Atap Mobil Bocor? Periksa Bagian Ini

14/02/2020
Pernah mengalami atap mobil bocor ketika hujan deras? pasti menjengkelkan ya, karena air hujan merembes hingga ke bagian kabin dan meninggalkan bau apek yang tidak sedap.

Ketika datang musim hujan, bukan cuma bagian kaki-kaki yang terkena air, tetapi juga atap mobil. Ada kalanya, beberapa pemilik mobil menemukan air yang menetes dari bagian atap hingga masuk ke kabin mobil.

Usut punya usut, ternyata air yang merembes hingga ke interior itu akibat atap mobil bocor. Penyebabnya pun beragam, dari yang cukup ringan, hingga akibat keropos karena terserang karat.

>>> Knalpot Keluar Air Tiap Pagi Tanda Mobil Sehat, Benarkah?

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips dari kami:

1. Periksa Karet Kaca

karet kaca mobil robek

Karet kaca yang robek atau sudah getas bisa menjadi jalan masuk air hujan

Air yang menetes ke kabin mobil dari bagian atap, bisa juga disebabkan karet-karet kaca yang renggang atau mulai getas. Karena itu periksa karet dari setiap kaca mobil. Baik kaca depan, kaca jendela, atau kaca belakang.

>>> Cari mobil baru dengan diskon menarik dan cicilan ringan? Semua ada disini

Apabila ada karet yang renggang, sebaiknya rekatkan kembali karet dengan bodi mobil menggunakan sealant. Namun sebelum mengoleskan sealant, pastikan permukaan bodi yang akan dilapis beserta karet kacanya dalam keadaan bersih dan kering. Akan lebih baik menggunakan sealant bening supaya tidak mengurangi estetika mobil.

2. Cek Kondisi Karet Moulding

karet moulding atap mobil

Kalau karet moulding atap renggang bisa juga jadi pemicu kebocoran

Atap mobil bocor akan menimbulkan bau tak sedap di bagian interior mobil. Hal tersebut lantaran air hujan merembes ke interior dan terjebak sehingga tidak kering sempurna. Jika kebocoran bersumber dari bagian atas pilar A atau pilar C, maka bisa jadi akibat kondisi karet molding yang terdapat lubang.

Cek bagian karet yang menutupi alur air di bagian atap mobil dengan membukanya. Perhatikan apakah ada bagian yang renggang atau robek. Meskipun kecil, namun air hujan bisa masuk dari celah kecil tersebut. Untuk mengatasinya bisa kembali gunakan sealant.

>>> Cari mobil bekas berkualitas dengan harga paling murah? Klik disini

3. Atap yang Keropos

atap mobil keropos karat

Kalau atap mobil sudah keropos, harus ditambal ulang

Apabila rembesan air yang masuk ke kabin dari atap mobil cukup banyak, maka boleh jadi itu bukan karena sekedar kebocoran. Melainkan ada bagian atap yang sudah keropos akibat terserang karat. Untuk memperbaiki atap mobil bocor akibat keropos, Anda harus menyerahkannya ke bengkel body repair.

Biasanya atap yang terserang karat itu akan dipotong dan diganti dengan plat baja baru kemudian disambung dengan bagian atap mobil yang masih utuh. Biaya perbaikan kerusakan ini biasanya dihitung sama dengan biaya perbaikan berat untuk satu panel atap bodi.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain