Awas Konsleting, Jangan Lupa Bersihkan Lampu Mobil Setelah Banjir

09/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Awas Konsleting, Jangan Lupa Bersihkan Lampu Mobil Setelah Banjir
Selain mesin, suspensi, dan interior, bersihkan lampu mobil setelah banjir adalah hal yang jangan sampai terlewat. Karena ada bahaya konsleting pada lampu jika bagian ini masih terdapat air atau lumpur sisa banjir.

Saat mobil terendam banjir, mungkin sebagian besar dari kendaraan tersebut akan kemasukan air. Tak terkecuali bagian lampu-lampu, yakni lampu utama (headlamp) dan lampu stop (stop lamp). Untuk itulah, bagian ini juga jangan sampai luput dari perhatian ketika mobil dibersihkan pasca banjir.

>>> Cara Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri Setelah Terkena Banjir

Sama seperti sistem kelistrikan lainnya pada mobil, lampu-lampu juga membutuhkan daya listrik ketika digunakan. Namun listrik akan selalu bertentangan dengan air. Manakala listrik terkena air, maka yang terjadi adalah konsleting. Karena itulah, penting untuk bersihkan lampu mobil setelah banjir merendam kendaraan Anda.

1. Jalur Air Banjir Masuk ke Lampu

soket lampu mobil

Air banjir akan masuk ke mika lampu melalui soket ini

Ketika banjir besar seperti yang terjadi di Jakarta dan beberapa kota lain disekitarnya pada 1 Januari 2020 lalu, maka sejumlah mobil juga terlihat ikut terendam banjir. Banjir pun banyak yang merendam lebih dari bagian kap mesin mobil tersebut. Itu artinya air banjir juga akan masuk mengotori bagian lampu.

>>> Promo mobil baru terbaik dan termurah ada disini

Air banjir umumnya bukan air bersih, tetapi bercampur lumpur dan kotoran. Air yang keruh ini akan masuk ke sela-sela lampu meskipun lampu tersebut terlihat tertutup rapat. Air umumnya masuk melalui soket lampu yang hanya berupa penutup model klip dan dilapis bahan karet.

"Paling gampang masuk dari jalur soket bohlam lampu. Karena biasanya kan cuma soket klip saja. Walau ada yang tertutup karet, tapi kalau air masuk dalam jumlah besar, ya bisa jebol juga karetnya," ucap Dadang, mekanik bengkel mobil di kawasan Jakarta Selatan.

2. Bersihkan Sampai Benar-benar Bersih dan Kering

lampu depan mobil kotor

Jangan lupa untuk membersihkan lampu setelah terendam banjir

>>> Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas bebas banjir disini

Ia pun menyarankan, untuk pemilik mobil yang menjadi korban banjir Jakarta beberapa waktu lalu, maka sebaiknya bersihkan lampu mobil pasca kendaraan Anda terendam banjir. Caranya dengan membongkar lampu lalu buka juga bagian mika lampunya. Lantas dibersihkan sampai tak ada lagi lumpur sisa banjir.

"Jangan lupa keringkan juga termasuk soketnya keringkan juga, kalau lumpur susah hilang dibagian soket lampu, ganti saja soketnya dengan yang baru," katanya. Hal ini ujar dia untuk menghindari risiko terjadinya konsleting akibat soket lampu masih terdapat sisa air namun lampu sudah dinyalakan.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Lampu Mobil yang Buram, bagaimana cara membersihkannya?

Lampu mobil yang buram dapat terjadi pada bagian mana saja mulai dari lampu utama depan (head lamp), lampu sein maupun lampu belakang mobil. Mika lampu depan yang buram misalnya dapat menurunkan daya sorot (kualitas pencahayaan) dari lampu itu sendiri (kurang maksimal) sehingga mengemudi menjadi lebih sulit.

Lihat juga

Ingin Lampu Mobil Lebih Terang? Inilah Tips Memasang Lampu LED

Halogen merupakan salah satu jenis inovasi dari lampu bohlam. Teknologi halogen sudah cukup lama digunakan pada mobil. Namun saat ini telah hadir jenis lampu LED yang lebih terang. Simak tips memasang lampu LED.

Lihat juga

Ini Komponen yang Wajib Diganti Setelah Mobil Menerjang Banjir

07/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Walau mungkin sukses saat mobil menerjang banjir yang terjadi di Jakarta beberapa waktu lalu, namun pemilik mobil sebaiknya mengganti sejumlah komponen ini.

Lihat juga

Review Ford Fiesta EcoBoost 2014

10/01/2019

Editor rate:

Meski Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford tak lagi beroperasi di Indonesia namun kami tak pernah lupa akan sosok Fiesta. Sebuah mobil Hatchback sporty dengan lekuk desain khas Amerika. Tentu saja, Indonesia yang didominasi mobil asal Jepang menjadikan Ford Fiesta terlihat paling unik dan berkarakter. Selain itu, banyak sekali kelebihan dari mobil ini. Simak jawabannya dalam review Ford Fiesta EcoBoost 2014.

Lihat juga

Harga All New Honda Accord 2020: Daftar Harga mobil Accord terbaru Oktober

01/10/2020

Honda

Inilah penantang terkuat All New Toyota Camry dan All New Mazda6. All New Honda Accord 2019 kini hadir dengan segudang teknologi baru yang canggih serta mesin powerfull nan hemat BBM. Tak pelak, ia menjadi salah satu big sedan paling menawan di GIIAS 2019. Ini dia daftar harga All New Honda Accord terbaru dan beragam program penjualan menarik lainnya.

Lihat juga
 
back to top