Apakah Teknologi Lampu Depan Semakin Membuat Lampu Semakin Terang?

Share this post:
Apakah Teknologi Lampu Depan Semakin Membuat Lampu Semakin Terang?
Tak banyak yang memikirkan teknologi lampu depan. Tetapi sadarkah Anda, dengan bertambahnya teknologi pada kendaraan, lampu depan menjadi lebih terang dan menyilaukan. Meskipun bertujuan untuk memberikan visibilitas bagi pengemudi, terkadang malah membuat silau kendaraan di depan.

Mulai dari lampu halogen hingga lampu LED yang dipakai pada sebagian besar kendaraan modern saat ini, teknologi lampu depan seakan memiliki pisau bermata dua. Di satu sisi, lampu depan yang semakin terang akan membuat pengemudi terbantu dengan meningkatnya daya pandang atau visibilitas, tetapi berpengaruh besar terhadap pengemudi lain dari arah yang berlawanan.

Jadi, dengan perkembangan teknologi saat ini, apakah lampu depan semakin terang? Jawaban singkatnya adalah tidak. Meskipun ada perubahan peraturan lampu, beberapa faktor dapat menyebabkan lampu depan terlihat lebih cerah. Pasalnya, secara global, lampu depan diatur oleh peraturan yang sebagai FMVSS 108 yang menentukan terang lampu, maksimal dan minimum.

lampu mobil menyilaukan dengan sinar berwarna putih

Lampu depan menjadi problematika tersendiri bagi pengemudi dan produsen

Satu titik kunci cahaya lampu depan berkaitan dengan seberapa banyak cahaya yang boleh dipancarkan di atas bidang horizontal lampu dekat. Cahaya tidak boleh keluar di atas garis sejajar dari garis lampu depan Anda. Dijelaskan oleh Matthew Brumbelow, peneliti senior di Lembaga ASuransi untuk Keselamatan Jalan Raya atau IIHS, "Apa pun di atas tingkat horizontal (lampu dekat) itu seharusnya dibatasi (kecerahannya).”

>>> Dapatkan berbagai mobil berteknologi tinggi terbaru hanya di sini

Tetapi ada “kelemahan utama” pada peraturan tersebut, katanya. Bahkan jika lampu depan sendiri memenuhi persyaratan tersebut, pembuat mobil bisa memasangkan lampu di sudut, berpotensi mengubah cahaya sehingga bisa menyebabkan silau.

Misalignment atau ketidaksesuaian pada lampu depan bisa jadi tidak disengaja. Meskipun saat ini, masalah tersebut sudah membaik, berkat program uji lampu yang sudah dijalankan IIHS. "Pabrikan sudah mulai menaruh perhatian lebih baik pada bagaimana lampu depan diarahkan dalam proses produksi."

tangan yang sedang menunjuk misalignment pada lampu depan

Misalignment menjadi masalah yang ditemukan pada lampu depan

Warna lampu depan juga berubah. Meskipun semuanya dianggap putih, jenis bohlam yang berbeda memiliki berbagai corak. Lampu halogen lebih kuning, sementara bola lampu berintensitas tinggi dan LED lebih condong berwarna putih, bahkan sedikit biru. Lampu depan dengan warna yang berbeda, meskipun tidak terang, tampak lebih mencolok karena terlihat baru.

>>> Ingin tahu berbagai teknologi kendaraan? Dapatkan informasi terlengkapnya hanya di sini

Masalah lain juga bisa menyebabkan pancaran lampu depan menyilaukan. Seiring kemajuan teknologi lampu, garis horizontal pada cahaya lampu, kuhsusnya pada lampu dekat menjadi semakin berbeda. Lampu depan modern, seperti LED, “telah memungkinkan produsen untuk membuat cut-off yang lebih tajam,” jelas Brumbelow.

dua mobil yang sedang mengemudi menembus kabut

Cahaya lampu depan juga bisa terbelokkan, terlebih ketika kabut melanda

Di siang hari, matahari juga bisa menyebabkan masalah. Sinar ultraviolet dapat menyebabkan penutup lampu dari plastik “berkabut seiring bertambahnya usia”. Masalah ini mengakibatkan cahaya yang keluar dari mobil kurang tepat, sehingga menyebabkan silau.

>>> Lebih Tahan Lama, Merawat Lampu Depan Dengan Pelindung Ultraviolet

Perubahan teknologi lampu depan di masa depan

Ada solusi yang dipersiapkan untuk mengurangi silau bagi kendaraan di depan sekaligus memberikan pengemudi visibilitas yang lebih baik dalam kegelapan. Dengan perbaikan yang disebut Adaptive Driving Beam (ADB), menjanjikan langkah pertama untuk peningkatan keselamatan jalan raya di Amerika, dan bisa dikembangkan ke seluruh dunia.

Cara kerja ADB mengandalkan teknologi sinar yang berpenggerak adaptif menggunakan sensor di bagian depan kendaraan untuk mendeteksi di mana kendaraan lain berada. Teknologi ini secara dinamis meredupkan bagian dari LED atau bagian lampu depan untuk menghindari sinar menyoroti kendaraan di depan. Hasilnya, visibilitas meningkat dan pengemudi lain tidak akan terganggu sinar lampu depan.

Teknologi lampu depan Multibeam LED yang dikembangkan oleh Mercedes-Benz

Sebenarnya, teknologi ini sudah digunakan di Eropa. Bahkan, akhir tahun lalu, NHTSA mengajukan pemberitahuan tentang pembuatan peraturan yang diusulkan untuk mengadopsi sistem ADB di jalan-jalan di Amerika.

Pada akhirnya, teknologi lampu depan melalui ADP bisa membantu pengemudi di malam hari. “Lebih dari 50 persen kecelakaan terjadi pada malam hari, dan sementara lampu tidak akan menyelesaikan setiap masalah itu, jika Anda tidak tahu ada bahaya di sana, Anda tidak dapat bereaksi untuk itu,” jelas Greg Brannon, Direktur Teknik Otomotif dari AAA.

>>> Beragam tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Tertarik Mempermak Lampu Depan? Ini Perbedaaan Lampu LED dengan HID

Dalam dunia otomotif, penggunaan lampu sebagai penerangan merupakan bagian yang sangat penting, terutama pada malam hari. Mencari tahu perbedaan lampu LED dan HID adalah hal penting untuk visibilitas pengendaraan Anda.

Lihat juga

Tips dan Cara Mengatur Lampu Depan Mobil dengan Benar

Ketika anda sedang berlibur dan bagian belakang mobil penuh dengan peralatan, maka bagian belakang akan lebih berat dan membuat bagian depan sedikit naik. Karena itu, anda harus memengatur lampu depan agar bisa menyorot jalanan dengan sempurna. Namun, bagaimana cara mengatur lampu depan mobil dengan cara yang mudah?

Lihat juga

Tips dan Trik Mengganti Lampu Depan Mobil di Rumah

06/01/2018

Perawatan dan service

3 menit

Mempunyai mobil yang mewah tidak berarti apa-apa jika lampu depan mobil anda rusak. Jika lampu depan rusak, tidak butuh usaha lebih untuk mengganti lampu depan mobil. Mengganti lampu depan bisa dilakukan di rumah dengan peralatan yang tidak begitu susah.

Lihat juga

Perhatikanlah Lampu Depan Mobil Sebelum Memulai Perjalanan Malam Hari!

04/11/2017

Pengemudian

Bagi para pengendara mobil, berpergian di malam hari merupakan hal yang biasa dan sering dilakukan. Karena sibuk di siang hari, mereka sering berkendara pulang ke rumah ketika langit sudah mulai gelap. Menurut survey dari Sylvania Automotive, 28% pengendara tidak bisa melihat dengan jelas di malam hari.Hal ini mungkin menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Lihat juga

Ingin Lampu Mobil Lebih Terang? Inilah Tips Memasang Lampu LED

Halogen merupakan salah satu jenis inovasi dari lampu bohlam. Teknologi halogen sudah cukup lama digunakan pada mobil. Namun saat ini telah hadir jenis lampu LED yang lebih terang. Simak tips memasang lampu LED.

Lihat juga
 
back to top