Audi SQ8 Racikan ABT Hadirkan Torsi Hampir 1000 Nm

29/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Audi SQ8 Racikan ABT Hadirkan Torsi Hampir 1000 Nm
Baru beberapa bulan diperkenalkan, ABT sudah mengoprek mesin Audi SQ8 dan meningkatkan torsinya menjadi hampir 1000 Nm.

Awal Agustus lalu, Audi memberikan bocoran terkait enam model RS yang akan hadir sampai akhir tahun, lima di antaranya sudah diluncurkan setidaknya sampai akhir bulan ini: RS Q3, RS Q3 Sportback, RS4 Avant facelift, RS6 Avant, dan RS7 Sportback.

>>> Audi A1 ABT Sportsline, hatchback mungil bertenaga 400 HP

Mobil-mobil Audi dengan varian RS

Sampai akhir bulan ini, Audi telah meluncurkan enam varian RS sepanjang 2019

Menurut kabar yang beredar, model keenam yang akan hadir adalah SUV RS Q8, yang jadi opsi lebih menarik dari Audi SQ7 dan tidak menginginkan mesin diesel, dan kemungkinan akan debut di Los Angeles Auto Show bulan depan.

>>> Mobil pilihan dengan harga terbaik bisa Anda temukan di sini

Namun jika Anda menyukai karakteristik torsi instan dari putaran rendah khas mesin TDI, dan menginkan sensasi lebih dari sekadar SUV kencang, ABT meracik paket menarik untuk Anda. Rumah modifikasi Audi itu sudah mengoprek Audi SQ8 TDI spesifikasi Eropa, yang baru saja diperkenalkan, dan meningkatkan tenaganya.

Audi SQ8 modifikasi ABT berwarna hitam

ABT meningkatkan torsi Audi SQ8 menjadi 970 Nm dari sebelumnya 900 Nm

Tidak main-main, ABT meningkatkan performa mesin 4.0 liter V8 twin-turbo milik SQ8 menjadi sebuah dapur pacu bertenaga 520 HP dan 970 Nm, naik dari angka aslinya 435 HP dan 900 Nm. Torsi sebesar ini terasa berlebihan, tapi masuk akal mengingat Audi SQ8 TDI adalah salah satu mobil terberat saat ini dengan bobot 2.440 kg saat diisi pengemudi 75 kg dan bahan bakar 90%.

Maka tak heran, modifikasi Audi SQ8 ABT difokuskan pada peningkatan torsi untuk menjaga reputasinya sebagai SUV kencang. Tambahan kompresor listrik juga memungkinkan mesin dieselnya menghasilkan torsi puncak sejak 1.250 rpm.

>>> Temukan berbagai inspirasi modifikasi mobil di sini

Dalam sebuah video yang diposting oleh Auditography, Audi SQ8 ABT melakukan tes di Austria, dan dipasangkan body kit yang tampak elegan, namun diduetkan dengan pelek 23 inci yang terlihat agresif.

Tampak belakang Audi SQ8 by ABT berwarna hitam

Audi SQ8 ABT dapat melaju dari 0-100 km/j dalam waktu 4,45 detik.

Bukan hanya tampilan agresif, performa Audi SQ8 ABT juga tak kalah garangnya. Dalam sebuah tes akselerasi dengan launch control diaktifkan, SQ8 ABT dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,45 detik, lebih cepat 0,3 detik dari versi standarnya. Untuk top speed, SUV kencang ini dibatasi sampai 250 km/jam.

>>> Tips & trik mobil lainnya bisa Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top