Libur Lebaran Usai, Jangan Lupa Perhatikan Kesehatan Mobil Anda!

18/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Libur Lebaran telah usai. Selain kesehatan tubuh,Anda juga perlu perhatikan kesehatan mobil. Apa saja yang harus dilakukan? Simak penjabarannya berikut.

Libur Lebaran telah usai. Masyarakat kembali menjalankan aktivitasnya seperti semula. Sebagian tentu ada yang menggunakan mobil untuk menemani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan mobil Anda agar bisa tetap prima dan nyaman dikendarai nantinya. Apa saja yang harus dilakukan? Simak penjelasannya berikut. 

1. Memanaskan Mobil

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mobil Anda adalah dengan memanaskan mobil rutin setiap hari sebelum dipergunakan atau bahkan ketika tidak dipergunakan sekalipun. Pemanasan mobil ini dilakukan agar sistem pelumasan pada mesin dapat berjalan semestinya, sehingga kondisi mobil akan tetap prima. Umumnya, pemanasan mobil yang ideal bisa dilakukan sekitar 1 hingga 5 menit saja. Pemanasan mobil yang terlalu lama dinilai tidak baik karena akan menyebabkan mesin menjadi overheating.

2. Mengecek Komponen-komponen Umum Mobil

Selanjutnya, Anda harus memeriksa komponen-komponen mobil yang memungkinkan untuk diperiksa sendiri secara rutin. Salah satunya kondisi oli mobil yang dapat dicek menggunakan dipstick. Apabila oli berwarna kekuningan, artinya kondisi mesin masih normal. Tetapi, jika warnanya hitam pekat, maka sudah waktunya Anda ganti oli.  Komponen-komponen lainnya yang harus Anda cek adalah air radiator, aki, level minyak rem, air wiper, dan lampu mobil untuk memastikan mobil dalam kondisi baik.

pentingnya mengecek oli mobil

Gunakan dipstick untuk mengecek kondisi oli mobil

3. Melakukan Perawatan Mobil Secara Berkala

Selain memeriksa komponen mobil, Anda juga harus melakukan perawatan mobil atau servis secara berkala dengan membawanya ke bengkel mobil resmi. Perawatan mobil sebaiknya dilakukan setidaknya 3 bulan sekali, khususnya jika mobil Anda digunakan setiap hari. Perawatan mobil secara berkala ini memberikan beberapa manfaat bagi Anda, di antaranya adalah meminimalisir pengeluaran, mendeteksi kerusakan, mengurangi risiko kerusakan yang lebih parah, serta menjadikan mobil lebih nyaman untuk dikendarai.

>>> 7 Tips Perawatan Mobil di Rumah Buat Para Wanita

4. Menjaga Kebersihan Mobil

Kebersihan dan kesehatan mobil merupakan dua hal yang berkaitan erat. Agar kesehatan mobil tetap terjaga, maka Anda harus rajin membersihkan tidak hanya bagian luar, tetapi juga bagian dalam mobil Anda mumpung sedang libur lebaran. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membersihkan mobil.

5. Mencuci Mobil

Mencuci mobil merupakan hal dasar yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan mobil, khususnya bagian eksterior. Anda bisa mencuci bodi mobil secara menyeluruh dari depan, samping, hingga bagian belakang menggunakan sabun khusus cuci mobil. Mencuci mobil bertujuan untuk melenyapkan kotoran yang melekat pada bodi kendaraan, terutama bila Anda melewati kondisi jalanan yang sangat buruk seperti banjir atau lumpur.

mencuci mobil sebagai salah satu perawatan kendaraan

Salah satu cara perhatikan kesehatan mobil adalah dengan mencuci mobil 

6. Mencuci Kaca Mobil

Selain bodi mobil, yang pastinya harus Anda bersihkan juga adalah kaca mobil. Kaca mobil adalah komponen yang tak kalah penting karena menyangkut visibilitas atau jarak pandang pengemudi. Hujan kerap kali membuat kaca mobil memiliki bercak dan disarangi jamur. Hal ini tentunya sangat mengganggu penglihatan pengemudi. Kaca mobil dapat dibersihkan dengan cairan pembersih kaca dan kain lap fiber.

rutin mencuci kaca mobil

Kaca mobil dapat dibersihkan dengan cairan pembersih kaca

>>> Hyundai Tawarkan Program Happy Healthy Eid, Bisa Steril Mobil

7. Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Meski ruang mesin terlindungi, kebersihannya tetap perlu diperhatikan secara optimal. Namun, Anda harus mengikuti prosedur dan berhati-hati saat membersihkan ruang mesin. Jika tidak, akan ada komponen yang tersenggol bahkan terlepas yang nantinya dapat menimbulkan kerusakan.

>>> THR Udah Turun! Yuk Sisihkan untuk Perawatan Kendaraan

8. Membersihkan Kabin

Selain bagian eksterior, kebersihan interior mobil juga harus diperhatikan. Ada beberapa titik pada kabin yang kerap ditempeli noda dan debu, terkadang bahkan tidak terlihat mata, sehingga diperlukan ketelitian ekstra. Misalnya dashboard, sela-sela pintu, door trim, plafon, karpet dan jok, bagasi mobil. Anda bisa membersihkan bagian-bagian kabin tersebut menggunakan cairan pembersih, lap kering dan vacum cleaner, dengan catatan harus mengetahui terlebih dahulu apa material yang digunakan. Pasalnya, berbeda bahan, berbeda pula cara membersihkannya.

membersihkan bagian interior mobil

Membersihkan interior mobil juga sangat penting sebagai salah satu perawatan kesehatan mobil 

9. Menyiapkan Tempat Sampah di Mobil

Pembersihan mobil yang dilakukan secara berkala akan sia-sia jika pengemudi dan penumpang tidak membuang sampah pada tempatnya. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan tempat sampah di dalam mobil, mengecek, serta membuang sampahnya secara rutin agar tak menimbulkan bau yang tidak sedap. 

Membersihkan mobil dapat dilakukan secara manual oleh Anda sendiri, namun jika tidak memiliki waktu luang, Anda bisa menggunakan jasa cuci mobil terdekat

>>> Cara Merawat Mobil saat Libur Lebaran di Rumah

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top