7 Tips Perawatan Mobil di Rumah Buat Para Wanita

24/04/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai bentuk perawatan mobil di rumah yang sangat mudah dilakukan untuk para wanita pemilik kendaraan.

Perawatan mobil bukan hanya didominasi sebagai kegiatan para pria, namun wanita juga harus senantiasa merawat kendaraan pribadinya. Sebab dengan kondisi mobil yang selalu terjaga "kesehatannya", maka kendaraan tersebut bisa siap digunakan kapan saja kemana saja tanpa perlu khawatir terjadi masalaah di perjalanan.

Sayangnya banyak dari kaum hawa ini yang merasa kegiatan perawatan mobil di rumah adalah sesuatu hal yang sulit. Alasan tidak mengerti tentang mesin adalah yang sering kali dilontarkan. Padahal, merawat mobil tidak harus paham benar tentang mesin. Cukup mengerti apa saja yang wajib diperhatikan dari kondisi kendaraannya itu.

Tegar Ardisura Raharja, Head of Marketing and Promotion Strategy Section PT Mitsubsihi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membagikan tips bagaimana cara perawatan mobil di rumah yang bisa dilakukan oleh para wanita.

>>> Ini Cara Mitsubishi Manjakan Pelanggan Wanita di Hari Kartini

1. Cek Kondisi Oli Mesin

Wanita Cek Oli Mesin Mobil

Perhatikan kondisi pelumas mesin mobil melalui dipstick oli

Hal yang perlu rutin dilakukan sebagai bagian dari perawatan mobil berkala adalah memeriksa kondisi pelumas mesin.

"Misalnya dengan memperhatikan level oli mesin dengan dipstick oli," kata Tegar melalui video conference, Rabu (21/04/2021).

Untuk melihat level oli mesin ini, maka pastikan dulu mobil dalam kondisi mesin masih dingin atau belum di starter. Kemudian tarik batang dipstick kemudian bersihkan dipstick dengan kain lap dan masukkan kembali dipstick. Setelah itu tarik kembali dipstick untuk melihat level oli pada batang dipstick. Kalau level oli kurang dari batas minimum, maka cukup tambahkan oli dengan spesifikasi yang serupa.

2. Cek Air Radiator

Langkah berikutnya yang harus diperhatikan para wanita pemilik mobil adalah air radiator. Pastikan kadar air selalu ada di level maksimum. Jika kurang tambahkan dengan radiator coolant yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan mobil tersebut, jangan dengan air keran di rumah. Cek juga level air radiator yang ada di tabung reservoir.

Tabung Reservoir Air Radiator

Pastikan kondisi air radiator dan air wiper di tabung reservoir ada di batas maksimum

3. Cek Wiper

Tahapan berikutnya, para wanita bisa memeriksa kondisi wiper mobil tersebut. Cek kondisi karet-karetnya dan juga air wiper.

>>> Cara Mengatasi Mobil Mogok untuk Wanita

4. Cek Minyak Rem

Yang tak kalah penting dari pemeriksaan perawatan mobil secara berkala adalah memeriksa level cairan rem (brake fluid). "Kalau kondisi cairan ada di bawah indikator normal, tambahkan saja. Tapi pastikan cek di kondisi jalan dengan permukaan rata," kata Tegar.

5. Cek Tekanan Angin Ban

Cek Tekanan Angin Ban Mobil

Untuk menambahkan angin ban bisa gunakan air compressor portable

Meskipun mobil jarang digunakan, Tegar menyarankan untuk tetap selalu mengecek kondisi keempat ban di kendaraan tersebut. Termasuk memastikan tekanan angin ban selalu sesuai dengan yang direkomendasikan. Kalau tekanan angin berkurang, bisa ditambah sendiri meggunakan alat portable air compressor yang dapat dibeli di toko-toko online.

Tegar juga menyarankan, para pengemudi wanita sebaiknya menyiapkan alat Tire Repair Kit yang juga disediakan di dealer resmi Mitsubishi. Karena alat ini sangat berguna ketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan pada ban mobil seperti bocor. Sebab alat ini bukan hanya membantu menambal lubang kebocoran tapi juga menambah angin ban tersebut jika kempes. Sehingga Anda bisa langsung kembali melanjutkan perjalanan hingga menemukan lokasi tambal ban atau bengkel ban terdekat.

"Ini tentu akan berguna terutama bagi pelanggan wanita yang tidak terbiasa melakukan penggantian ban secara darurat di perjalanan," kata dia.

6. Rutin Panaskan Mesin

Hal yang penting lagi untuk perawatan mobil di rumah yang disarankan untuk selalu dilakukan terutama bagi para wanita adalah wajib secara rutin memanaskan mesin. Karena kalau mobil terlalu lama diam maka nantinya akan mempengaruhi kualitas oli akibat oli yang mengendap pada bak penampungan oli (oil pan).

"Sebaiknya mesin mobil selalu di panaskan minimal 3 hari sekali atau 1 minggu sekali. Kalau sampai 1 bulan tidak dinyalahkan oli bisa saja mengendap. Dan ketika mesin akan kembali dihidupkan, maka ada bagian mesin yang butuh pelumasan tapi tidak dapat pelumasan yang cukup akibat olinya terlalu mengumpul di oil pan. Kalau sudah seperti itu sebaiknya panggil bengkel home servis dulu untuk dilakukan penggantian oli," jelas Tegar.

Tombol Start Stop Engine

Panaskan mesin mobil minimal tiga hari sekali

7. Jangan Lupa Bersihkan Kendaraan

>>> Review Lexus UX 200 F SPORT AT 2020: Pilihan Kaum Hawa Sosialita

Perawatan mobil juga bukan hanya di sektor teknikal. Namun kebersihan kendaraan itu juag perlu diperhatikan. Minimal seminggu sekali mobil dibersihkan bagian eksterior dan interiornya. Bersihkan juga dengan anti bacterial treatment untuk menghilangkan bakteri atau kuman yang mungkin mengendap akibat mobil jarang digunakan.

Itu tadi beberapa hal yang bsia dilakukan para wanita dalam merawat kendaraannya. Tak perlu setiap hari kok, cukup tiga hari sekali atau sepekan sekali.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top