat Musim Virus Corona

3. Selalu Bersihkan Kabin Mobil

Virus corona biasanya ditularkan melalui percikan air liur yang tersebar melalui batuk atau bersin oleh orang yang terinfeksi virus ini. Alhasil, wajib hukumnya bagi Anda untuk membuat kabin mobil selalu bersih. Sediakan cairan interior cleaner yang banyak dijual di toko online atau toko aksesoris mobil. Untuk bahan kulit bisa menggunakan leather cleaner. Aplikasikan setiap pagi sebelum mengemudi.

Selanjutnya, cara menghindari virus corona bisa dengan menyemprotkan anti bakteri ke dalam kabin mobil, terutama bagian yang sering tersentuh seperti setir, pintu, tuas transmisi, konsol tengah, serta kontrol AC dan audio di tengah dasbor. Beberapa anti bakteri dilengkapi pewangi yang membuat suasana kabin jadi terasa lebih segar dan nyaman.

>>> Tips Merawat Mobil untuk Mencegah Virus Corona dari Lyft dan Uber

4. Jaga Kondisi Tubuh

Gambar menunjukan berolaharaga

Berolahraga setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh

Meski belum ada obatnya, virus Corona akan susah menjangkiti tubuh Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh baik. Oleh sebab itu, selalu jaga kondisi tubuh dengan istirahat yang cukup, makan yang bergizi dan diolah dengan baik, minum multivitamin khususnya vitamin C yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh, dan segera periksa ke dokter jika merasa kurang sehat, khususnya jika ada gejala yang merupakan ciri-ciri terjangkit virus Corona.

>>> Ini Rekomendasi Buah untuk Mencegah Virus Corona Bagi Pengemudi

5. Update Info Terbaru Dari Kanal Terpercaya

Dengan diberlakukannya himbauan untuk mengurangi aktivitas di luar ruang, Anda perlu untuk mengetahui informasi terkini melalui berbagai kanal informasi yang tersedia. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, masing-masing telah menyediakan kanal yang menginformasikan lokasi sebaran virus ini untuk membuat Anda lebih waspada. Sementara beberapa kanal informasi seperti media-media online akan mengabarkan berbagai kondisi lain di sekitar Anda. Bahkan jika Anda merasa perlu untuk mencari info seputar pembelian atau perawatan kendaraan, beberapa Agen Pemegang Merek mobil juga menyediakan kanal yang informatif. Toyota misalnya, Anda bisa memanfaatkan layanan berbasis digital yang dimiliki oleh Auto2000 seperti Chatbot TASIA dan Auto2000 Mobile serta website Auto2000.co.id jika Anda memerlukan informasi seputar pembelian dan layanan purna jual mobil Toyota.

“Kami sangat prihatin dengan situasi yang berkembang saat ini akibat munculnya virus Corona, dan  berharap semoga kita semua sehat selalu. Untuk medapatkan informasi & layanan seputar pembelian dan perawatan mobil Toyota, Auto Family dapat mengakses seluruh kanal digital Auto2000. Alhasil, Auto Family bisa mendapatkan informasi kapanpun dan dimanapun” terang Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, Sabtu (14/3/2020).

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Auto2000 Raih Banyak Penghargaan di Ajang Toyota Dealer People Award & Dealer Convention 2019

04/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Toyota Dealer People Award & Dealer Convention merupakan penghargaan yang dihelat setiap tahun. Untuk tahun ini Auto2000 kembali meraih banyak penghargaan.

Lihat juga

Mobil Mogok Terkena Banjir? Ini Saran dari Auto2000

01/03/2020

Pengemudian

3 menit

Mobil mogok terkena banjir bisa menjadi hal yang menakutkan. Jika musibah ini menimpa Anda apa yang harus dilakukan? Sudah tahu? Jika belum, simak tips ini.

Lihat juga

Auto2000 Berikan Banyak Program Promo Spesial di Astra Auto Fest 2020

20/02/2020

Event - Promosi

3 menit

Pameran tahunan Astra Auto Fest kembali hadir tahun ini. Auto2000 bersama unit usaha Astra lainnya ikut ambil bagian dan tawarkan banyak promo menarik.

Lihat juga

Auto2000 Bagikan Promo Menarik untuk Pembelian Toyota Kijang Innova

17/02/2020

Event - Promosi

3 menit

Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan, Auto2000 selalu menyediakan program promo penjualan yang sesuai dengan rencana keuangan calon pemilik Toyota.

Lihat juga

3 Keuntungan Besar Layanan Toyota Home Service di Auto2000

11/02/2020

Perawatan dan service

3 menit

Buat Anda pemilik mobil Toyota yang tidak sempat ke bengkel, manfaatkan saja layanan Toyota Home Service di Auto2000. Anda bisa mendapatkan 3 keuntungan besar.

Lihat juga