7 Komponen Mobil yang Harus Anda Cek Saat Wisata Jarak Dekat

02/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Agar perjalanan jadi lebih nyaman dan aman, pastikan Anda mengecek komponen mobil berikut ini.

Berencana untuk melakukan wisata jarak dekat pada Idul Fitri 1442 H ini bersama keluarga? Selain memperhatikan kondisi fisik, mau perjalanan jauh ataupun dekat, Anda juga tetap perlu mengecek kondisi mobil agar perjalanan tetap nyaman dan aman. Nah, apa saja yang perlu Anda cek komponen mobil? Simak di sini!

1. Oli Mesin

Cek oli mesin

Pastikan oli cukup selama di perjalanan

Hal pertama yang perlu Anda cek adalah oli dan pastikan jika batas waktu (kilometer) pemakaian oli masih cukup selama di perjalanan. Apakah oli mesin memiliki volume yang cukup dengan mengeceknya melalui stik oli. Levelnya harus berada di garis antara icon L dan F dan sedikit di bawah garis level F.

2. Air Radiator

Air Radiator

Lakukan pengecekan air radiator secara berkala

Yang perlu dicek adalah apakah air radiator terisi penuh dan air reservoir di batas level. Jika Anda menemukan selang radiator dan penghubung ke reservoir menggelembung atau retak, segera ganti untuk menghindari selang pecah di tengah jalan.

>>> Ngabuburit Yuk dengan Bersihkan Jamur Kaca Mobil

3. Kondisi Filter dan Selang Bensin

Kondisi Filter dan Selang Bensin

Pastikan filter dan selang bensin dalam kondisi bersih

Filter dan selang bensin juga jadi komponen yang harus Anda periksa. Pastikan keduanya tidak mengalami keretakan, kebocoran, atau tersumbat. Memang biasanya jika Anda melakukan servis berkala, filter bensin dalam kondisi bersih, tapi tak ada salahnya untuk Anda cek.

4. Putaran Kipas Pendingin atau AC

Putaran Kipas Pendingin atau AC

Cek pendingin mesin mobil sebelum bepergian

Biasanya komponen mobil ini seringkali terlewati untuk dicek. Perhatikan jarum pointer penunjuk temperatur untuk mengecek apakah pendingin mesin mobil oleh kipas berjalan normal. Jika melebihi garis tengah, itu artinya mesin cukup panas tetapi masih aman. Namun, jika lebih dari setengah, sebaiknya berhenti dan tunggu mesin mobil dingin lalu periksa kondisi air pendingin.

>>> Rekomendasi Service AC Mobil Jakarta, Ada yang 24 Jam!

5. Timing Belt

Timing Belt

Ganti timing belt jika sudah tempuh banyak kilometer

Cek timing belt yang sudah digunakan. Anda bisa berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer di speedometer. Jika telah digunakan 50.000 km, ada baiknya untuk diganti dengan yang baru.

6. Level Minyak Rem

minyak rem

Jangan lupa untuk mengecek level minyak rem

Cek komponen mobil lainnya adalah level minyak rem. Jika berkurang dari batas level minimal, ada kemungkinan terjadi kebocoran. Cek sistem rem pada selang dan master rem. Cek juga apakah ada basah di bagian dalam velg yang menjadi tanda kebocoran silinder roda.

>>> Deretan Honda Civic Modifikasi, dari Elegan sampai Sporty

7. Kelengkapan Dongkrak Mobil

Dongkrak mobil

Selalu sedia dongkrak di mobil

Selalu sedia dongkrak dalam bagasi mobil Anda. Karena ada beberapa kondisi yang membutuhkan dongkrak, seperti ban mobil kempes karena bocor atau meletus. Anda tidak pernah tahu keadaan darurat yang menimpa di tengah jalan, jadi pastikan untuk selalu antisipasi.

Nah, itu dia 7 komponen mobil yang perlu Anda cek sebelum perjalanan. Semoga perjalanan Anda dan keluarga menyenangkan!

>>> Baca artikel tips & trik seputar otomotif lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top