Apakah Perlu Mencuci Mobil Setiap Kali Terkena Air Hujan?

Share this post:
Apakah Perlu Mencuci Mobil Setiap Kali Terkena Air Hujan?
Di musim hujan yang tak kunjung berhenti, perawatan mobil pun harus ekstra. Ada juga beberapa cerita lucu yang mana ketika pemilik mobil baru saja mencuci mobilnya di salon, tiba-tiba hujan datang dalam perjalanan pulang. Tak heran, banyak menanyakan “apakah perlu mencuci mobil setelah terkena air hujan?”

Banyak pemilik kendaraan takut akan dampak dari air hujan seperti halnya korosi maupun jamur. Air dan debu yang bercampur nantinya bisa menjadi kerak jika didiamkan dengan waktu yang lama. Sehingga tak heran apabila banyak orang bertanya, “apakah mobil perlu dicuci jika terkena air hujan?”

Merespon hal ini, pengelola 3M Car Wash di daerah Jakarta Timur yakni Ardiansyah, juga menuturkan bahwa banyak konsumen menanyakan hal serupa. Sejatinya mobil yang terkena air hujan tak harus perlu dicuci terus-menerus. Yang perlu dilakukan adalah melakukan perawatan-perawatan ringan supaya zat asam dari air hujan tadi tidak bertengger lama pada bodi mobil.

Perawatan Ringan Mobil Saat Hujan

Ardiansyah juga menambahkan, jika mencuci mobil dilakukan setelah terkena air hujan maka akan berat di ongkos serta rugi waktu. Ia membeberkan bahwa pemilik kendaraan hanya perlu membilas seluruh bodi mobil dengan air. Jika perlu, semprot air menggunakan selang dengan tekanan yang lebih supaya kotoran pada bodi mobil bisa rontok.

Bilas mobil dengan air dan gunakan tekanan yang cukup supaya kotoran tidak menempel lagi pada bodi mobil

Bilas bodi mobil dengan air selepas terkena air hujan

>>> Tertarik untuk membeli mobil baru? Simak harga mobil selengkapnya di sini

Setelah selesai dengan sesi bilas, Anda tinggal menunggu hingga mobil setengah kering. Jangan lupa untuk menyiapkan kain microfiber atau kain halus untuk mengeringkannya. Perlu diingat, jangan pernah mengelap mobil saat baru dibilas karena cat bodi lebih lunak saat terkena air.

Mencuci mobil setelah hujan harus dilap dengan kain mikrofiber

Jangan lupa untuk mengelapnya setelah bodi mobil setengah kering

Ardiansyah juga mengingatkan bahwa mencuci mobil di salon itu sangat perlu. Apabila Anda sibuk, Anda hanya perlu mencuci mobil dengan shampoo khusus setiap satu minggu sekali supaya mobil bersih dari kotoran. Nah, itulah tips kami mengenai mencuci mobil setelah hujan. Dengan adanya artikel kali ini, kini Anda dapat mencuci mobil lebih praktis dan efisien selama hujan.

>>> Ingin tips yang mudah dalam merawat mobil? Ikuti terus artikel menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Tips Mencuci Ruang Mesin, Hati-hati Agar Tidak Terjadi Arus Pendek

Soal estetika, mesin memang tidak terlalu menonjol ketimbang eksterior mobil. Namun ruang mesin pun memerlukan pembersihan agar sedap dipandang dan memudahkan pemeriksaan.

Lihat juga

Ini Alasan Tidak Boleh Menggunakan Deterjen Pencuci Piring Untuk Mencuci Mobil

Musim hujan menuntut pemilik mobil lebih ekstra dalam memperhatikan kebersihan eksterior mobil. Mencuci mobil sendiri bakal makin sering jika tak ingin selalu keluar duit buat datang ke car wash. Jika Anda suka menggunakan busa pembersih, sebaiknya Anda hindari penggunaan deterjen cuci piring untuk mencuci mobil. Berikut alasannya!

Lihat juga

Tak Banyak yang Tahu, Kapan Sih Waktu Mencuci Interior Mobil Yang Tepat?

Mencuci bodi mobil memang sudah biasa, tapi mencuci interior mobil terkadang masih banyak yang belum tahu. Dengan kegiatan yang semakin banyak, kapan waktu mencuci interior mobil yang pas?

Lihat juga

Kalau Mobil Anda ‘Terlalu Canggih’, Hati - Hati Saat Mencucinya

Mobil dengan fitur - fitur canggih membutuhkan perawatan yang hati - hati, khususnya cara mencucinya. Jadi apakah cuci dapat dicuci berbasis robot?

Lihat juga

Mudik di Kampung Halaman, Cara Cepat Mencuci Mobil untuk Menghemat Waktu

Setiba di kampung halaman, kita pasti disibukkan dengan berkumpul dengan keluarga hingga bertandang ke rumah sanak famili, sampai akhirnya kendaraan menjadi terlupakan. Tapi jangan risau, bagi Anda yang sibuk, ada cara cepat mencuci mobil untuk Anda.

Lihat juga