Asap Knalpot Mobil Pedih di Mata? Bisa Jadi Tanda Kerusakan Lho!

02/06/2021

Perawatan dan service

3 menit

Munculnya gejala asap knalpot mobil pedih di mata bisa jadi penanda masalah sistem pembakaran yang tak sempurna. Sangat penting untuk mengetahui penyebab dan sumber masalah.

Jika peka terhadap kendaraan, Anda bisa mengetahui kala mobil sedang bermasalah. Salah satunya adalah pada sistem pembakaran yang menjadi indikator kesehatan mesin. Munculnya gejala asap knalpot mobil pedih di mata bisa jadi penanda masalah sistem pembakaran yang tak sempurna. Di samping itu juga bisa menjadi tanda kalau mobil mengalami kerusakan. Simak penjelasannya berikut seperti dikutip dari laman Daihatsu Indonesia. 

ECU Mengalami Kerusakan

Asap knalpot pedih di mata

Cek Electronic Control Unit pada mobil injeksi

Jika mobil menggunakan teknologi injeksi, Electronic Control Unit (ECU) memiliki peran sebagai pusat sistem pembakaran. Jika perbandingan bahan bakar dan udara tak normal, sistem pembakaran akan terganggu sehingga asap terasa pedih.

ECU berperan untuk mengatur campuran udara dan bahan bakar. Biasanya pengaturan ini akan diatur dengan setelan irit atau racing pada mesin mobil konvensional. Jika setelan bahan bakar terlalu banyak, daya mobil akan besar. Jika RPM tinggi, proses pembakaran bahan bakar tak menyatu secara optimal. Jadi cek ECU mobil Anda.

>>> Harga Toyota Raize-Daihatsu Rocky Naik Hingga Rp 10 Jutaan, Ini Rinciannya

Tekanan Kompresi Mobil Turun

Jika sudah mencapai batas pemakaian, komponen ring piston atau silinder pada mobil akan aus dan menurunkan kompresi mesin. Efeknya, proses pembakaran terganggu dan membuat asap knalpot mobil jadi pedih. Anda bisa melakukan compression testing untuk mengecek apakah kompresi mobil berfungsi baik.

Busi Bermasalah

busi mobil bermasalah

Busi yang rusak berpengaruh pada sistem pembakaran

Jika peran busi terganggu, maka sistem pembakaran akan terganggu juga. Busi yang rusak bisa disebabkan karena kerak karbon tertinggal, sudah banjir oli, atau pemakaian yang lama. Akhirnya fungsi knalpot dan sistem pembakaran akan terganggu dan berefek pada asap mobil.

Injektor Bahan Bakar Jebol

Berbeda dengan mobil bersistem injeksi elektronik, mobil dengan mesin diesel menggunakan injector langsung ke ruang bahan bakar. Injektor diesel harus bisa mengabutkan solar dalam kondisi tekanan kompresi tinggi ke dalam ruang bahan bakar.

Namun, jika injektor diesel tak mampu mengabut, terjadi homogenitas campuran bahan bakar yang terjadi pembakaran mesin yang gagal. Sehingga bahan bakar tak terbakar sempurna sehingga asap knalpot mobil jadi pedih. Tandanya adalah suara mesin yang pincang.

>>> Alat Ukur Tekanan Ban Penting Untuk Cek Kondisi Kesehatan Ban

Sensor Oksigen Rusak 

Sensor oksigen rusak

Cek bagian sensor oksigen jika asap knalpot pedih di mata

Kerusakan sensor oksigen pada saluran exhaust juga bisa jadi gejala sistem pembakaran yang terganggu. Sensor tersebut berguna untuk memastikan pembakaran bahan bakar sempurna. Saat ada kandungan bahan bakar yang tak terbakar, sensor akan mengirim sinyal untuk mengurangi pasokan bahan bakar ke mesin.

Namun, mesin bisa terus bekerja karena sensor tak mendeteksi adanya bahan bakar yang tak terbakar sempurna. Jadi cek bagian sensor oksigen Anda jika asap mobil terasa pedih.

Itu dia beberapa hal yang harus dipastikan. Lakukan juga pemeriksaan gas buang dari knalpot saat memanaskan mesin untuk memastikan ada tidaknya kerusakan sistem pembakaran bahan bakar. Jangan lupa segera ke bengkel jika ada gejala yang tak biasa.

>>> Baca artikel tips & trik terbaru tentang otomotif hanya di sini 

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top