Awas, Penyakit Mengintai Mobil Anda! Lakukan Perawatan Terhadap Bakteri Pada Mobil

Share this post:
Awas, Penyakit Mengintai Mobil Anda! Lakukan Perawatan Terhadap Bakteri Pada Mobil
Penyakit bisa ditemukan dimana-mana, tak kerkecuali dalam mobil Anda. Apakah Anda yakin bahwa mobil Anda aman dari segala macam penyakit? Tentunya, diperlukan perawatan terhadap bakteri pada mobil yang bisa Anda lakukan dirumah.

Bakteri memang merupakan biang penyakit. Meskipun tidak semua bakteri itu jahat, tapi bakteri berpengaruh besar terhadap penyakit yang ditemukan pada manusia. Sedangkan, manusia berinteraksi dengan benda-benda yang dipercayai menjadi tempat perjalanan bakteri. Salah satunya pada mobil, perawatan terhadap bakteri pada mobil diperlukan untuk membuat mobil menjadi lebih bersih.

Mobil bisa Menjadi Sarang Bakteri

Seperti penelitian yang dilakukan oleh Profesor Kevin Garey dari University of Houston yang merupakan seorang ahli penyakit menular. Dalam penelitiannya, Prof. Kevin menunjukan tempat-tempat dimana bakteri paling lazim berada di mobil Anda. “[Bakteri berada] dimana manusia berada. Di celah-celah kecil disini, misalnya… pedal gas dan rem juga.” jelasnya.

Selain itu, katanya, kursi mobil memiliki banyak kemungkinan tertutup kuman jahat. "Anda bisa membayangkan perpaduan segalanya dengan kursi mobil karena seberapa sering Anda benar-benar melepas kursi mobil, membersihkan dengan baik dan membawanya kembali?" Tanya Profesor Garey. "Bagi banyak orang tua, bahkan termasuk saya sendiri, Anda bisa mengatakan tidak pernah."

Gambar yang menunjukan bakteri yang ada pada bagian dasbor dan AC mobil

Bakteri bersarang dan menyebar melalui AC

Prof. Kevin menjelaskan bahwa kuman dan bakteri bisa terakumulasi selama bertahun-tahun dimana pengemudi dan anak-anak duduk di kursi mobil. "Itu diperparah oleh banyak penyakit yang anak-anak muda miliki, hidung yang sedang diseka," kata Garey. "[bakteri] Itu bisa terakumulasi seiring berjalannya waktu."

>>> Baca juga Tips membersihkan mobil yang jarang diketahui pengemudi

Beragam Bakteri dan Kuman bisa Berakumulasi di Mobil

Infeksi E.coli dan Staph adalah beberapa bakteri umum yang dapat hidup di mobil Anda. Tapi Prof. Kevin mengatakan secara khusus dia mencari Clostridium difficile atau bakteri C. Diff. "Saya secara khusus akan mencari C. Diff karena itu dapat menyebabkan penyakit pada orang yang rentan, orang tua, orang yang baru-baru ini dirawat di rumah sakit, dengan antibiotik, orang-orang semacam ini."

Gambar yang menunjukan beragam bakteri yang ada pada seluruh bagian mobil

Mobil bisa menjadi tempat bakteri bersarang

Tubuh kita tertutup kuman dan kita tertapar sepanjang hari. Karena itu, paparan biasa tidak akan membunuh Anda. Namun, hal ini bisa membahayakan seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Misalnya, seseorang yang pulang dari rumah sakit, seseorang yang mendapatkan antibiotik jangka panjang, kemoterapi, atau penyakit kronis.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

Membersihkan Mobil Mampu Mengurangi Bakteri dan Kuman

Prof. Kevin menyatakan bahwa hanya dengan menyedot debu atau mengambil menyemprot dan lap ke tempat-tempat yang sulit dijangkau di dalam mobil dapat sangat mengurangi jumlah kuman di mobil Anda. “Sekarang, kamu tidak bisa membasmi mereka. Masih ada beberapa di sana, tetapi Anda membawanya ke tingkat yang cukup rendah sehingga umumnya tidak akan menyebabkan penyakit di sebagian besar orang.”

Gambar yang menunjukan beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk membersihkan mobil dari bakteri

Membersihkan mobil memang tidak menghilangkan bakteri, tapi bisa menguranginya

Jika Anda ingin mendisinfeksi mobil, lebih aman untuk menggunakan tisu disinfektan pada roda kemudi, dasbor, pegangan pintu, dan kursi. Prof. Kevin mengatakan area yang lebih bersih dari mobil Anda adalah yang lebih mudah dibersihkan.

Tapi yang paling menantang dalam perawatan terhadap bakteri pada mobil adalah membersihkan sela-sela yang mungkin sulit dijangkau. Kuman nyata hidup dalam detail-detail dimana debu dan kotoran biasanya menetap. Sikat gigi tua bisa berfungsi dengan baik untuk menjangkau tempat-tempat seperti ini.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top