Awas! Jarang Servis Berkala Bisa Picu Mobil Terbakar

02/02/2021

Perawatan dan service

3 menit

Awas! Jarang Servis Berkala Bisa Picu Mobil Terbakar
Mobil terbakar dipicu oleh sejumlah. Selain modifikasi, malas melakukan servis berkala juga menjadi salah satu penyebab mobil bisa terbakar dengan sendirinya.

Servis berkala merupakan salah satu dari perawatan mobil Anda. Dengan melakukan servis secara berkala pada periode tertentu, kondisi mobil akan lebih prima. Saat melakukan perawatan berkala, biasanya mekanik melakukan pembersihan hingga penggantian beberapa komponen guna memberikan performa optimal. 

Sayangnya tak semua pengendara rajin membawa mobilnya ke bengkel untuk melakukan perawatan berkala tersebut. Tak sedikit yang membawa mobil ke bengkel ketika sudah mengalami kerusakan.

Tindakan yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mobil Terbakar di Jalan

Banyak pemicu mobil bisa terbakar

>>> Seberapa Penting Keberadaan Alat Pemadam Api Ringan di Mobil?

Servis Berkala Bisa Deteksi Kerusakan Dini

Sebaiknya hal semacam itu dihindari. Tahukah Anda, malas melakukan servis berkala bisa memicu mobil terbakar lho!

"Periodical maintenance kan seharusnya 10.000 km masuk ke bengkel dulu, pengecekan secara keseluruhan, engine room, terus wiringnya kan bisa ketahuan tuh kalau mereka lengah selang bensin getas, retak, kemungkinan dekat dengan exhaust manifold," tutur Pebalap Rally Nasional sekaligus Founder Indonesia Driver Institute (INDI) Robby Prakoso dalam diskusi dengan Cintamobil.

Tak cuma itu, perawatan berkala juga bisa mendeteksi lebih dini akan kerusakan ataupun kebocoran lain pada sistem bahan bakar. Ini juga menjadi salah satu penyebab mobil terbakar.

servis mobil

Saat perawatan berkala biasanya seluruh komponen mobil dicek

Dijelaskan Robby adanya komponen yang sudah malfungsi bisa dengan mudah saling bergesekan hingga menimbulkan api. Inilah yang bisa menjadi pemicu kebakaran pada mobil yang mungkin sering tak disadari pengendara. 

"Dengan adanya gesekan itu bisa timbul percikan api karena ion negatif dan ion positif," tegas Robby. 

>>> Mobil Baru Wajib Memiliki APAR Mulai Tahun Depan

Hindari untuk Memodifikasi Secara Asal

Malas servis berkala bukan satu-satunya hal yang bisa memicu mobil terbakar. Adalah modifikasi yang berkaitan dengan kelistrikan seringkali dituding menjadi biang kerok mobil terbakar. Memodifikasi mobil memang sah-sah saja dilakukan asal tetap mengedepankan keamanan. 

apar di mobil

Menyediakan APAR menjadi salah satu langkah preventif

Tak jarang pengendara melakukan modifikasi secara asal tanpa memperhatikan kelistrikan. Misalnya penggantian lampu di luar kapasitas. Hal ini bisa memicu arus pendek hingga menyebabkan kebakaran di mobil. Untuk, Robby menyarankan agar modifikasi dilakukan oleh profesional. 

"Kemungkinan mobil itu kelihatannya standar tapi mereka nggak sadar ada dimodifikasi, jadi kabel itu di jumper untuk dia modifikasi bukan socket to socket, mungkin diameter tidak sesuai, fuse tidak sesuai itu bisa terjadi," kata Robby. 

Sebagai salah satu langkah pencegahan kebakaran di dalam mobil, Anda bisa menyematkan alat pemadam api ringan (APAR). Perlu diketahui, APAR menjadi barang wajib di setiap mobil baru di Indonesia. Kehadiran APAR pada mobil baru ini menjadi tanggung jawab konsumen.  

>>> 5 Kiat Mencegah Mobil Terbakar

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top