Ini Dia Aksesoris Interior Mobil yang Harus Anda Miliki Agar Mobil Makin Kece

24/03/2021

Perawatan dan service

3 menit

Aksesoris interior mobil menjadi hal yang membuat tampilan mobil menjadi lebih menarik dan memudahkan pengemudi maupun penumpang selama perjalanan.

Membeli mobil baru tidak hanya harus memahami bagaimana cara merawatnya saja, tetapi juga harus mengetahui aksesoris interior mobil apa saja yang harus ditambahkan. Karena dengan memiliki beberapa aksesoris mobil baru akan membuat lebih nyaman dan aman ketika berkendara.

Kebanyakan pemilik mobil baru masih belum tahu aksesoris apa saja yang harus dibeli. Oleh karena itu informasi ini bisa membantu Anda untuk membeli aksesoris mana yang belum dimiliki dan yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan aksesoris mobil, Anda bisa membelinya di toko aksesoris mobil terdekat ataupun di toko online.

Aksesoris Mobil Interior Mobil Avanza

Gambar seorang sedang membersihkan Interior mobil

Membersihkan interior mobil itu penting

Berbicara aksesoris interior mobil, sebenarnya produsen sudah membuat keadaan di dalam mobil menjadi senyaman mungkin. Namun, adanya tambahan aksesori interior mobil membuat tampilan menjadi lebih menarik dan juga menambah kenyamanan. Terlebih, soal akomodasi di dalam mobil, seperti membawa barang yang banyak dan membutuhkan fitur pada interior mobil. Perlu diingat, menambahkan aksesoris di dalam mobil bukan berarti memodifikasi mobil yang kita miliki.

Aspek keamanan dan keselamatan juga bisa ditambahkan dengan mengaplikasikan aksesoris mobil tambahan. Namun, walaupun aksesoris tambahan ini mempunyai banyak fungsi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan berkendara Anda. Apa saja aksesoris interior mobil Avanza yang harus Anda miliki? Berikut aksesoris interior mobil Avanza yang bisa Anda beli.

1. Console Box

Tempat penyimpanan sangat dibutuhkan jika ruang interior mobil Avanza Anda kurang untuk menaruh barang bawaan seperti handphone, kunci dan lain-lain. Menggunakan console box menjadi solusi yang tepat karena dengan adanya console box membuat Anda tidak ribet untuk menaruh barang bawaan yang Anda bawa.

2. Sarung Jok Anti Air dan Noda

Mengingat mobil Avanza yang menjadi sosok mobil keluarga, maka tidak ada salahnya Anda mengaplikasikan sarung jok anti air dan noda pada mobil Avanza Anda. Dengan menggunakan aksesoris interior mobil ini, maka kejadian seperti air tumpah, muntah, ataupun ompol bayi akan mudah dibersihkan.

3. Car Phone Holder

Tidak bisa dipungkiri lagi, jika di kehidupan sekarang manusia tidak bisa jauh dari smartphone yang dia punya. Dengan berkembangnya zaman, smartphone bisa mengalahkan fitur GPS (Global Positioning System) yang biasanya ada di dashboard mobil. Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda mengoperasikan smartphone yang Anda punya, car phone holder menjadi solusinya.

>>> Panduan Modifikasi Aksesoris Mobil Calya Supaya Makin Elegan

Modifikasi Aksesoris Interior Mobil yang Bisa Anda Lakukan

Modifikasi aksesoris interior mobil tidak bisa dilakukan sembarangan dengan hanya menambahkan aksesoris interior mobil seperti hanya memperhatikan bagian gayanya saja, tapi fungsinya tidak maksimal. Modifikasi aksesoris interior mobil biasanya dilakukan mulai dari pelapis setir, jok, door trim, dashboard, bahkan plafon bisa diubah sesuai selera yang Anda punya. Modifikasi aksesoris interior mobil harus dilakukan dengan baik dan harus mengingat fungsi utama dari interior mobil. Jangan sampai mengurangi kegunaannya.

Gambar menujukkan interior mobil

Gambar interior mobil

Selain itu, memodifikasi interior juga harus memperhatikan dari sisi kenyamanannya, bukan  membahayakan Anda. Misalnya, modifikasi pada bagian jok yang sudah menggunakan airbag. Proses melapis ulang jok tidak bisa sembarangan, karena modifikator harus memastikan kalau airbag tetap bisa berfungsi dengan baik. Atau melapisi stir dengan dengan karbon pada bagian yang salah, seperti hanya dilapisi pada bagian kiri dan kanan. Hal itu berbahaya karena seharusnya pada bagian tersebut dilapisi dengan menggunakan bahan yang tidak licin seperti kulit atau suede.

Aksesoris Mobil Untuk Kenyamanan dan Kemewahan

Salah satu aksesoris interior mobil yang penting adalah sarung jok. Jok merupakan salah satu bagian mobil yang cepat kotor. Oleh karena itu, melapisi jok mobil dengan sarung jok berkualitas adalah hal yang tepat Anda lakukan. Mengganti atau melapisi sarung jok mobil sudah menjadi hal umum yang dilakukan pemilik kendaraan. Karena dengan memberikan lapisan atau sarung yang berkualitas, bisa meningkatkan kenyamanan Anda saat berkendara. Beberapa merek yang beredar di pasaran dikenal mempunyai kualitas yang baik sehingga dapat dijadikan sebagai pilihan aksesoris interior mobil untuk memberikan kesan lebih mewah.

Gambar menunjukkan beberapa aksesoris interior mobil

Gambar Interior Mobil telah modifikasi

Selain sarung jok, menambahkan aksesoris GPS (Global Positioning System) juga menjadi hal yang menambah kenyamanan maupun kemewahan. Mobil keluaran baru rata-rata sudah dilengkapi fitur GPS, namun jika mobil Anda belum dilengkapi dengan fitur GPS, maka menambahkan aksesoris GPS ini sangat tepat. GPS mobil berbeda dengan GPS di smartphone. Perbedaannya adalah GPS mobil tidak perlu menggunakan jaringan internet.

Desain Interior Mobil Yang Menambah Kenyamanan

Sebagai pemilik kendaraan, Anda bisa memodifikasi aksesoris interior mobil yang Anda punya sesuai keinginan. Seperti merubah jok mobil, karpet, stir, audio, head unit sampai penambahan peredam. Dan bisa juga menambahkan aksesoris kabin mobil Anda. Namun, sebelum memutuskan untuk memodifikasi aksesoris iinterior mobil, sebaiknya Anda pikirkan terlebih dahulu aspek kebutuhan dan fungsinya. Bukan hanya sekedar untuk gaya saja. Begitu juga dalam penambahan aksesoris di dalam mobil.

Salah satu penambahan aksesoris kabin mobil yang bisa Anda terapkan adalah dengan menambahkan tray table atau meja lipat. Di dalam sebagian kabin mobil tidak disediakan meja lipat. Padahal, sebenarnya meja lipat ini sendiri sangat berguna sekali. Dengan adanya meja lipat, Anda bisa menggunakannya untuk apa saja yang Anda perlukan seperti makan, tempat laptop untuk bekerja ataupun menaruh barang supaya bisa mudah dijangkau.

>>> Cara Membersihkan Interior Mobil Supaya Terlihat Seperti Baru

Aksesoris Dashboard Mobil Yang Paling Dibutuhkan

Aksesoris mobil dashboard yang paling mudah didapatkan dan juga dibutuhkan salah satunya adalah anti slip. Aksesoris ini seperti karpet berbahan dasar karet yang berfungsi untuk menjaga barang yang Anda letakkan di dashboard agar tidak terjatuh. Anti slip ini tidak akan membuat permukaan dashboard rusak karena penggunaannya tidak memerlukan lem. Cukup letakkan anti slip di bagian permukaan dashboard dan Anda langsung bisa menggunakan aksesoris ini.

Selain anti slip, dashcam juga salah satu aksesoris dashboard yang dibutuhkan. Dashcam sangat berfungsi untuk menemani perjalanan Anda sehari-hari dan bisa merekam setiap kejadian yang terjadi di jalan. Selain itu, dashcam juga berfungsi sebagai bukti saat terjadi kecelakaan atau hal lain yang tidak diinginkan.

Aksesoris Mobil Sedan yang Bisa Anda Tambahkan

Mobil sedan biasanya dijuluki dengan sebutan mobil mewah, salah satunya karena pajak dari kendaraan tersebut cukup tinggi dibandingkan dengan mobil penumpang lainnya. Walaupun dengan tampilan yang sudah cukup bergaya, aksesoris mobil jenis sedan ini juga bisa Anda tambahkan. Ini dia aksesoris mobil sedan yang bisa Anda gunakan.

Gambar menunjukkan aksesoris interior mobil

Ada banyak aksesoris yang bisa ditambahkan pada mobil

Head Unit Android

Sebelum membeli kamera mobil 360 derajat atau kamera mundur, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengganti head unit lama dengan head unit baru yang mendukung sistem operasi Android agar memiliki fitur lebih lengkap dan layar lebih jernih. Biasanya, rata-rata head unit Android juga dilengkapi dengan sistem navigasi GPS (Global Positioning System) dan mendukung aplikasi pemetaan, seperti Google Maps dan Waze.

Tempat Sampah Mobil

Dengan tampilan sedan yang mewah, tidak ada salahnya menambahkan aksesoris interior mobil berupa tempat sampah untuk menjaga kebersihan di dalam mobil sedan Anda. Selain aksesoris mobil di atas, sebenarnya masih banyak sekali aksesoris lainnya yang penting. Tapi perlu diingat lagi bahwa pakailah aksesoris sesuai dengan kebutuhan.

Nama-nama Aksesoris Eksterior Mobil yang Perlu Anda Tahu

Selain aksesoris interior mobil, aksesoris eksterior mobil juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Aksesoris eksterior mobil dapat memperkuat style mobil yang Anda miliki. Beberapa aksesoris eksterior yang bisa digunakan antara lain:

  • Velg variasi
  • Sticker
  • Body kit
  • Rear spoiler
  • Chrome door handle
  • Talang air

Selain aksesoris eksterior yang disebutkan di atas, masih ada lagi pilihan aksesoris lainnya. Aksesoris tersebut bisa disesuaikan dengan tipe mobil yang Anda punya, sehingga tampilan mobil menjadi lebih menarik.

>>> 7 Aksesoris Mobil Xenia yang Bikin Mengemudi Nyaman, Wajib Punya!

Nama-nama Aksesoris Interior Mobil

Kondisi interior mobil merupakan salah satu cara menilai perawatan sebuah mobil. Jika bagian interior terlihat masih terawat dan orisinil, bisa dipastikan bagian-bagian lain dari mobil tersebut juga mendapatkan perlakuan yang sama dari pemilik mobil. Ini dia bagian nama-nama interior mobil yang perlu Anda tahu:

  • Dashboard
  • Stir
  • Tuas persneling
  • Jok
  • Karpet
  • Plafon

Mobil menjadi salah satu transportasi yang dibutuhkan orang saat ini. Jika Anda ingin mencari mobil yang sesuai dengan keinginan, Anda bisa mengunjungi situs Cintamobil.com.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Di mana bisa membeli aksesoris mobil?
Anda bisa membeli di toko jual aksesoris mobil atau beberapa bengkel di Indonesia. Jika tidak ada waktu, bisa mencari di beberapa situs online seperti Shopee, Tokopedia, dll
Aksesoris penting dalam mobil termasuk apa saja?
Menurut situs Suzuki, aksesoris terpenting dalam mobil itulah Handphone dan Phone Holder, Head Unit Android dan GPS, Charger USB, Tempat Sampah Mini, Portable Vacuum Cleaner, Purifier, Kamera Mobil, GPS Tracker, Organizer, Pompa Ban Elektrik.
Aksesoris mobil yang dilarang apa saja?
Lampu Strobo atau Rotator, Plat Nomor, Knalpot Racing dan Lampu HID Terlalu Terang adalah 4 aksesoris yang dilarang dipasang di mobil pribadi.

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top