Apa Itu Barang OEM? Ini Bedanya dengan Original dan Aftermarket

05/11/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Bagi Anda yang mungkin masih belum mengerti tentang apa itu barang OEM, berikut pengertian serta perbedaan antara suku cadang OEM dengan model aftermarket.

Selain barang aftermarket dan produksi original pabrikan, ada barang OEM yang bisa Anda beli ketika mengganti suku cadang mobil Anda. Tapi sebenarnya, apa itu barang OEM? Berikut beberapa penjelasan dan perbedaannya dengan barang asli keluaran pabrikan serta komponen aftermarket yang lebih banyak ditemui di pasaran.

Apa itu barang OEM?

Digunakan oleh pabrikan, mungkin banyak yang masih belum mengetahui apa itu barang OEM. OEM sendiri merupakan akronim dari Original Equipment Manufacturer, atau komponen asli pabrikan. Sehingga barang OEM adalah produk asli atau original yang dirancang oleh perusahaan sesuai dengan spesifikasi yang mereka tentukan sendiri.

kaca film V-KOOL berwarna hitam di bagian belakang kendaraan
Kaca film V-Kool sudah menjadi OEM mobil Honda CR-V dan HR-V

Dengan begitu, pabrikan pembeli akan menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk produksi. Misalnya saja pabrikan mobil menggunakan ban dari pabrikan yang khusus memproduksi ban, seperti Bridgestone maupun Dunlop. Hingga saat ini, tidak ada pabrikan otomotif yang memproduksi sendiri ban yang mereka gunakan.

Beberapa contoh termudah untuk mengenal komponen original OEM adalah suku cadang mobil. Misalnya saja Bridgestone yang dipercaya sebagai supplier ban OEM berbagai merek mobil Honda di Tanah Air, V-KOOL yang sering menjadi OEM kaca film 8 pabrikan di Indonesia, bahkan busi NGK merupakan busi OEM Toyota dan Daihatsu.

Barang OEM bukan hanya sebatas untuk komponen otomotif. Namun segala jenis industri di seluruh dunia memiliki pabrikan yang menyediakan berbagai barang OEM. Mulai dari smartphone, laptop, bahkan hingga perusahaan teknologi. Contohnya saja software buatan Microsoft yang nantinya dijual lagi sebagai bagian dari sistem operasi komputer milik Toshiba, Asus, HP, dan yang lainnya.

mobil baru Honda City Hatchback RS berwarna merah
Honda menggunakan ban mobil Bridgestone sebagai supplier OEM

Nah, selain barang OEM, ada pula komponen ODM, atau dikenal juga dengan nama Original Design Manufacturer. ODM merupakan komponen yang diproduksi oleh perusahaan manufaktur dengan menyesuaikan kualitas serta spesifikasi dengan yang diinginkan oleh brand. Nantinya, produk tersebut akan dijual di bawah nama brand yang membelinya.

Namun dari segi popularitas, barang ODM tentunya tidak terlalu banyak diketahui. Mengingat perusahaan membeli melabeli barang tersebut dengan brand mereka, jadi perusahaan penyedia barang ODM seringkali berada di bawah bayang-bayang pabrikan.

Mengenal kualitas barang OEM

Karena perusahaan OEM dipilih sendiri oleh pabrikan otomotif sebagai bagian dari produk mereka, maka tentu saja kualitas barang OEM setara dengan produk asli. Sehingga Anda tidak perlu ragu akan kinerja maupun performa kendaraan setelah penggantian.

Sedangkan suku cadang aftermarket merupakan komponen yang tidak dibuat oleh perusahaan OEM maupun pabrikan kendaraan. Sayangnya banyak yang menyamakan komponen aftermarket dengan barang KW, atau barang palsu yang menyerupai komponen asli pabrikan.

bengkel resmi Mitsubishi dengan mobil berwarna putih
Bingung dengan apa itu barang OEM mobil? Informasinya tersedia di bengkel resmi

Padahal komponen aftermarket merupakan barang orisinil dengan kualitas yang sangat bagus dalam bentuk fisik maupun daya tahannya. Namun yang menjadi pembeda adalah spesifikasi yang diproduksi bisa jadi tak sepenuhnya sama dengan barang OEM atau orisinil. Tak menutup kemungkinan Anda menemukan barang aftermarket yang sedikit berbeda dari komponen mobil, walaupun pada dasarnya memiliki fungsi yang sama.

Namun dalam beberapa kasus, suku cadang aftermarket memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan OEM. Pasalnya komponen aftermarket bisa dikembangkan dari produk OEM. Namun patut diingat untuk selalu mempertimbangkan penggunaan barang aftermarket yang tidak sesuai dengan spesifikasi asli mobil Anda.

Kelebihan dan kekurangan barang OEM

Masih bingung dengan apa itu barang OEM dan perbedaannya dengan barang aftermarket maupun kompponen KW, simak lagi apa saja kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan barang OEM

Karena digunakan oleh pabrikan, tentunya ada berbagai kelebihan dari suku cadang OEM bisa dipertimbangkan sebagai komponen pengganti di mobil Anda. Berikut beberapa kelebihan barang OEM yang bisa Anda dapatkan.

1. Kualitas terjamin

Mengingat pabrikan otomotif mempercayakan produk mereka menggunakan barang dari pabrikan OEM, tentu saja hal ini menandakan bahwa kualitas dari barang OEM setara dan sejalan dengan model yang ditawarkan. Sehingga mempermudah Anda mengganti komponen yang rusak dengan kualitas yang sama seperti ketika baru membeli mobil tersebut.

2. Daya tahan

Sebagian besar pabrikan sudah memberikan garansi untuk mobil dan semua suku cadang pada kendaraan. Oleh karena itu, daya tahan dari barang OEM bisa mengimbangi umur dari mobil itu sendiri. Walaupun ada beberapa komponen fast moving yang memang harus diganti setelah masa pemakaian tertentu, seperti busi.

dua komponen busi mobil berwarna silver
Busi seringkali disebut komponen fast moving karena harus sering diganti

>>> Hati-hati, Jangan Sembarang Ganti Ban OEM

Kekurangan barang OEM

Memang tidak semua komponen OEM memiliki keunggulan dibandingkan barang aftermarket. Berikut beberapa kekurangan yang mungkin Anda rasakan.

1. Harga yang relatif tinggi

Dengan kualitas dan daya tahan yang ditawarkan, tentu saja ada harga yang harus dibayar. Sebagian besar barang OEM memiliki harga yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan barang aftermarket biasa apalagi barang KW. Jadi selalu berhati-hati agar tidak tertipu penjual yang menjual barang KW dengan embel-embel barang OEM.

2. Tidak terlalu bervariasi

Karena diproduksi sesuai dengan spesifikasi tersendiri, sayangnya suku cadang OEM tidak memiliki variasi sebagai produk aftermarket. Pabrikan aftermarket mampu memproduksi suku cadang dengan jumlah yang banyak yang lebih beragam. Mempermudah Anda untuk meningkatkan maupun mengganti suku cadang sesuai dengan keinginan Anda.

Membeli suku cadang OEM bisa menjadi pilihan untuk perbaikan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Anda bisa membelinya di bengkel resmi maupun melalui marketplace untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Selalu perhatikan kualitas dan keaslian barang OEM agar tidak tertipu dengan komponen aftermarket maupun KW yang dibanderol dengan harga yang lebih murah.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah barang OEM merupakan barang asli?
Barang OEM pada mobil merupakan produk yang digunakan sebagai bagian dari komponen asli dan dipasarkan langsung bersamaan dengan kendaraan tersebut.
Apa saja jenis suku cadang OEM pada mobil?
Ada banyak suku cadang OEM yang bisa ditemukan pada mobil, mulai dari ban, head unit, kaca film, busi, hingga sistem audio.
Apa perbedaan suku cadang OEM dan aftermarket?
Suku cadang OEM merupakan produk dari perusahaan lain yang digunakan secara resmi oleh pabrikan otomotif, sedangkan komponen aftermarket merupakan produk asli yang diproduksi sebagai alternatif pengganti suku cadang yang Anda butuhkan.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top