6 Indikasi untuk Mempertimbangkan Mengganti Bantalan Rem Mobil

6 Indikasi untuk Mempertimbangkan Mengganti Bantalan Rem Mobil
Menjaga rem merupakan salah satu fitur keselamatan yang aling penting bagi setiap pengendara. Sayangnya, perawatan rem seringkali terlupakan. Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti bantalan rem menjadi salah satu tips berkendara yang aman.

Untuk menjaga sistem rem kendaraan, anda harus memperhatikan kondisi bantalan rem mobil anda. Secara umum, semakin banyak anda mengemudikan mobil, maka akan semakin banyak bantalan mobil tergores dan akhirnya menjadi habis. Berikut adalah 6 tanda yang memberitahu anda kapan waktu yang tepat untuk mengganti bantalan rem.

1. Rem kehilangan reaksinya

Bantalan rem memberikan pengaruh yang besar ketika anda melakukan pengereman. Perhatikan ketika rem anda sudah tidak terlalu responsif atau tidak bereaksi dengan semestinya. Jika rem anda tidak responsif atau jika pedal terkesan seperti ‘tenggelam’ ketika anda menekan rem, hal ini mengindikasikan kebocoran pada sistem pengereman.

Seorang montir yang sedang menuangkan oli pada bagian mesin

Selalu ganti oli pada rem secara berkala

Kebocoran yang terjadi bisa terdapat pada selang rem (kebocoran udara) atau pada cairan rem. Satu tanda kebocoran cairan rem adalah adanya genangan cairan kecil saat mobil diparkir. Cairan rem terlihat mirip dengan oli yag masih baru, tapi dengan tekstur yang ‘berlendir’.

2. Getaran

Jika anda menekan pedal rem dan merasakan adanya getaran pada bagian pedal yang konstan saat anda mencoba mengerem, hal ini umumnya dikenal sebagai “denyutan rem”. Getaran yang terjadi sama seperti adanya tarikan balik pada pedal rem anda ketika anda menekan rem.

Bantalan rem yang sudah aus sedang diukur dengan penggaris

Bantalan bisa melengkung dan aus

Pedal rem yang bergetar atau berdenyut seringkali terjadi karena bantalan rem yang melengkung karena panas. Getaran ini biasanya juga disebabkan oleh rem yang aus. Terkadang, anda harus mengganti bantalan rem untuk mengatasi masalah ini.

3. Tarikan

Meskipun sebuah mobil yang melaju ke satu sisi jalan bisa menunjukan beberapa hal yang berbeda, seperti penyelarasan roda yang keluar, tarikan pada mobil bisa mengindikasikan bahwa bantalan rem perlu diganti. Hal ini juga berarti adanya benda asing pada cairan rem. Anda mungkin memerlukan penyesuaian pada rem atau mengeringkan cairan pada rem dan menggantinya.

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang melaju pada kecepatan tinggi dan sedang berbelok

Jika mobil anda 'menarik' anda, perhatikan ketidaksesuaian pada rem

Jika anda merasakan kendaraan seperti ditarik ke satu sisi tanpa menggunakan kemudi, besar kemungkinan bantalan rem anda sudah tidak rata. Tapi, jika mobil tertarik sementara mobil mengemudi dengan kecepatan konstan tanpa mengerem, hal ini bisa berarti masalah perbaikan yang berbeda.

>>> Baca juga Kapan kampas rem harus diganti?

4. Bunyi klik

Untuk menjaga komponen pada mobil anda, anda harus bisa merespons setiap keanehan yang terjadi pada mobil anda. Beberapa komponen mobil memberikan suara yang mengindikasikan kesalahan tertentu, misalnya suara “klik” ketika anda melakukan pengereman.

Perhatikan waktu menukar bantalan rem dibawah ini

Semua produsen mobil memasang perangkat yang mencegah bantalan rem berderak ketika rem digunakan. Saat anda mendengar bunyi gemuruh atau bunyi bising saat menekan rem, hal ini adalah indikator bahwa anda harus mengganti bantalan rem yang baru.

5. Suara melengking

Selain bunyi 'klik', pengemudi harus mendengarkan suara melengking atau bernada tinggi yang terjadi saat rem ditekan sampai habis. Bagian logan shim yang mengelilingi bantalan rem adalah penyebab suara ini. Logam ini bertindak sebagai indikator untuk mengingatkan anda untuk mengganti bantalan rem anda.

Sepatu berwarna coklat yang sedang menekan pedal rem pada mobil

Perhatikan keadaan rem ketika menekan pedal

Suara yang terjadi pada bantalan rem ini bervariasi dari waktu ke waktu. Tapi, untuk mendengar lebih jelas suara ini, cobalah untuk menutup jendela. Bunyi ini seringkali tertutup oleh bunyi musik atau radio yang anda dengarkan. Jadi, cobalah untuk memperhatikan dan mendengarkan dengan seksama suara yang dihasilkan oleh rem.

>>> Baca juga tips perawatan mobil lainnya disini

6. Suara menggiling

Saat anda mendengar suara menggiling ketika anda menekan rem, sepertinya kabar buruk sudah menghantui anda. Suara menggiling mengindikasikan bahwa bukan hanya bantalan rem yang harus diganti. Suara gerinda tersebut biasanya disebabkan oleh rem cakram dan kaliper rem tergosok secara bersamaan karena bantalan rem benar-benar aus.

Gambar yang memperlihatkan bagian bantalan rem dan rem pada roda depan

Jika sudah ada suara menggiling, segera ganti bantalan rem anda

Jika hal ini terjadi, anda mungkin perlu mengganti cakram rem (rotor logam) atau setidaknya membawa mobil anda ke bengkel untuk diperiksa. Melakukan perawatan berkala akan mencegah anda mengganti bagian rem yang lebih mahal, seperti cakram rem.

Sebagai pemilik kendaraan, anda harus mengerti dan bersikap cepat tanggap untuk memperbaiki jika menemukan kejanggalan pada mobil anda. Jika anda sudah merasakan perbedaan atau suara-suara yang tidak biasa, cobalah untuk memeriksanya. Jika anda membiarkan pertanda yang sudah diberikan rem anda, besar kemungkinan anda akan merogoh kocek dalam untuk menganti komponen yang lebih mahal Suara yang tercipta ketika mengerem sudah menjadi waktu yang tepat untuk mengganti bantalan rem.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top