6 Tips Memilih Setir Mobil Racing: Kepraktisan atau Estetika?

24/03/2020
Tak sedikit yang menggunakan setir mobil racing untuk menghadirkan tampilan yang lebih sporty. Tapi bagi Anda yang ingin berkreasi, perhatikan beberapa faktor berikut ini.

Bagi sebagian orang, terutama penggemar otomotif maupun balapan, setir adalah komponen interior yang menghadirkan kesan sporty pada kendaraan. Bahkan tak jarang sebagian pengemudi menggunakan setir mobil racing untuk mobil mereka. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda akan menggunakan setir racing. Berikut diantaranya.

Faktor memilih setir mobil racing

Setir merupakan sistem mekanis utama yang menghubungkan pengemudi dengan kendaraannya. Setiap input dari tangan akan diterjemahkan untuk menggerakkan kendaraan. Saat ini, ada 2 tipe dasar roda kemudi yang tersedia; versi OEM dan roda kemudi aftermarket. Banyak yang mengoprek kendaraan mereka yang menggunakan setir aftermarket.

Ketika Anda akan memilih roda kemudi, jelas Max Papis Inc, ada dua faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Yaitu kepraktisan atau pengaplikasian serta estetika. Dikarenakan setir merupakan komponen penting dalam pengendalian kendaraan, kenyamanan dan presisi adalah kunci utama dalam mendapatkan pengemudian yang menyenangkan.

berbagai jenis setir mobil berwarna hitam
Ada banyak pilihan setir mobil yang bisa Anda gunakan

Selain itu, ukuran serta tampilan setir tak bisa ditinggalkan ketika Anda akan mengganti setir OEM dengan setir mobil racing. Saat ini, ada banyak setir aftermarket yang bisa Anda dapatkan, semuanya memiliki perbedaan ukuran, bentuk, pola, hingga harga. Dalam segi estetika, perhatikan bagaimana setir akan mempengaruhi tampilan serta kenyamanan Anda berkendara.

>>> Kenapa Posisi Setir Mobil Wajib Lurus Saat Parkir, Ini Jawabannya

1. Ukuran

Ukuran merupakan satu faktor penting dalam memberikan pengendaraan yang nyaman selama di jalan. Diameter roda kemudi yang diukur dalam satuan inci. Diameter roda kemudi biasanya berkisar antara 14 inci hingga 17 inci. Sedangkan pegangan setir berkisar antara 2 ¾ inci hingga 4 ¼ inci. Menentukan ukuran roda kemudi bergantung pada referensi dan cara mengemudi Anda.

tangan yang sedang memegang setir mobil berwarna hitam
Pemilihan ukuran sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara

Dilansir dari Build Torqued, jika Anda berencana untuk menggunakan mobil sebagai pengendaraan sehari-hari, menggunakan setir berukuran sama dengan setir OEM bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Tetapi untuk modifikasi mobil bergaya sporty, Anda bisa mempertimbangkan setir yang lebih kecil. Karena setir yang lebih kecil membutuhkan upaya lebih untuk berputar.

>>> Selain Demi Keselamatan, Ini Posisi Tangan di Setir Mobil yang Baik Buat Kesehatan

2. Bentuk

Beberapa pertimbangan memilih setir dengan ukuran atau diameter yang lebih besar adalah menghadirkan gaya klasik pada mobil. Namun memiliki pengaruh terhadap visibilitas selama berkendara. Untuk menghadirkan kesan sporty pada mobil, Anda bisa menggunakan setir bergaya open top dan flat bottom.

setir flat bottom berwarna hitam
Banyak setir mobil racing menggunakan versi flat bottom

Bentuk roda kemudi balap formula klasik adalah open top (bagian atas yang terbuka) dengan bagian bawah datar (flat bottom). Open top akan menawarkan visibilitas yang lebih tinggi tanpa mempengaruhi kemampuan mengemudi. Bagian bawah yang rata memudahkan Anda untuk keluar mobil. Dikarenakan sebagian mobil sport memiliki posisi duduk yang rendah.

>>> Mengenal Setir Flat Bottom dan Tujuannya untuk Kenyamanan Berkendara

3. Dish

Apa yang dimaksud dengan dish pada setir? Dish merupakan jarak (biasanya diukur dalam milimeter) dari lingkar kemudi ke titik tengah setir. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi ukuran dish; jarak dari setir ke pengemudi, serta jarak dari tangan ke tuas sein atau wiper untuk memudahkan Anda selama berkendara. Jika dish terlalu lebar, bisa mengganggu visibilitas. Namun jika terlalu kecil, akan menyusahkan Anda ketika berbelok.

bagian tengah setir berwarna hitam
Perhatikan jarak dish dengan tangan untuk kenyamanan berkendara

>>> Setir Terasa Bergetar? Cek 5 Komponen Ini

4. Ketebalan grip

Roda kemudi juga memiliki berbagai ketebalan genggaman atau grip. Untuk pembalap yang sering menggunakan sarung tangan ketika berkendara lebih memiliki lingkar kemudi yang lebih tipis. Sebaliknya, untuk pengendaraan sehari-hari, perlu diperhatikan bahwa lingkar kemudi yang lebih tebal akan terasa lebih nyaman bagi sebagian besar pengemudi.

5. Pola baut

Meskipun terdengar sepele, pastikan untuk menemukan roda yang sesuai dengan pola baut pada setir Anda. Sebagian besar setir menawarkan pola baut universal. Untuk ukuran standar, baut yang digunakan adalah 6x70 mm (2 ¾ inci). Beberapa setir diproduksi dengan tujuan tertentu, sehingga memiliki pola baut yang berbeda dibandingkan setir pada umumnya.

>>> 3 Pilihan Bahan Retrim Stir Mobil yang Bikin Tampilan Interior Makin Keren

rangkaian pola baut setir berwarna hitam
Sebagian mobil memiliki pola baut yang tak biasa

>>> Merawat mobil kini semakin mudah jika sudah tahu tips dan triknya. Klik untuk simak tips dan trik merawat mobil dari ahli otomotif Indonesia

6. Bahan/lapisan

Namun diantara faktor utama yang mempengaruhi pemilihan setir, ada berbagai opsi yang ada di pasa aftermarket Tanah Aiir. Salah satunya adalah dengan pertimbangan material pelapis setir, mulai dari bahan fabric, kulit, suede, atau alcantara. Pilihan ini bisa disesuaikan dengan keinginan dan sangat dipengaruhi oleh kenyamanan, preferensi tekstur, serta daya tahan.

Membeli setir baru merupakan keputusan penting untuk menjamin keselamatan serta kenyamanan Anda selama di perjalanan. Perbedaan bentuk, ketebalan, dan ukuran patut dipertimbangkan. Masih bingung mendapatkan setir mobil racing yang pas untuk kendaraan Anda? Jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar di bawah ini biar Cintamobil.com membantu Anda.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain