Apakah Merawat Stiker Mobil Semudah Merawat Cat Mobil? Ini Dia Jawabannya!

22/11/2018

Perawatan dan service

4 menit

Apakah Merawat Stiker Mobil Semudah Merawat Cat Mobil? Ini Dia Jawabannya!
Stiker di bodi mobil selama ini dimanfaatkan untuk menambah estetika di eksterior mobil. Sekalipun berbeda secara material dibandingkan cat, tapi apakah perawatannya akan berbeda?

Tren body wrapping menggunakan stiker banyak memberikan keuntungan positif. Di satu sisi, stiker mobil bisa menjadi media pelindung cat bodi mobil dari kontaminasi maupun noda kotoran yang cukup membandel. Di sisi lain body wrapping menggunakan stiker juga mudah dalam pengaplikasian maupun saat melepasnya dari bodi tanpa merusak cat atau pernis.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki stiker, ternyata dari segi perawatan juga tergolong mudah. Bahkan bisa dibilang treatment perawatan stiker jauh lebih mudah ketimbang cat mobil.

Jenis-jenis Sticker dari Teckwrap

Ragam jenis sticker body dari Teckwrap bisa diaplikasikan dengan mudah dan perawatannya tidak sulit

>>> Sedang mencari mobil untuk dimodifikasi sesuai keinginan Anda? Cek di sini informasi selengkapnya

“Untuk perawatan stiker di bodi mobil bisa dibilang sama seperti cat mobil biasa menggunakan air sabun. Dan untuk body wrapping menggunakan stiker juga memiliki kelebihan karena selain bagus dari segi fashion lebih aman dari baret goresan batu stone chip atau dari segi perawatan juga bisa dengan cuci mobil biasa dan bisa untuk tidak melakukan poles mobil,” jelas Ricky Harso selaku Owner Teckwrap Indonesia, saat ditemui di IMX 2018.

Di samping perawatan standar cuci mobil standar, untuk mengangkat noda kontaminasi membandel di permukaan stiker juga tergolong mudah. Cukup oleskan noda membandel menggunakan minyak kayu putih, dipastikan noda tersebut hilang terangkat saat dilap kembali menggunakan lap microfiber

Glossy Stiker Teckwrap

Stiker model glossy metallic lebih mudah dirawat ketimbang stiker jenis matte atau doff

>>> Awas! Jangan Asal Cabut, Ini Cara Termudah Melepaskan Stiker Mobil

Dalam segi detailing, stiker juga bisa dipertahankan efek wet look alias warna mengkilap karena untuk jenis-jenis stiker berwarna glossy metallic masih cenderung lebih "aman" saat bertemu dengan kompon dan cairan wax maupun obat poles. Hanya saja beda kasusnya untuk stiker jenis matte atau doff yang memang tidak direkomendasikan untuk di poles untuk menjaga efek warna doff yang lebih mengedepankan tampilan sporty dan maskulin.

“Untuk stiker yang diproduksi oleh Teckwrap memiliki daya tahan lebih dari 2 tahun secara rata-rata, dimana dalam jangka waktu tersebut warna mobil akan tetap bertahan karena kita memiliki UV protection yang menjaga kualitas warna tetap bagus meski terpapar matahari,” tambah Ricky.

Untuk pemasangan produk stiker Teckwrap saat ini berkisar di harga Rp11 jutaan hingga Rp28 jutaan, tergantung jenis stiker dan ukuran bodi mobil yang diinginkan. Proses pengerjaan dilakukan selama kurun waktu 2-3 hari dan dikerjakan secara khusus oleh teknisi di workshop Teckwrap Indonesia yang berada di Jl. Kedoya Raya No.3, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Solusi Merawat Stiker Matte dan Doff

Oh ya, apabila Anda tetap berencana melakukan body wrapping menggunakan stiker jenis matte, jangan khawatir soal perawatannya. Pasalnya salah satu produk car care Chemical Guys punya tiga rangkaian produk untuk menjaga kondisi sticker matte atau doff tetap terlihat segar.

Produk car care untuk stiker matte dari Chemical Guys Indonesia

Produk Meticolous Matte Auto Wash Satin-Matte Finish & Matte Detailer Spray Sealant dari Chemical Guys (Photo by Chemical Guys Indo)

Tiga rangkaian produk tersebut ialah Meticulous Matte Auto Wash Satin-Matte Finish, Jet Seal Matte, serta Meticulous Matte Detailer Spray Sealant. “Masing-masing produk bekerja saling melengkapi dan berfungsi menjaga warna matte tetap bertahan dan tidak hilang. Dan ketiga produk ini bisa juga digunakan untuk jenis stiker lain selama tidak mengandung pernis,” terang Hendrik, Marketing Chemical Guys Indonesia.

Setiap produk perawatan stiker matte dari Chemical Guys ini bisa digunakan untuk kurang-lebih 30 kali pemakaian. Jika Anda berminat membeli ketiga produk ini, bisa didapat di Chemical Guys Indonesia di www.chemicalguysindonesia.com atau instagram @chemicalguysindo. Masing-masing dijual dengan harga Rp 230 ribu (Auto Wash Satin-Matte Finish), Rp 244 ribu (Meticolous Matte Detailer Spray Sealant), serta Rp 873 ribu (Jet Seal Matte).

>>> Ikuti tips dan trik menarik seputar perawatan mobil hanya di Cintamobil.com

 
back to top