8 Tips untuk Menjaga Rem Tahan Lama

8 Tips untuk Menjaga Rem Tahan Lama
Apakah Anda akhirnya menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki dan mengganti rem mobil Anda? Menjaga rem dan menjaga rem tahan lama merupakan salah satu tugas mudah, tapi sering dilupakan.

Bagi beberapa pengemudi rem bisa diganti atau diperbaiki bisa menjadi masalah umum. Dan, biasanya orang akhirnya menyalahkan produsen mobil. Kenyataannya, bagaimanapun, adalah bahwa cara menggunakan rem mobil Anda, sama pentingnya dengan kondisi mereka sebagai kualitasnya. Ada beberapa cara untuk menjaga rem tahan lama, diantaranya.

1. Hindari berkendara dengan kecepatan yang tinggi

Kecepatan bisa membunuh! Saat berkendara dengan kecepatan tinggi, jangan coba berhenti seketika. Sebagai gantinya, melakukan pengereman secara bertahap dilakukan untuk sementara waktu agar menurunkan kecepatan. Ini akan membantu mengurangi keausan pada rem Anda.

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi

Hindari kecepatan tinggi dan kelebihan beban

2. Jangan terlalu banyak membawa barang

Banyak beban ekstra tidak boleh dibawa di mobil Anda. Beban yang tidak perlu harus dikeluarkan untuk menghemat rem Anda. Semakin banyak beban mobil, maka akan semakin singkat umur pemakaian rem Anda.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

3. Jangan ikuti orang banyak

Terkadang kita melakukan pengereman karena orang lain sedang mengerem. Kita harus sadar akan sekeliling kita dan saat pengereman dibutuhkan. Jadi, biasakan untuk memperhatikan kendaraan sendiri dan keadaan sekitar daripada fokus kepada salah satu kendaraan di depan.

Gambar yang menunjukan arus lalu lintas yang padat pada daerah persimpangan

Perhatikan lingkungan dan arus lalu lintas

4. Perhatikan lingkungan sekitar anda

Menyadari lingkungan sekitar dan mengetahui di mana Anda harus berhenti dan dapat menghemat rem. Jika lampu lalu lintas menunjukkan untuk berhenti, pelan-pelan sebelum melakukan pengereman.

5. Lakukan servis berkala

Pemeriksaan rutin pada rem memastikan bahwa segala sesuatunya diperbaiki sebelum menjadi lebih rumit. Ini berarti rem Anda akan bertahan untuk waktu yang lama. Menghabiskan sejumlah kecil uang masih akan menyelamatkan Anda dari penggunaan banyak uang untuk memperbaiki rem yang rusak parah.

Gambar yang menunjukan seorang mekanik yang sedang menuangkan cairan rem pada mobil

Selalu lakukan perawatan berkala mobil dan cek minyak rem

6. Periksa level minyak rem

Minyak rem harus diperbaharui secara teratur. Jika Anda memiliki kendaraan yang lebih tua lakukan pembaruan secara berkala. Bila Anda rutin menambah minyak rem, rem akan bekerja lebih baik dan komponennya akan bertahan lebih lama.

>>> Baca juga Cara ampuh menggunakan rem yang benar 

7. Coasting

Pengereman yang keras memberi tekanan dan sobekan pada bantalan rem Anda. Perlambatan yang teratur dan cepat dari kecepatan tinggi dapat menyebabkan ketegangan yang tidak perlu pada rem Anda. Saat mengemudi, cobalah meluncur sebentar, kurangi kecepatan Anda baru tekan pedal rem. Ini akan membuat rem Anda bertahan lebih lama.

Gambar yang menunjukan seorang pria yang sedang tertutupi oleh dasi dengan minuman yang hampir terbuang

Cara mengerem yang tergesa-gesa bisa membahayakan

8. Perencanaan waktu yang baik

Anda dapat melakukan beberapa perjalanan dalam seminggu misalnya, mengemudi dari rumah ke tempat kerja dan kembali atau bergegas ke pertemuan perusahaan. Sebagian besar perjalanan ini mungkin akan tergesa-gesa yang mempengaruhi cara Anda menyetir.

Berikut cara mengecek dan menjaga rem tahan lama yang bisa Anda aplikasikan

Melakukan akselerasi dan kemudian melambat dapat menyebabkan ketegangan pada rem Anda yang mengganggu fungsi rem itu sendiri. Oleh karena itu, rencanakan perjalanan terlebih dahulu dan selalu pastikan memiliki cukup waktu untuk berkendara dengan kecepatan yang normal untuk menjaga rem tahan lama.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top