7 Perbaikan Kecil yang Bisa Meningkatkan Harga Jual Mobil Anda

7 Perbaikan Kecil yang Bisa Meningkatkan Harga Jual Mobil Anda
Jika anda bersiap-siap untuk menjual mobil anda, melakukan perbaikan kecil mungkin layak untuk dilakukan. Melakukan perbaikan dan membersihkan komponen di dalam mobil dipercaya bisa meningkatkan harga jual kembali mobil.

Ketika anda ingin menjual mobil anda, melakukan perbaikan kecil bisa menghasilkan nilai jual yang lebih tinggi. Berikut beberapa perbaikan mudah yang bisa diterapkan untuk meningkatkan harga jual kembali mobil menjadi lebih dari jutaan bahkan bisa lebih tinggi.

1. Perhatikan penerangan

Tidak ada yang menyukai mobil dengan lampu yang redup. Ada banyak produk pembersih lampu beserta penutup plastik yang bisa membuat lampu menjadi terang kembali hanya dalam hitungan menit. Jika anda menggunakan pembersih jendela untuk membersihkan headlight, tentu saja tidak akan bekerja dengan baik karena pembersih jendela tidak digunakan untuk itu.

Gambar yang menunjukan mobil yang berkendara pada subuh hari

Lampu merupakan komponen penting dalam berkendara

2. Roda yang bersinar

Sama seperti sepatu, sebenarnya roda menjadi salah satu item yang dilihat dalam memperhatikan penampilan mobil. Roda yang terlihat baru bisa menambah kilau kendaraan dan nilai potensial mobil Anda sehingga menambah daya jualnya. Luangkan waktu untuk membersihkan kotoran, debu, dan semua lumpur yang mengering, serta lap dengan pengkilap ban untuk dinding ban yang berkilau.

>>> Baca juga: 5 Hal yang Harus Diingat Ketika Memilih Mobil Bekas

3. Perhatikan cat mobil

Anda merasa cat mobil sudah memudar? Jangan repot-repot untuk mengganti cat dengan yang baru. Cukup dengan memberikan wax serta menyemir kembali bisa memberikan kesan ‘baru’ pada mobil anda. Jaga kilau mobil dengan mencuci mobil, tanpa gunakan sabun pencuci piring atau ‘Sunlight’. Selalu gunakan produk pencuci atau shampo mobil yang sudah disediakan khusus untuk membersihkan mobil.

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang membersihkan dan memoles mobil

Perhatikan cat mobil dan berikan sedikit polesan

4. Lakukan perbaikan kecil

Jika lampu depan atau lampu belakang mobil sudah pernah terbakar, segera ganti dengan yang baru. Selain itu, pastikan bahwa tidak ada lampu peringatan menyala di dashboard Anda. Jika lampu tersebut ada yang menyala, segera periksa untuk mengetahui apa yang harus diperbaiki.

5. Perhatikan perawatan mobil Anda

Tentu saja, Anda selalu melakukan perawatan dengan teratur dan mengganti semuanya, namun, bisakah Anda membuktikannya? Inilah sebabnya Anda seharusnya menyimpan struk pemeliharaan dan perbaikan di mobil. Selain memberikan bukti, catatan perbaikan yang tertata rapi bisa menunjukan kepada pembeli bahwa anda benar-benar peduli terhadap mobil dan menjaga mobil anda. Jika Anda mempunyainya, tentu saja akan membuat harga mobil anda lebih besar dibandingkan toko sebelah.

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang membersihkan jok mobil dengan vacuum cleaner

Bersihkan juga interior mobil dengan seksama

6. Bersihkan bagian dalam

Keluarkan semua karpet mobil dan bersihkan. Jika Anda menemukan lubang besar atau kotoran yang membuat karpet terlihat kusam dan jelek, sebaiknya anda membeli karpet baru. Lalu, perhatikan juga bagian lainnya, seperti dashboard, jok kulit, atau bagian atap. Gosok dan cuci dengan bersih. Perhatikan juga pembersih yang Anda pakai, bahan interior mobil berbeda dengan peralatan rumah tangga yang Anda miliki.

>>> Baca juga tips perawatan mobil lainnya disini

7. Jangan jual mobil dalam keadaan tergores atau penyok

Karena penyok dapat diperbaiki, pastikan untuk memperhatikan setiap lengkungan yang ada pada bagian bodi mobil. Beberapa goresan sederhana bisa mengurangi harga yang bisa Anda dapatkan ketika menjual mobil. Banyak goresan bisa di cat ulang. Untuk penyok, banyak bengkel-bengkel yang bersedia membantu Anda menghilangkan penyok tersebut.

Gambar yang menunjukan ayah dan anak membersihkan mobil berwarna merah

Bersihkan bagian luar dari goresan dan penyok

Untuk meningkatkan harga jual kembali mobil, sebenarnya tidak terlalu susah. Dari awal, jika Anda benar-benar menjaga mobil Anda, tentu saja harga jualnya menjadi lebih tinggi. Namun, sedikit perbaikan bisa memberikan sentuhan akhir yang bisa membuat Anda mendapatkan lebih banyak uang dari mobil Anda.

 >>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top