Amankah Penyemprotan Desinfektan untuk Interior Mobil?

09/09/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Penyemprotan desinfektan kini marak dilakukan pada interior mobil. Tujuannya untuk mencegah virus dan bakteri berkembang. Tapi amankah untuk interior mobil?

Penyemprotan desinfektan tampaknya sudah menjadi hal umum yang dilakukan setahun belakangan. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah mencegah virus corona berkembang sehingga penularan dapat ditekan.

Penyemprotan desinfektan ini tak hanya digunakan untuk menyemprot ruangan, sejumlah dealer juga menyediakannya sebagai salah satu bagian dari perawatan berkala mobil sejak pandemi menyeruak di Tanah Air seperti dilakukan Mitsubishi. 

>>> Memilih Desinfektan yang Aman untuk Membersihkan Mobil

Penyemprotan Desinfektan di Bengkel Mitsubishi Aman untuk Interior

Gambar menunukan Fogging mobil

Penyemprotan desinfektan kian marak belakangan ini

Tapi hal itu justru memunculkan pertanyaan lain. Meski dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona, apakah semprotan desinfektan tak merusak interior mobil? Seperti diketahui bersama, ada kandungan kimia pada semprotan desinfektan yang diduga bisa merusak bagian dalam mobil.

"Desinfektan yang aman untuk digunakan dari studi kami adalah yang mengandung cairan yang direkomen EPA dari Amerika. Dimana, produk tersebut bisa digunakan untuk melawan virus dan bakteri kendaraan tanpa merusak interior kendaraan," ungkap DGH After Sales dan CS Group PT MMKSI Ronald Reagan dalam sesi konferensi pers virtual, Kamis (9/9/2021). 

Lebih lanjut Ronald menjelaskan zat kimia sesuai rekomendasi EPA tersebutlah yang digunakan Mitsubishi di sejumlah dealernya.

Senada dengan Ronald, Brand Ambassador MMKSI Rifat Sungkar pun menyebut semprotan desinfektan itu telah mengusung bahan ramah interior. Meski mengandung zat kimia, desinfektan yang digunakan di sejumlah dealer Mitsubishi tak akan merusak interior mobil.

"Bahan dasar yang digunakan harus waterbase jangan chemical base. Tentu ada waterbase dan chemical base. Kabin kendaraan kan menyerap panas luar biasa dari lua. Untuk kelembaban ruangan kabin mobil juga bisa dikontrol dari waterbase. Jadi bahannya seimbang dari air dan kimiawinya," jelas Rifat dalam kesempatan yang sama.

>>> Wuhan Gelar Pameran Otomotif, Tiap 2 Jam Mobil Disemprot Desinfektan

Semprotan Desinfektan Ditawarkan Lewat 'Health Care Campaign'

Adapun jasa penyemprotan desinfektan yang dilakukan Mitsubishi pada mobil konsumen itu dilakukan melalui program 'Health Care Campaign'. 

desinfektan mitsubishi

Program Health Care Campaign dari Mitsubishi

Kampanye ini ditujukan kepada seluruh konsumen model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia yang berlangsung pada periode 16 Agustus – 18 September 2021. 

Konsumen yang menggunakan layanan fasilitas resmi Mitsubishi Bodi & Cat akan mendapatkan gratis 1 (satu) kali penyemprotan disinfektan yang dapat menciptakan kondisi interior maupun eksterior kendaraan yang bersih dan steril dari virus dan bakteri. Saat ini terdapat 20 bengkel resmi fasilitas Mitsubishi Bodi & Cat yang tersebar di seluruh Indonesia yang siap melayani konsumen.

>>> Punya Ragam Fungsi, Mobil Desa Ikut Bantu Cegah Covid-19 di Indonesia

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top