Awas! Jangan Asal Cabut, Ini Cara Termudah Melepaskan Stiker Mobil

Stiker pada bumper seringkali menjadi pemanis, namun juga bisa mengganggu. Jika ingin melepaskan stiker mobil, perhatikan cara berikut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Terkadang stiker mobil bisa melambangkan kenangan. Ada yang bisa terus dipakai, tak jarang ada yang harus dibuang. Tapi untuk melepaskan stiker mobil tidak bisa langsung dicabut, karena bisa membekas dan meninggalkan jejak. Jika ingin mencabut stiker yang ada pada bodi mobil, Cintamobil akan memberikan beberapa tips untuk Anda yang dirangkum dari Cars.com.

Gambar yang menunjukan stiker pada mobil berwarna merah

Meskipun stiker ternganga, jangan langsung dicabut (Foto: Cars)

>>> Intip daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com hanya di sini

Alat yang Anda butuhkan:

  • Hair dryer atau pengering rambut,
  • Cutter atau silet (untuk stiker yang menempel di kaca),
  • Kartu plastik, bisa SIM, KTP, atau kartu perpustakaan dari plastik,
  • Larutan pembersih kaca (untuk stiker yang menempel di kaca)

Gambar yang menunjukan pengemudi yang membersihkan stiker

​​Bersihkan bagian bodi dan stiker yang akan dicabut (Foto: Cars)

Cara melakukannya:

  1. Pastikan stiker dan daerah sekitar stiker bersih dari kotoran. Waktu terbaik melepaskan stiker adalah setelah mencuci mobil.
  2. Pasang pengering rambut (hair dryer) dan atur hingga menjadi panas. Tahan pengering rambut beberapa sentimeter di atas stiker. Jangan menempatkan pengering rambung langsung di atas stiker dan cat mobil.​​
  3. Jauhkan pengering rambut beberapa detik, pastikan udara panas yang keluar perlahan menyebar ke seluruh permukaan stiker.
  4. Setelah stiker memanas, gunakan bagian sudut kartu plastik untuk menggosok lembut dan menghilangkan lem stiker. Anda juga bisa menggunakan ujung jari. Jika area permukaan stiker cukup panas, Anda bisa mengupas stiker dengan hati-hati.

>>> Temukan tips dan trik perawatan eksterior lainnya disini

Ulangi langkah 2 hingga 4 sampai stiker bisa dengan mudah dilepaskan. Ingat, gunakan silet atau cutter jika stiker menempel di kaca. Menggunakannya pada bodi mobil bisa memperbesar potensi bodi mobil tergores jika Anda tidak hati-hati.

Gambar yang menunjukan pengemudi yang pengering rambut untuk memberikan panas

Gunakan pengering rambut untuk membuat stiker mudah dilepaskan (Foto: Cars)

Setelah stiker dilepaskan, Anda bisa mengulangi langkah 1-4 untuk menghilangkan sisa lengket stiker pada bodi mobil. Jika ada sisa lem pada kaca mobil, Anda bisa menggunakan silet untuk mengikisnya dengan lembut. Tapi ingat, jangan terlalu keras menggores dengan silet.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top