Apakah Mobil Transmisi Manual Lebih Hemat Bahan Bakar Dibandingkan Matic?

02/03/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Apakah Mobil Transmisi Manual Lebih Hemat Bahan Bakar Dibandingkan Matic?
Jika Anda bertanya manakah yang lebih hemat bahan bakar, mobil transmisi manual atau mobil matic, mungkin sebagian besar pengemudi akan memiliki transmisi manual. Tapi, apakah pernyataan tersebut benar?

Bagi mereka yang menyukai dunia otomotif, mengganti transmisi manual lebih mengasyikan, lebih menyenangkan, dan lebih otentik dibandingkan mobil matic. Menggunakan transmisi manual disebut sebagai pengendaraan yang sebenarnya. Selain itu, mobil transmisi manual disebut lebih hemat bahan bakar dibandingkan mobil otomatis. Benarkah demikian?

Meskipun benar bahwa mobil dengan transmisi manual cenderung lebih murah daripada mobil dengan transmisi otomatis, tidak lagi benar bahwa mobil manual juga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Seperti yang dijelaskan oleh How Stuff Works beberapa waktu sebelumnya.

transmisi manual pada mobil berwarna hitam

Mobil transmisi manual seringkali disebut lebih efisien dibandingkan mobil matic

Sebelumnya, transmisi manual disebut lebih hemat bahan bakar karena Anda bisa memiliki lebih banyak pilihan gigi yang bisa digunakan, dan disesuaikan dengan kecepatan serta kondisi berkendara. Anda bisa menghemat bahan bakar melalui berkendara dengan rpm rendah untuk meminimalisir konsumsi bahan bakar.

>>>  Ini Cara Mudah Mengemudi Irit BBM Di Dalam Kota Dengan New Honda Mobilio CVT 2019

Namun, transmisi otomatis modern memang menghemat bahan bakar pada kecepatan yang lebih tinggi. Sebagian besar transmisi otomatis sekarang memiliki lebih banyak roda gigi daripada kebanyakan kendaraan manual modern. Seperti Mercedes yang sudah memiliki 9 percepatan pada sistem 9G Tronic mereka.

Penggunaan gigi pada kendaraan memang berefek besar pada efisiensi bahan bakar. Semakin banyak roda gigi, berarti mesin bisa mengirimkan jumlah daya yang sama ke roda sambil melakukan lebih sedikit putaran dan pada akhirnya bisa menghemat pemakaian bahan bakar pada mobil.

>>> Ingin tahu berbagai teknologi kendaraan? Dapatkan informasi terlengkapnya hanya di sini

mesin mobil berwarna perak

Penggunaan gigi yang lebih banyak bisa menghemat lebih banyak bahan bakar

Dan jangan lupa, ada pula jenis transmisi yang relatif baru yang mirip dengan penggunaan transmisi otomatis, tergantung bagaimana Anda menggunakannya. Bagi pengemudi Toyota Camry maupun Toyota Sienta sudah bisa menggunakan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) yang merupakan evolusi dari transmisi otomatis.

>>> Ingin mencari mobil-mobil lama? Klik disini untuk informasi lebih lanjut

Dengan teknologi ini, Anda tidak perlu lagi mengoperasikan kopling. Anda cukup menyetir mobil dan melaju. Tidak seperti transmisi manual dan otomatis, CVT memiliki kombinasi rasio roda gigi yang tak terbatas. Artinya, dengan CVT selalu bisa mengirim tenaga ke roda dari mesin dengan cara yang seefisien mungkin, membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih sedikit.

dasbor Toyota Sienta berwarna hitam

Transmisi CVT yang digunakan pada Toyota Sienta

Meskipun begitu, masih ada banyak transmisi manual yang lebih efisien dibandingkan versi otomatis. Tetapi sebagian besar gagasan tentang semua mobil transmisi manual lebih efisien dibandingkan matic tidak lagi benar. Tergantung teknologinya, mobil matic bisa saja lebih efisien. Dan untuk berkendara di kota sibuk seperti Jakarta dan kota-kota besar lainnya, mengendarai mobil matic bisa lebih menyenangkan.

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top