Antisipasi Sebelum Terjadi, Ini Bagian Sistem AC Mobil yang Sering Bocor dan Cara Mengatasinya

Antisipasi Sebelum Terjadi, Ini Bagian Sistem AC Mobil yang Sering Bocor dan Cara Mengatasinya
Sebagai salah satu komponen pada mobil yang menjaga agar kondisi kabin senantiasa sejuk dan mempengaruhi kenyamanan Anda selama berkendara, tentunya kalau ada kebocoran pada bagian sistem AC mobil merupakan masalah yang harus Anda tangani dengan segera. Apalagi, problem yang satu ini sebenarnya sangat serius lantaran dampaknya yang bukan hanya soal kenyamanan di dalam kabin saja.

Kebocoran pada sistem AC mobil dapat Anda amati dengan mudah karena adanya tetesan air yang berasal dari bawah dashboard sehingga kabin jadi basah. Akan tetapi, jika tetesan air berjumlah sangat sedikit, Anda tidak perlu cemas karena hal tersebut sebenarnya mengindikasikan normalnya fungsi sistem AC mobil Anda. Sebab, tetesan dalam jumlah kecil itu hanya disebabkan oleh pengembunan di dalam kabin ketika udara melewati evaporator yang akan ditampung oleh bak air serta saluran buang di bawah komponen tersebut. Lain cerita jika tetesan tersebut dibiarkan saja jumlahnya jadi makin banyak, Anda harus mengecek dan mengatasinya dengan segera karena hal tersebut mengindikasikan kebocoran.

>>> Baca di sini untuk hal-hal Yang Bisa Membuat AC Mobil Bermasalah!

Foto kisi-kisi AC yang terletak di dashboard mobil

AC mobil tak hanya mempengaruhi kenyamanan berkendara

Penyebab AC Mobil Bocor

Masalah bocornya sistem AC mobil umum ditemukan pada mobil tua atau mobil bekas, sehingga Anda yang usia kendaraannya masih terbilang muda tak perlu khawatir sama sekali selama Anda teratur melakukan perawatan mobil. Dan bagi Anda yang punya mobil yang usianya sudah tua, sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengganti sistem AC dengan sistem yang lebih baru dan ramah lingkungan.

Lantas, apa penyebab paling umum terjadinya kebocoran pada AC? Seperti yang disinggung sekilas pada penjelasan sebelumnya, terjadinya kebocoran AC dikarenakan adanya masalah pada evaporator. Penyebab utama masalah tersebut umumnya adalah saluran buang rumah evaporator yang tersumbat sehingga air pun menetes dari bawah dashboard dan membasahi kabin. Sumbatan pada saluran pembuangan tersebut dapat diketahui dengan tidak adanya tetesan air dari kolong mobil ketika Anda menghidupkan AC mobil.

Penyebab lain dari sumbatan tersebut bisa jadi adalah lepasnya selang saluran buang yang ada pada rumah evaporator, tikus yang masuk sehingga memakan busa saluran sirkulasi udara, adanya daun kering atau kotoran yang tersedot masuk oleh blower, atau kondisi evaporator yang bocor sehingga menimbulkan gel atau lendir yang tidak bisa mencair dan menyumbat saluran buang rumah evaporator.

>>> Jangan Sepelekan Kisi AC, Begini Cara Merawatnya

Foto Evaporator AC mobil

Evaporator harus dipastkan dalam kondisi terbaik agar bekerja maksimal

Langkah Mudah Atasi Kebocoran AC di Rumah

Kemudian, apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kebocoran tersebut sebelum membawanya ke mekanik? Jangan khawatir, karena langkahnya sangat mudah. Ikuti petunjuk ini, namun pastikan bahwa Anda memiliki keahlian yang memadai untuk menghindari risiko kerusakan lebih jauh!

  • Cek saluran buang AC mobil Anda dan periksa apakah saluran tersebut tersumbat atau tidak. Jika saluran buang sistem AC mobil tersumbat, Anda tidak bisa merasakan adanya hembusan angin yang keluar dari selang pembuangan ketika AC dihidupkan.
  • Masukkan lidi atau benda lentur lainnya ke dalam selang buang, tapi jangan sekali-kali Anda gunakan besi atau kawat yang justru dapat merusak saluran buang. Nyalakan blower dalam kecepatan maksimal atau gunakan kompresor untuk menekan kotoran agar keluar dari selang.
  • Untuk Anda yang mobilnya memiliki saluran buang AC yang panjang, Anda bisa lepaskan selang dari rumah evaporator. Jika Anda melakukan langkah yang satu ini, catat bahwa air yang ada di dalam rumah evaporator bisa saja jatuh ke karpet mobil. Jadi, pastikan Anda sudah siapkan wadah untuk menampungnya agar karpet mobil tidak basah.

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat daftar terlengkap hanya di sini

 Akan lebih baik jika Anda tidak bisa mengatasi sendiri permasalahan AC mobil untuk membawa ke bengkel resmi terdekat, atau di bawa ke bengkel spesialis AC mobil untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan yang diperlukan.

Foto AC double blower pada salah satu mobil Honda

Selain AC di bagian dashboard, kerusakan juga bisa terjadi pada AC langit-langit

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top