8 Aksesoris Mitsubishi Triton Buat Bikin Ganteng Sekaligus Fungsional

17/03/2021

Perawatan dan service

5 menit

Berikut ini beberapa pilihan aksesoris Mitsubishi Triton yang bisa dipakai sebagai penunjang tampilan namun juga berguna ketika dibutuhkan di medan ekstrim.

Aksesoris Mitsubishi Triton biasanya dipakai untuk beberapa tujuan. Mulai dari membuat tampilannya lebih gagah, sampai terpasang karena memang dibutuhkan. Karenanya sebenarnya desain Mitsubishi Triton 2020 sudah sangat tampan sehingga dengan sedikit sentuhan saja, penampilannya jadi makin maskulin.

Apalagi mengingat Triton adalah kendaraan pick up tangguh besutan Mitsubishi yang juga banyak dipakai di medan pertambangan atau perkebunan, maka ada beberapa aksesoris selain untuk penampilan juga berguna demi keperluan melintas di medan-medan tersebut.

Yuk kepoin apa saja aksesoris Mitsubishi Triton yang dapat mendukung aktifitas Anda di jalan yang cukup ekstrim tapi sekaligus juga membuat sosok mobil ini jadi tambah keren.

1. Mitsubishi Triton Suspension Lift

Mitsubishi Triton Suspension Lift

Dibuat jangkung biar makin aman saat diajak offroad

>>> Mitsubishi Kirim 3 Kendaraan Tanggap Darurat untuk Korban Bencana Alam

Pada kondisi standar, Mitsubishi Triton sudah punya kemampuan offroad yang baik. Sebab mobil ini menggunakan mesin yang bertenaga. Pilihannya ada mesin 4N15 2.442 cc Diesel Turbo Intercooler berdaya 100 PS dengan torsi 324 Nm, mesin 2.477 cc 4D56 Diesel Turbo Intercooler 81 PS 200 Nm, dan mesin 4N15 MIVEC 2.442 cc Diesel Turbo Intercooler 133 PS 430 Nm.

Selain itu, ground clearance mobil ini untuk tipe tertinggi mencapai 220 mm (milimeter). Tapi tentunya, terkadang medan di pertambangan atau perkebunan sering kali lebih ekstrim dari yang diduga. Disinilah dibutuhkan pemasangan supension lift untuk Mitsubish Triton. Dikutip dari Carsguide, Selasa (16/03/2021), Anda bisa pilih yang punya ketinggian sekitar 20-40 mm. Beberapa produk suspension lift juga ada yang dibekali komponen penguat suspensi per daun pada bagian belakang. Ini tentu lebih baik guna memberikan pengendalian tetap sempurna saat mobil sudah lebih jangkung. Untuk merk suspension lift Mitsubishi triton, Anda bisa pilih produk dari ARB, Ironman 4x4, atau TJM.

2. Velg dan Ban Mitsubishi Triton

Mitsubishi Triton Velg

Tampilan keren dengan velg besar

Ketika suspensi sudah lebih tinggi, maka biar performa Mitsubishi triton di medan ekstrim makin baik juga perlu didukung roda yang mumpuni. Disini pemilihan ban dan velg bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kalau mobil hanya dipakai untuk menunjang aktifitas pekerjaan Anda, maka bisa pilih velg diameter 16 inci dengan lebar 7 inci yang dibalut ban tipe All Terrain (A/T) berukuran 245/70 R16. Tapi kalau mobil juga masih suka dibawa ngeceng di pusat perbelanjaan atau coffeshop bersama teman-teman tongkrongan, maka boleh pilih velg 18 inci lebar 7,5 inci dengan ban 265/60 R18. Dijamin, Mitsubishi triton Anda jadi makin tampan.

3. Mitsubishi Triton Bull Bar

Mitsubishi Triton Bull Bar

Pakai bull bar sebagai pelindung dan meletakkan beberapa aksesoris offroad lain

Punya paras yang sudah maskulin, tentunya membuat Mitsubishi Triton 2020 atau yang lawas tetap terlihat menarik dari berbagai sisi. Tapi kalau mau makin ganteng, bisa pasang aksesoris berupa bull bar.

Keberadaan aksesoris Mitsubishi Triton yang menggantikan bemper standar ini tentu akan melindungi bagian depan mobil jika terjadi tubrukan misalnya kala melakukan kegiatan offroad. Selain itu, bull bar juga bisa jadi tempat meletakkan winch, lampu tembak, sampai antena radio komunikasi.

>>> Kiat Memilih Lampu Sorot Mobil, Aksesoris Offroad yang Banyak Digandrungi

4. Mitsubishi Triton Tow Bar

Mitsubishi Triton Bull Bar

Aksesoris ini akan berguna untuk menarik beban

Aksesoris Mitsubishi Triton lainnya yang juga tidak salah jika Anda pasang pada Triton kesayangan yaitu tow bar. Pada dasarnya Mitsubishi Triton punya kemampuan menarik benda hingga seberat 3 ton. Jadi aksesoris ini juga akan berguna manakala Anda sesekali ingin berkemah dan membawa mountain bike atau bahkan trailer kemping.

Sebaiknya pilih tow bar yang memang didesain khusus untuk Mitsubishi Triton sebab nantinya Anda tak butuh lagi penyesuaian saat hendak memasangnya. Dan pilih juga material yang berkualitas agar komponen ini bisa berguna bukan cuma sekedar pajangan.

5. Mitsubishi Triton Roof Rack

Mitsubishi Triton Roof Rack

Pilihlah yang bobotnya cukup ringan tapi pakai material berkualitas

Sebagai mobil petualang sejati, Mitsubishi Triton tentu harus bisa memenuhi berbagai kebutuhan pemiliknya. Termasuk saat hendak digunakan menjelajah ke alam liar. Nah demi kebutuhan mengangkut banyak barang bawaan, pastilah mobil juga perlu ditambahkan roof rack untuk meletakkan beberapa barang di bagian atap.

Tentunya ada banyak sekali produsen yang menawarkan aksesoris Mitsubishi Triton berupa roof rack. Namun sebaiknya pilihlah roof rack yang cukup ringan tapi menggunakan material berkualitas. Sehingga alat ini bisa untuk meletakkan beberapa barang seperti tas, tenda, atau sepeda, tanpa terlalu menambah beban berlebih bagi kendaraan tersebut.

6. Mitsubishi Triton Canopy

Mitsubishi Triton Canopy

Gunakan canopy yang mudah akses buka tutupnya

Kondisi bak belakang yang terbuka seringkali menimbulkan sejumlah masalah baru saat Anda membawa barang. Antara lain barang tersebut mudah kotor atau terguyur hujan. Nah solusinya adalah memasang aksesoris Mitsubishi Triton berupa canopy.

Jenis canopy Mitsubishi Triton juga cukup banyak, ada yang hanya berupa kain lembut, pelat fiberglass lengkap dengan rollernya, sampai yang dilengkapi juga dengan kaca jendela. Ada baiknya pilih yang mudah untuk di buka tutup dan memiliki sistem penguncian sentral yang terintegrasi dengan central lock mobil.

>>> Review Mitsubishi New Triton HDX D-Cab 4WD M/T 2019: Makin Istimewa Sebagai Mobil Pekerja

7. Mitsubishi Triton Side Step

Mitsubishi Triton Side Step

Ada beberapa kegunaan dari aksesoris ini bagi Anda

Komponen yang sering kali dianggap remeh ini sebenarnya amat berguna. Apalagi jika kondisi mobil sudah lebih tinggi dari aslinya, maka butuh pijakan untuk memudahkan memasuki kendaraan tersebut.

Kemudian komponen ini juga bisa berfungsi menghindari bagian bodi samping dari penyok akibat terkena batu saat Anda melintasi medan kasar. Untuk pilihan produknya, lebih baik cari aksesoris yang genuine part dari Mitsubishi untuk memastikan komponen terpasang presisi dan kualitasnya terjamin.

8. Mitsibishi Triton Snorkel

Mitsubishi Triton Snorkel

Snorkel berguna saat melintasi medan air dalam

Demi kebutuhan offroad baik itu hanya sekedar hobi di akhir pekan atau memang bagian dari tugas harian Anda, maka pemasangan aksesoris Mitsubishi Triton ini juga cukup penting. Snorkel memungkinkan udara yang masuk ke ruang mesin berasal dari udara yang posisinya ada di atas kap mesin. Dengan begitu ketika mobil masuk ke air yang cukup dalam, maka mesin tak akan mudah kemasukan air. Aksesoris ini pun berguna misalnya jika mobil dipakai untuk evakuasi saat bencana alam banjir.

Untuk produk snorkel, ada banyak sekali merk dari produsen aftermarket yang menyediakan. Tapi kalau mau cari yang berkualitas, satu diantaranya adalah merk Safari 4x4 yang memang menyediakan snorkel untuk sejumlah mobil 4x4.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top