Ada Larangan Mudik Bukan Berarti Mobil Tak Perlu Perawatan Jelang Lebaran Ya!

25/04/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Adanya larangan mudik Lebaran tahun ini bukan berarti mobil jadi tak butuh perawatan. Justru sebaliknya, bisa manfaatkan beragam promo servis menjelang Lebaran.

Pemerintah kembali mengeluarkan larangan mudik Lebaran 2021. Kebijakan yang mengulang dari tahun sebelumnya ini diharapkan dapat menekan risiko penyebaran Covid-19 yang lebih masif. Sebab Lebaran adalah momentum dimana jutaan maysarakat Indonesia berangkat mudik ke kampung halamannya untuk bertemu keluarga demi saling bersilaturahmi.

Tetapi adanya larangan mudik Lebaran bukan berarti mobil tidak perlu dilakukan perawatan. Sebab jika lalai dalam perawatan berkala kendaraan, maka bisa saja terjadi masalah pada mobil tersbeut saat hendak digunakan di momen-momen penting.

Ronald Reagan, Deputy Group Head of After Sales Planning and Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menuturkan, perawatan kendarana adalah hal yang perlu dilakukan meskipun mobil jarang digunakan.

>>> Larangan Mudik Jadi Tambah Lama, Ini Aturannya!

1. Pastikan Mesin Mobil Rutin Dipanaskan

Lebih lanjut Ronald menyarankan, jika mobil jarang digunakan lantaran Lebaran tahun ini tidak dipakai mudik, maka sebaiknya tetap lakukan perawatan secara berkala. Cara paling mudah adalah dengan memanaskan mesin mobil secara rutin.

"Minimal panaskan mesin 3 hari sekali, kalau tidak bisa 1 minggu sekali, kalau tidak bisa juga minimal dua minggu sekali. Jangan sampai hingga sebulan mobil tidak pernah dipanaskan," katanya dalam video conference, Rabu (21/04/2021).

Servis Ganti Oli Mitsubishi

Kalau mobil terlalu lama tidak dipanaskan mesinnya, sebaiknya ganti oli terlebih dulu

Ia menyebutkan jika mobil terlalu lama dalam kondisi mesin dingin, maka selain aki mobil yang bisa soak, oli pun dapat mengendap dalam oil pan (bak penampungan oli). Jika oli sudah terlanjur mengendap, maka pada saat mesin kembali dihidupkan, bakal ada bagian dari dinding komponen mesin yang tidak terlumasi dengan sempurna yang pada akhirnya akan membuat lapisan dinding komponen tersebut terkikis.

"Kalau smapai sebulan tidak pernah dipanaskan, sebaiknya diperiksa dulu olinya, kalau ragu bisa panggil bengkel resmi Mitsubishi terdekat untuk dilakukan home service penggantian oli," jelas dia.

>>> Waspada Bahaya Isi Oli Mobil Melebihi Batas Maksimum

2. Manfaatkan Promo Servis Menjelang Lebaran

Meskipun ada larangan mudik Lebaran tahun ini, namun sejumlah produsen otomotif di Indonesia ternyata tetap menggelar promo layanan purna jual menjelang Hari Raya Idul Fitri. Satu diantaranya Mitsubishi yang tetap melaksanakan program "Lebaran Service Fair". Pada promo yang digelar 1-31 Mei 2021 itu, MMKSI memberikan promo diskon jasa servis 10%, diskon part 20%, hingga diskon pembelian ban standar sebesar 30% di seluruh jaringan dealer resmi Mitsubishi.

Bengkel Resmi Mitsubishi

Menjelang Lebaran biasanya banyak promo servis dan diskon sparepart

Semua promo ini dapat juga dinikmati par apelanggan yang hendak memanfaatkan layanan home service Mitsubishi dengan lebih dulu melakukan booking service. "Semua program Lebaran campaign ini berlaku untuk semua kendaraan penumpang Mitsubishi," sebut Ronald. Disamping promo Lebaran Service Fair itu, menurut Ronald beberapa dealer resmi Mitsubishi juga akan tetap buka di hari libur Lebaran.

3. Tetap Lakukan Servis Berkala di Bengkel Resmi

Walaupun harus merayakan Lebaran di rumah akibat adanya larangan mudik, maka jika sudah waktunya masuk jadwal servis berkala, sebaiknya lakukan perbaikan di bengkel resmi. Sebab selain bisa dijamin hasil kualitas pengerjaan perbaikan serta keaslian komponen yang digunakan, rutin servis di bengkel resmi juga dapat menambah nilai jual kembali mobil Anda jadi lebih tinggi.

Servis Mobil Mitsubishi

Tiap servis di bengkel resmi akan dapat sertifikat dari Mitsubishi

Apalagi untuk seluruh jaringan dealer resmi Mitsubishi Motors di Indonesia akan memberikan sertifikat resmi. Sertifikat ini diberikan sebagai bukti jika kendaraan Anda selalu mendapatkan perawatan berkala sesuai standar Mitsubishi dan dilakukan oleh inspektor Mitsubishi yang bersertifikat pula.

>>> Review Mitsubishi Xpander Sport AT 2020: Xpander Paling Rasional

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top