Apakah Ban Bekas Bisa Dijual? Ini yang Bisa Anda Lakukan

17/06/2021

Perawatan dan service

4 menit

Ketika ban sudah melewati masa pakainya, apakah ban bekas bisa dijual? Selain dijual, ternyata ada hal lain yang bisa dilakukan untuk mendaur ulang ban mobil.

Umur ban bekas yang ideal adalah 3 tahun dan Anda disarankan untuk mengganti ban walaupun tapaknya masih tebal atau ketika mobil tak sering digunakan. Lalu, bagaimana dengan ban bekas kendaraan, apakah ban bekas bisa dijual? Jika ban yang Anda miliki sudah tak lagi digunakan namun tak bisa dijual, ternyata ada banyak hal yang bisa Anda lakukan.

Apakah ban bekas bisa dijual?

Ban bekas banyak yang dijual kembali. Apalagi dengan harganya yang jauh lebih murah dibandingkan ban baru, ban jenis ini seringkali menjadi alternatif bagi pengguna untuk kendaraan mereka. Namun tentu saja, perhatikan kembali kondisi ban bekas, terlebih tapak ketika Anda ingin membeli ban bekas di bengkel-bengkel kepercayaan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menjual ban bekas ke pabrik vulkanisir. Ban vulkanisir merupakan ban bekas yang sudah direkondisi sehingga lebih layak pakai. Yaitu dengan cara dilapisi dengan kembangan ban dan diukir kembali agar memiliki tapak yang dalam. Meski ban vulkanisir tak terlalu kuat, dengan perbandingan 2/3 : 1 dengan ban baru.

ratusan ban bekas yang menumpuk di dekat rumah
Ban bekas bisa dijual dan bisa didaur ulang

Walaupun beberapa pendapat menyebutkan bahwa ban bekas tidak disarankan untuk dijual. Mengingat kondisinya yang sudah usang sehingga bisa beresiko ketika digunakan oleh kendaraan jika tidak diperbaiki terlebih dahulu.

Tapi kabar bagus bagi Anda yang memiliki rumah dekat dengan pabrik pengolahan kapur, Anda bisa menjual ban bekas ke pabrik kapur. Pasalnya material yang terdapat dalam ban bisa digunakan untuk mengolah kapur karena ban biasanya terbakar cukup lama.

>>> Mengerti Kapan Ban Mulai Menua Sebelum Menyebabkan Masalah

Diolah sekreatif mungkin

Hindari untuk membuang ban bekas ke tempat sampah karena akan membuat genangan sehingga menjadi sarang nyamuk maupun hewan pengerat. Ban bekas yang tidak diolah dengan baik turut membahayakan karena sangat mudah terbakar dan sulit dipadamkan. Bagi Anda yang ingin mencoba kreativitas, beberapa kreasi berikut bisa menjadi pilihan.

1. Ayunan

Mengingat tak banyak tanah lapang yang bisa dijadikan lahan bermain anak-anak, Anda bisa mengubah ban bekas sebagai sarana permainan. Bagi Anda yang memiliki pohon atau sekadar halaman yang bisa digunakan, Anda bisa mengubah ban yang sudah tak terpakai lagi menjadi ayunan yang bisa digunakan oleh anak-anak Anda.

2. Tempat duduk

Ada banyak café maupun tempat makan yang menggunakan tema recycle. Dan Anda juga bisa menggunakan ban bekas sebagai tempat duduk untuk sekadar menikmati pemandangan di luar rumah. Bisa langsung digunakan, atau dipermak sedikit untuk menghasilkan tempat duduk yang nyaman dan kokoh. Tentu saja dengan harga yang sangat terjangkau.

>>> Alat Ukur Tekanan Ban Penting Untuk Cek Kondisi Kesehatan Ban

3. Tempat bunga atau tanaman

Ban bekas sangat ideal sebagai tempat untuk meletakkan bunga atau tanaman Anda. Diletakkan di halaman, ban bisa digunakan sebagai pot bunga. Dengan sedikit kreativitas, Anda bahkan bisa menciptakan tempat tanaman gantung dengan mudah dari ban bekas yang sudah tidak terpakai.

4. Hiasan di luar rumah

Mengecat ban bekas Anda dengan warna yang beragam serta membiarkan kreativitas bekerja merupakan cara bagus untuk membuat hiasan dari ban bekas. Seperti yang bisa Anda temukan di halaman sekolah dasar maupun Taman Kanak-Kanak.

Sebisa mungkin jangan buang ban bekas dengan cara yang tak bertanggung jawab. Pasalnya dari semua yang bisa dilakukan, menjual ban bekas bisa menjadi pilihan. Tapi daur ulang mobil bekas merupakan alternatif lain sebagai sarana mempercantik rumah Anda, tentu saja dengan harga yang sangat terjangkau.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top