Antisipasi Virus Corona, Sediakan Ini di Dalam Mobil Anda

02/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Antisipasi Virus Corona, Sediakan Ini di Dalam Mobil Anda
Virus Corona atau COVID-19 telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia. Jangan panik Anda harus tetap tenang, sediakan hal ini untuk keamanan selama berkendara.

Kekhawatiran akan wabah virus corona di Indonesia terjawab sudah. Presiden Indonesia Joko Widodo hari ini Senin (2/3) telah mengkonfirmasi adanya dua warga negara yang terindikasi terinfeksi virus tersebut.

Virus yang  ditularkan antara hewan dan manusia ini menyerang bagian pernapasan. Pada kasus yang cukup parah, menurut situs Organisasi Kesehatan Dunia dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

Nah jika Anda sudah tahu tanda-tanda umum infeksi dari virus corona, selanjutnya lindungi diri Anda dari virus yang satu ini, terutama saat bepergian menggunakan kendaraan. Maka dari itu Cintamobil.com merekomendasikan 4 hal ini ada di dalam mobil Anda.

Cuci Tangan Setelah dan Sebelum Menyetir

Tangan merupakan bagian dari anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kuman yang tidak terlihat oleh mata. Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir kendaraan merupakan hal yang cukup penting untuk menghindari sakit karena masuknya virus ke dalam tubuh.

Gambar menunjukan mencuci tangan untuk mencegah Corona

Sediakan hand sanitizer di dalam mobil Anda

Selain itu, Anda juga harus cuci tangan secara rutin sebelum memegang mulut dan juga hidung menggunakan air mengalir dan sabun cair selama 20 detik. Untuk itu Anda bisa berhenti sejenak membersihkan tangan di stasiun pengisian bahan bakar di sepanjang jalan yang Anda lalui.

>>> Ini Alasan Mengapa Jumlah Baut Velg di Mobil Beda-beda

Namun jika mencuci tangan dengan air yang mengalir cukup merepotkan. Anda bisa menyediakan cairan pembersih seperti hand sanitizer di dalam mobil yang mengandung 70 sampai 80 persen alkohol. Menurut Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto dilansir dari Liputan6 mencuci tangan bisa melindungi seseorang dari infeksi virus corona, "Nomer satu untuk melindungi dari virus corona, bagaimana membersihkan tangan sesering mungkin," kata Agus dalam temu media di Cikini, Jakarta pada Kamis (7/2/2020).

Buat Kabin Mobil Selalu Segar 

Dilansir dari laman Halodoc, virus corona dikatakan penyebarannya sama seperti virus lain pada umumnya. Virus corona bisa ditularkan melalui percikan air liur yang tersebar melalui batuk dan bersin oleh orang yang terinfeksi virus ini.

Sebabnya penting untuk Anda membuat kabin mobil selalu bersih dan segar. Sebagai bahan yang mudah didapatkan kami merekomendasikan biji kopi sebagai pengharum ruang alami yang memiliki efek menenangkan. Untuk membuat kabin selalu sehat jangan lupa untuk menjaga kebersihannya dengan sering-sering membersihkan area kabin dari sisa-sisa bekas makanan.

>>> Mau Tau Harga Mobil Terbaru? Simak link Ini

Sediakan P3K di Dalam Mobil

P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) adalah upaya pertolongan dan perawatan sementara yang dilakukan sebelum mendapatkan pertolongan dari orang yang ahli. Guna membuat perjalanan berkendara semakin aman dan nyaman dari virus corona siapkan juga masker, obat-obatan demam untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak inginkan di dalam kotak P3K di mobil Anda.

Gambar menunjukan masker berwarna putih

Sediakan juga masker di dalam kotak P3K di mobil Anda

Cemilan untuk Energi Lebih Selama Berkendara

Cuaca saat ini tidak menentu dan juga ancaman virus corona, membuat tubuh membutuhkan imunitas yang lebih tinggi agar tidak mudah terserang sakit. Mengisi perut agar tidak kosong selama berkendara merupakan hal yang cukup penting, untuk itu sediakan makanan ringan selama berkendara. Anda bisa menyedikan buah pisang untuk  mengisi perut Anda, selain mudah didapatkan dan dikonsumsi, buah yang satu ini juga baik bagi kesehatan.

>>> Simaklah tips dan trik yang menarik dan berguna lainnya dari para ahli di Indonesia dengan klik sini

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Akibat Corona, Pabrik Hyundai di Korea Selatan Berhenti Produksi

02/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Tidak hanya Cina, dampak penyebaran virus Korona juga menghantam industri otomotif di Korea Selatan, di mana Hyundai menutup lima fasilitas pabrik perakitan mobil di Ulsan.

Lihat juga

UPDATE: Geneva Motor Show 2020 Batal Digelar Akibat Virus Corona

29/02/2020

Pasar mobil

4 menit

Dikarenakan penyebaran virus Corona yang semakin masif di Eropa dan Swiss, membuat pemerintah dan penyelenggara terpaksa membatalkan Geneva Motor Show 2020

Lihat juga

Virus Corona Masuk ke Swiss, Geneva Motor Show 2020 Tetap Berlangsung

28/02/2020

Event - Promosi

2 menit

Penyelenggara Geneva Motor Show, salah satu acara otomotif terkemuka di Eropa, mengkonfirmasi bahwa gelaran tahun ini masih akan berlangsung sesuai jadwal meskipun penyebaran virus Corona Covid-19 sudah memasuki Swiss.

Lihat juga

Efek Virus Corona, Geely Mulai Pasarkan Mobil Secara Online

25/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Akibat penyebaran wabah virus Corona penjualan mobil di Tiongkok alami penurunan. Mengatasi hal ini produsen mobil setempat akan jual mobil secara online.

Lihat juga

Virus Corona Paksa Penjualan Mobil Februari di Tiongkok Turun 70 Persen

25/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Virus Corona di Kota Wuhan tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga penjualan mobil. Dilaporkan penjualan turun hingga 92 persen di Februari 2020.

Lihat juga