Agar Senantiasa Lancar, Berikut Tips Perawatan Pintu Geser Manual Pada MPV

18/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Agar Senantiasa Lancar, Berikut Tips Perawatan Pintu Geser Manual Pada MPV
Meski minim perawatan, pintu geser manual juga perlu diperhatikan kondisi komponennya

Selain pintu geser elektrik, beberapa MPV juga dilengkapi dengan pintu geser manual. Meski masih belum menggunakan tombol untuk membuka atau menutup pintu, namun pintu geser manual memiliki kelebihan seperti relatif lebih bebas masalah dan mudah dalam perawatan. Namun seiring usia pakai, pintu geser manual acap kali terasa berat atau bahkan macet saat dioperasikan. “Karena sering dibuka tutup, perhatikan kondisi rel dan bearing pada pintunya, karena sering kali terhambat atau macet di pergerakan rel dan bearingnya,” sahut Suyono, mekanik Tunas Daihatsu Pondok Gede, Bekasi.

>>> 4 Cara Merawat Sunroof Mobil, Mudah Tapi Jangan Asal

Foto jalur pada pintu peser manual

Hindari mencuci dengan air bertekanan tinggi di area rel atau jalur pada pintu geser manual karena dapat membuat gemuk atau pelumas berkurang

Pelumasan menjadi hal yang paling penting dalam merawat pintu geser manual, agar kondisi rel dan bearing dapat terhindar dari keausan. Sehingga, jika pergerakkan pintu mulai tersendat atau mengeluarkan bunyi gesekan, hampir bisa dipastikan bahwa pelumasan rel dan bearing pada pintu mulai kering akibat pemakaian dan cuaca. Sehingga, pemberian gemuk mutlak diperlukan. “Hati-hati saat pemberian gemuknya, jangan terlalu banyak karena justru dapat membuat debu dan kotoran mudah hinggap,” wanti Yono, panggilan akrab mekanik serba bisa ini.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Foto ilustrasi membersihkan rel dan jalur pada pintu geser manual

Jangan lupa untuk membersihkan dengan cairan penetran dan memberikan gemuk dengan jumlah normal pada rel atau jalur pada pintu geser manual

Selain pelumasan, kondisi karet pintu gesel manual juga mempengaruhi kondisi rel dan bearing-nya. Terlebih karena faktor cuaca (panas dan hujan) dalam jangka waktu panjang, dapat membuat kondisi karet getas dan sobek. ”Karet pada sliding door juga berfungsi untuk mencegah agar air atau panas masuk kedalam rel atau bearing pintu,” tambahnya. Untuk pencegahan, hindari juga membuka pintu dalam waktu lama. Hal ini membuat karet terbuka lebar karena pergerakan rel, sehingga debu pun rawan hinggap pada mekanisme pintu geser. 

>>> Simak juga tips perawatan mobil lainnya di sini

Foto pintu geser manual pada Daihatsu Gran Max

Meski minim perawatan, kondisi pintu geser manual juga perlu diperhatikan

Selain karena usia pakai, berkurangnya daya lumas pada pintu geser manual juga dapat terjadi akibat perawatan yang keliru. Contohnya saat mencuci mobil dengan air bertekanan tinggi, ”Maka dikhawatirkan air yang deras dapat menyusup ke rel pintu,” ujar Yono. Akibatnya, gemuk atau pelumas pada pintu dapat luruh. Oleh karena itu, disarankan untuk hati-hati saat mencuci mobil dengan air bertekanan tinggi, khususnya pada daerah seputar rel pintu geser manual.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

 
back to top