Apa Untungnya Uji Emisi Kendaraan?

11/01/2021

Perawatan dan service

3 menit

Apa Untungnya Uji Emisi Kendaraan?
Pemprov DKI Jakarta bakal gencar melakukan uji emisi kendaraan. Selain membuat kualitas udara lebih baik, uji emisi juga berguna untuk kendaraan Anda.

Uji emisi belakangan menjadi topik hangat yang diperbincangkan, khususnya untuk kendaraan di Ibu Kota Jakarta. Hal itu mencuat usai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberlakukan aturan wajib uji emisi bagi kendaraan pribadi di atas tiga tahun. 

Kewajiban kendaraan pribadi untuk melakukan uji emisi itu tertuang dalam Peraturan Gubernur No.66 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Adanya aturan uji emisi ini dimaksudkan agar langit Jakarta bisa kembali biru dan juga bebas polusi. 

Ya, uji emisi kendaraan amat bermanfaat untuk lingkungan dan udara yang Anda hirup sehari-hari. Ini memang menjadi satu cara jitu dalam mengurangi polutan yang mencemari udara. Di samping itu, uji emisi juga dapat memberikan keuntungan tersendiri buat kendaraan Anda seperti dikutip dari Dunrite Automotive, Senin (11/1/2021). 

uji emisi kendaraan

Uji emisi kendaraan dilakukan untuk memperbaiki kualitas udara

>>> Malas Perawatan Berkala Bisa Bikin Mobil Tak Lolos Uji Emisi Lho!

1. Kendaraan Lebih Efisien

Pengecekan uji emisi bisa membuat kendaraan Anda lebih efisien dari sisi penggunaan bahan bakar. Kemudian, gas buang yang dihasilkan kendaraan juga bisa diminimalisir. Sebenarnya, para pabrikan juga diketahui turut berperan dalam mengurangi polusi udara yang dihasilkan kendaraan Anda. 

Lewat katalik konverter, emisi gas yang buruk bisa dikurangi sebelum akhirnya dibuang dari kendaraan. 

>>> Bagaimana Kalau Kendaraan Dinas Pemerintah Tak Lolos Uji Emisi?

2. Mencegah Kendaraan Menghasilkan Polutan Buruk 

Salah satu tujuan utama dari melakukan uji emisi adalah melihat seberapa besar kadar polutan yang dihasilkan. Nantinya bila hasil tersebut keluar maka angka polutan dalam kendaraan bisa dikurangi guna memperbaiki kualitas udara. Maka dari itu butuh dilakukan uji emisi secara berkala agar kadar polutan dari suatu kendaraan bisa terus dikontrol. 

Cara sederhana untuk mencegah kendaraan menghasilkan polutan berlebih sehingga bisa lolos uji emisi adalah dengan melakukan perawatan berkala secara rutin. Saat melakukan perawatan berkala, Anda bisa membuat mobil memiliki performa yang dijanjikan. Komponen yang sudah tak bisa digunakan akan diganti guna menunjang performa mobil supaya optimal. 

bbm kendaraan

Gunakan BBM sesuai standar

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan bahan bakar sesuai anjuran pabrikan. Kalau Anda perhatikan, biasanya para pabrikan memiliki standar bahan bakar tertentu dan tertera pada buku manual. Tak sedikit dari pemilik mobil yang mengabaikan. Padahal, dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai, Anda juga turut berpartisipasi dalam menekan angka emisi gas buang. 

Hal itu dapat terjadi karena mesin dapat bekerja optimal karena sistem pembakarannya sempurna. Lain halnya jika Anda mengisi bahan bakar di bawah standar yang dianjurkan. Sistem pembakaran mobil juga harus bekerja ekstra keras demi menghantarkan performa yang diinginkan.

>>> Cintamobil TV: Cek Fakta Lengkap Kebijakan Uji Emisi DKI Jakarta

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top