7 Langkah Membersihkan Karpet Mobil Dengan Mudah

12/10/2020

Perawatan dan service

3 menit

7 Langkah Membersihkan Karpet Mobil Dengan Mudah
Tak cukup karpetnya yang bagus, kebersihannya juga harus dijaga agar penampilan tetap menarik. Berikut 7 langkah membersihkan karpet mobil dengan mudah!

Interior menjadi bagian paling berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Karenanya, produsen berlomba menghadirkan mobil dengan interior terbaik. Namun itu belum cukup. Untuk mendapatkan kenyamanan maksimal peran pemilik sangat dibutuhkan. Paling tidak, pemilik harus menjaga agar interior dalam kondisi terbaik seperti menjaga kebersihan.

Karpet mobil

Piranti satu ini memang bukan komponen vital. Akan tetapi keberadaannya sangat penting dalam menunjang kenyamanan berkendara. Selain meredam kebisingan dalam kabin, karpet mobil membuat penampilan interior makin elok.

Tinggal pemiliknya yang ‘bertugas’ menjaga karpet mobil tetap memberikan kenyamanan, memastikannya tetap terawat, selalu bersih dari segala kotoran dan debu.

>>> Kenali 4 Jenis Karpet Mobil Berdasarkan Bahannya

Foto menunjukkan karpet mobil bersih terawat

interior yang nyaman interior yang bersih dari kotoran dan debu

Membersihkan karpet mobil dengan mudah

Bagi sebagian orang, membersihkan karpet mobil sering kali jadi beban. Mereka lebih memilih membayar orang lain untuk mengerjakan tugas tersebut dibanding mengerjakannya sendiri.  Sebenarnya membersihkan karpet mobil tidak seberat yang dibayangkan, masih jauh lebih ringan dibanding usahanya saat ingin punya mobil.

Cobalah melakukan sendiri karena hal itu juga tak sulit dilakukan. Berikut 7 langkah membersihkan karpet mobil dengan mudah!

  1. Keluarkan dari mobil. Langkah pertama ini penting agar proses pembersihan lebih mudah serta kotoran tidak jatuh ke lantai mobil.
  2. Cuci dengan air bersih. Cuci karpet menggunakan air bersih. Bisa menggunakan selang dan penyemprot, atau disiram menggunakan air di ember.
  3. Gunakan shampoo / detergen. Untuk merontokkan kotoran dan debu yang menempel gunakan shampoo atau detergen yang telah dicampurkan di air.
  4. Gunakan sikat bila diperlukan. Jika ada kotoran membandel sulit dibersihkan memakai air sabun menggunakan kain, gunakan sikat cuci agar kotoran lebih mudah terangkat. Jangan menggunakan sikat berbulu kawat untuk menghindari kemungkinan merusak karpet.
  5. Jemur di tempat berangin. Setelah dirasa cukup dan tak ada lagi kotoran menempel, jemur di tempat terbuka dan berangin agar lebih cepat kering
  6. Usahakan tidak menjemur di bawah terik matahari langsung. Langkah ini untuk menjaga agar warna karpet tidak cepat pudar.
  7. Pastikan sudah kering sebelum dipasang kembali. Jemur sampai benar-benar kering sebelum karpet kembali dipasang di dalam mobil. Tujuannya agar tidak menimbulkan bau tidak sedap.

Foto mencuci karpet mobil

Bersihkan karpet secara berkala agar kotoran tidak menumpuk

Cara membersihkan karpet mobil di atas bisa diterapkan pada karpet pelapis berbahan sintetis, karet, dan PVC coil. Sedangkan untuk karpet berbahan beludru sebaiknya hindari pencucian dengan air agar tekstur beludru tidak rusak. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu, atau hair dryer untuk mengeringkan tumpahan air.

Cara serupa juga diterapkan untuk membersihkan karpet dasar mobil yang biasanya terbuat dari fabric. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran-kotoran kecil yang menyelinap di sela-sela. Dengan membersihkan sendiri karpet mobil seperti di atas paling tidak bisa menghemat pengeluaran. Selain itu interior mobil juga bersih dan lebih nyaman dikendarai.

>>> Jaguar Land Rover Siap Beralih ke Interior Mobil Ramah Lingkungan

>>> Baca tips dan trik seputar perawatan mobil di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top