Awas Konsleting, Jangan Lupa Bersihkan Lampu Mobil Setelah Banjir

09/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Awas Konsleting, Jangan Lupa Bersihkan Lampu Mobil Setelah Banjir
Selain mesin, suspensi, dan interior, bersihkan lampu mobil setelah banjir adalah hal yang jangan sampai terlewat. Karena ada bahaya konsleting pada lampu jika bagian ini masih terdapat air atau lumpur sisa banjir.

Saat mobil terendam banjir, mungkin sebagian besar dari kendaraan tersebut akan kemasukan air. Tak terkecuali bagian lampu-lampu, yakni lampu utama (headlamp) dan lampu stop (stop lamp). Untuk itulah, bagian ini juga jangan sampai luput dari perhatian ketika mobil dibersihkan pasca banjir.

>>> Cara Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri Setelah Terkena Banjir

Sama seperti sistem kelistrikan lainnya pada mobil, lampu-lampu juga membutuhkan daya listrik ketika digunakan. Namun listrik akan selalu bertentangan dengan air. Manakala listrik terkena air, maka yang terjadi adalah konsleting. Karena itulah, penting untuk bersihkan lampu mobil setelah banjir merendam kendaraan Anda.

1. Jalur Air Banjir Masuk ke Lampu

soket lampu mobil

Air banjir akan masuk ke mika lampu melalui soket ini

Ketika banjir besar seperti yang terjadi di Jakarta dan beberapa kota lain disekitarnya pada 1 Januari 2020 lalu, maka sejumlah mobil juga terlihat ikut terendam banjir. Banjir pun banyak yang merendam lebih dari bagian kap mesin mobil tersebut. Itu artinya air banjir juga akan masuk mengotori bagian lampu.

>>> Promo mobil baru terbaik dan termurah ada disini

Air banjir umumnya bukan air bersih, tetapi bercampur lumpur dan kotoran. Air yang keruh ini akan masuk ke sela-sela lampu meskipun lampu tersebut terlihat tertutup rapat. Air umumnya masuk melalui soket lampu yang hanya berupa penutup model klip dan dilapis bahan karet.

"Paling gampang masuk dari jalur soket bohlam lampu. Karena biasanya kan cuma soket klip saja. Walau ada yang tertutup karet, tapi kalau air masuk dalam jumlah besar, ya bisa jebol juga karetnya," ucap Dadang, mekanik bengkel mobil di kawasan Jakarta Selatan.

2. Bersihkan Sampai Benar-benar Bersih dan Kering

lampu depan mobil kotor

Jangan lupa untuk membersihkan lampu setelah terendam banjir

>>> Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas bebas banjir disini

Ia pun menyarankan, untuk pemilik mobil yang menjadi korban banjir Jakarta beberapa waktu lalu, maka sebaiknya bersihkan lampu mobil pasca kendaraan Anda terendam banjir. Caranya dengan membongkar lampu lalu buka juga bagian mika lampunya. Lantas dibersihkan sampai tak ada lagi lumpur sisa banjir.

"Jangan lupa keringkan juga termasuk soketnya keringkan juga, kalau lumpur susah hilang dibagian soket lampu, ganti saja soketnya dengan yang baru," katanya. Hal ini ujar dia untuk menghindari risiko terjadinya konsleting akibat soket lampu masih terdapat sisa air namun lampu sudah dinyalakan.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top