Awas! Kerusakan Kabel Akibat Dimakan Tikus Tidak Tercover Garansi

15/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Awas! Kerusakan Kabel Akibat Dimakan Tikus Tidak Tercover Garansi
Mobil disimpan bukan berarti aman dari kerusakan, malah ada satu bahaya laten yakni kerusakan akibat kabel dimakan tikus yang tidak bisa tercover garansi

Peraturan pemerintah mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB pada beberapa kota di Indonesia sontak membuat para pemilik kendaraan 'mengistirahatkan' mobil kesayangannya. Namun, mobil yang disimpan bukan berarti aman dari kerusakan, malah ada satu bahaya laten yakni kerusakan kabel akibat dimakan tikus yang tidak bisa tercover garansi.

Gambar menunjukkan mesin 4A91 Mitsubishi Xpander Cross 2019

Ruang mesin jadi salah satu tempat favorit tikus

>>> Jangan Malas Bersihkan Setir, Bisa Sambil Ngabuburit #DiRumahAja

Hal ini disampaikan oleh Boediarto, selaku Head of After Sales & Sales Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat temu virtual hari ini (14/5).

"Kerusakan karena tikus tidak dicover garansi," tukas Budi sapaan akrab Boediarto.

Pria ramah ini juga menambahkan bahwa saat ini harness set cukup meningkat. Disinyalir hal tersebut diakibatkan oleh kerusakan kabel akibat dimakan tikus.

Gambar menunjukkan ECU mobil Mitsubishi Lancer EX GT 2008

Bayangkan kalau kabel utama ke ECU dimakan tikus, pasti brabe

"Terlebih lagi soal garansi, ini sudah cukup jelas kalau eksternal part of seperti ini bukan dari kualitas produknya, jadi enggak bisa ditanggung. Terutama kemarin pasca banjir itu banyak permintaan beberapa komponen contohnya perkabelan (harness set). Yang kita tahu kan sebagaian apalagi kalau sudah menjamah ke main harness dari mobil itu lumayan mahal harganya," lanjut Budi.

Gambar menunjukkan bagian-bagian yang diatur dalam ECU

Bagian-bagian yang diatur oleh ECU via kabel utama (main harness) banyak dan rumit

>>> Tips Berkendara Aman Bagi Pengemudi Truk dan Bus Ala Daimler

Menurut Budi, bila komponen kabel utama masih bisa diperbaiki alangkah baiknya untuk tetap dilakukan perbaikan.

"Kalau main harness bisa direpair ya mending di repair, tetapi kalau sudah major, ada yang kepotong itu untuk nyambungnya butuh skill dan teknis tersendiri karena kabel itu ada standar ukurannya. Misal standarnya 1 mm kalau diganti 3 mm itu enggak boleh. Apalagi sekarang kan zamannya sudah elektronik, pengiriman sinyalnya bisa beda," terang Budi.

Penyebab Tikus Sering Masuk Ke Dalam Ruang Mesin

Gambar menunjukkan tikus masuk ke ruang mesin mobil

Tikus pada dasarnya memang seekor hewan pengerat

Adapun penyebab tikus sering masuk ke dalam ruang mesin adalah tikus menyukai tempat yang gelap pada malam hari bahkan siang hari. Jadi jika mobil yang tidak bergerak/ tidak dipakai lebih dari dua (2) hari maka tikus akan cari jalan untuk masuk.

Ruang mesin hangat, tikus atau binatang lain sangat menyukai ruangan yang hangat terutama saat malam hari yang dingin, mereka akan berusaha mencari tempat yang hangat dimana salah satunya adalah ruangan mesin yang baru saja dipakai perjalanan. Jika ada ruang kosong, tikus juga suka dengan ruangan yang berongga (banyak ruangan kosong) untuk buat sarang.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Aki Mobil Hybrid Soak? Begini Cara Jumper Aki Mobil Hybrid Yang Benar

12/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

PSBB di beberapa kota besar bikin kegiatan sebagian orang menjadi di rumah saja, jika kebetulan aki soak, begini cara jumper aki mobil hybrid yang benar

Lihat juga

Wheel Alignment Bantu Hemat BBM, Ini Bagian yang Disetel Saat Spooring

14/05/2020

Perawatan dan service

5 menit

Salah satu faktor yang mendukung hemat BBM selain mesin yang sehat adalah spooring alias Wheel Alignment yang benar, inilah bagian yang disetel saat spooring

Lihat juga

Seberapa Boros Mobil Berteknologi Tinggi Dan Berturbo Diisi BBM Oktan Rendah? Dan Ini Efeknya

05/07/2019

Pengemudian

5 menit

Kami melakukan percobaan yang tidak biasa, yakni mengisi BBM dengan oktan rendah pada mobil kekinian dengan teknologi tinggi dan dengan sistem induksi udara paksa alias turbocharger. Lalu seberapa boros mobil berteknologi tinggi dan berturbo saat diisi BBM dengan angka oktan lebih rendah dari rekomendasi pabrikan?

Lihat juga

Cara Aman Menggunakan Kabel Jumper untuk Mengatasi Baterai Mati pada Mobil

Baterai berperan penting dalam mengalirkan sistem kelistrikan pada kendaraan. Dalam beberapa masalah kelistrikan pada mobil, baterai menjadi salah satu penyebabnya dan biasanya kita menggunakan kabel jumper. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika ada masalah pada baterai mobil?

Lihat juga

Tikus Masuk Ruang Mesin Mobil, Inilah Cara Mengatasinya

21/08/2017

Perawatan dan service

3 menit

Area mesin adalah tempat yang gelap pada malam hari bahkan siang hari, tikus sangat menyukai tempat-tempat yang gelap. Jadi jika mobil yang tidak bergerak/ tidak dipakai lebih dari dua (2) hari maka tikus akan cari jalan untuk masuk.

Lihat juga
 
back to top