Apakah Keyless Entry Mudah Diretas? Intip Kelebihan dan Kekurangannya

31/03/2021

Perawatan dan service

2 menit

Meski disebut menawarkan kemudahan, tapi ternyata ada banyak isu mengenai kelebihan dan kekurangan keyless entry sebagai teknologi baru di dunia otomotif.

Teknologi membantu berbagai aspek dalam kehidupan. Termasuk keyless entry yang memungkinkan Anda membuka pintu mobil tanpa kunci. Tapi di tengah kemudahan yang diberikan, ternyata ada beberapa kelemahan dari sistem ini. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai teknologi bebrahan dasar wireless yang jamak ditemukan di mobil keluaran terbaru saat ini.

Kelebihan dan kekurangan keyless entry

Peningkatan teknologi yang ditanamkan pada mobil memang tak semuanya memberikan kemudahan. Tapi ada beberapa masalah yang mungkin mengintai. Sebelum mempertimbangkan membeli mobil dengan teknologi ini, simak kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan keyless entry

  • Memberikan kenyamanan untuk mengakses mobil tanpa perlu menggunakan kunci untuk kepraktisan yang lebih baik.
  • Menghadirkan kenyamanan yang lebih baik terhadap pencurian mobil tradisional, seperti pencongkelan.
  • Banyak sistem tanpa kunci bisa mengunci pintu ketika Anda berjalan menjauh dari mobil, memberikan rasa aman ketika lupa mengunci pintu sendiri.

penggunaan keyless entry pada mobil
Fitur ini bisa memudahkan Anda membuka pintu mobil

Kekurangan keyless entry

  • Tak menutup kemungkinan baterai keyless mati tiba-tiba, sehingga bisa menimbulkan risiko keselamatan.
  • Pencurian berbasis teknologi dapat dengan mudah meretas perangkat jarak jauh untuk mendapatkan akses ke mobil tanpa membunyikan alarm.
  • Teknologi ini terbilang mahal, jadi biaya perawatan ketika terjadi masalah cukup menguras kantong Anda.

>>> Dikenal Canggih, Ini Kelemahan Keyless dan Immobilizer

Mudah diretas?

Meski memudahkan dan memberikan kepraktisan ketika berkendara, tak dapat disangkal bahwa ada risiko ekstra ketika menggunakan remote tanpa kunci atau perangkat pembuka mobil jarak jauh lainnya, seperti smartphone. Berdasarkan penelitian dari German General Automobile Club (ADAC), mobil baru dengan fitur ini bisa diretas dengan mudah.

Tapi Anda perlu ingat bahwa semua mobil modern memiliki sistem keamanan yang lebih dibandingkan sebelumnya. Selain itu, teknologi keyless sering digunakan sebagai sistem lanjutan, artinya mobil ini memiliki lebih banyak fitur keselamatan dan keamanan tambahan sebagai standar untuk membantu menghentikan pencurian.

>>> Pencurian Semakin Marak, Ford Luncurkan Teknologi Keyless Anti Pencurian

pencuri yang sedang melakukan pencurian
Teknologi keyless bisa dengan mudah diretas dengan teknologi canggih

Salah satu cara mencegah pencurian adalah dengan memastikan mobil terkunci ketika sedang bepergian. Anda juga bisa mematikan key fob Anda ketika tidak sedang digunakan untuk menghalangi penyadapan. Sebagai pilihan terakhir, Anda bisa memasang pelacak GPS pada mobil, sehingga Anda bisa melacak mobil yang dicuri.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas lainnya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top