6 Bahan untuk Membersihkan Dashboard Mobil Ala Auto2000

17/10/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
6 Bahan untuk Membersihkan Dashboard Mobil Ala Auto2000
Siapa bilang membersihkan dashboard mobil perlu bahan khusus. Dilansir dari Auto2000, berikut 6 bahan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan dashboard.

Jangan lupakan untuk selalu membersihkan interior mobil secara berkala. Namun pengerjaannya tentu saja tak bisa sembarangan. Apalagi banyak komponen kelistrikan yang bisa bermasalah ketika perawatan tak sesuai dengan seharusnya. Agar tidak salah, simak 6 tips membersihkan dashboard mobil dari Auto2000 di bawah ini.

1. Interior cleaner

membersihkan dashboard mobil dengan interior cleaner
Interior cleaner merupakan produk paling ampuh membersihkan dashboard

Bagi Anda yang tak ingin ribet dalam membersihkan dashboard, Anda bisa membeli interior cleaner yang juga bisa digunakan untuk membersihkan interior mobil. Cukup dengan meratakan interior cleaner pada seluruh bagian dashboard, lalu diamkan selama 15 menit agar cairan bekerja dengan maksimal. Gunakan kain microfiber atau kanebo untuk membersihkan. Ulangi kembali jika masih ada noda membandel.

>>> Bersihkan Dashboard dan Kursi Sambil Ngabuburit #DiRumahAja

2. Sikat berbulu halus

membersihkan dashboard mobil dengan sikat berbulu
Gunakan sikat berbulu halus agar tidak merusak dashboard

Ada berbagai material yang digunakan pada dashboard. Terlebih untuk dashboard dengan material soft-touch, Anda bisa menggunakan sikat berbulu halus. Keunggulannya yaitu bisa menjangkau bagian yang sulit dicapai oleh tangan. Pastikan untuk menggunakan sikat dengan bulu yang tak kasar untuk menghindari lecet pada dashboard.

3. Tisu bayi

membersihkan dashboard mobil dengan tisu bayi
Anda bisa membersihkan noda dengan menggunakan tisu bayi

Tak perlu menunggu waktu lama untuk sekadar membersihkan bagian dalam interior. Anda bisa membersihkan dashboard menggunakan tisu bayi. Bahkan yang lembut serta kelembapan yang ditawarkan mampu menghilangkan noda-noda maupun debu yang menempel pada dashboard dibandingkan menggunakan kain kering.

>>> Jangan Salah, Begini Cara Merawat Dashboard Mobil

4. Alat penyedot debu

membersihkan dashboard mobil dengan alat penyedot debu
Gunakan alat penyedot debu untuk mengangkat debu-debu membandel

Anda bisa menggunakan alat penyedot debut untuk membersihkan dashboard mobil. Alat yang cukup kecil ini bisa membersihkan debu pada dashboard dengan mudah. Mampu menjangkau proses pembersihan menjadi lebih mudah dan cepat.

>>> Inilah Alasan Anda Tidak Boleh Meletakkan Kaki di Atas Dashboard

5. Baking soda

baking soda berwarna putih di dalam toples
Gunakan baking soda untuk membersihkan dashboard

Untuk membersihkan dashboard menggunakan baking soda, tuangkan seperempat cangkir baking soda ke dalam botol ditambah sepertempat cangkir cairan cuci piring dan air hangat. Aduk dan kocok hingga kedua bahan tersebut bercampur dengan rata. Gunakan cairan tersebut untuk membersihkan dashboard mobil.

6. Pasta gigi

pasta gigi berwarna hijau di atas meja
Hindari menggunakan pasta gigi terus menerus pada dashboard

Bahan sehari-hari yang sangat berguna dalam hal-hal yang berhubungan dengan kebersihan mobil, baik eksterior maupun interior. Anda bisa membersihkan dashboard dengan mengoleskan pasta gigi ke bagian dashboard secara merata, lalu gosokkan pasta gigi menggunakan kain yang lembut. Hindari menggunakan pasta gigi terus menerus, mengingat pasta gigi memiliki bahan pemutih yang bisa merusak.

>>> Berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik hanya ada di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Dashboard dan Pilar A Tembus Pandang ala Konsep Kyocera Moeye

07/10/2020

Mobil baru

3 menit

Berbagai teknologi canggih disematkan pada mobil konsep Kyocera Moeye terbaru, diantaranya sistem dashboard dan pilar A yang terlihat bagaikan tembus pandang.

Lihat juga

Sangat Bahaya Jika Belum Paham Arti Simbol Pada Dashboard Mobil

22/01/2019

Perawatan dan service

2 menit

Pernahkah Anda mengamati indikator pada dashboard mobil? Apakah lampu indikator yang tertera banyak menyala? Jika iya, maka dipastikan ada beberapa kesalahan pada komponen mobil Anda baik dalam hal pengereman, kurangnya aki atau hal lainnya. Untuk memastikan lebih jauh komponen apa yang tidak berfungsi baik, maka menjadi hal penting bagi Anda untuk mengetahui arti simbol pada dashboard mobil.

Lihat juga

Jangan Salah, Begini Cara Merawat Dashboard Mobil

29/06/2020

Perawatan dan service

3 menit

Salah dalam perawatan membuat penampilan interior kendaraan kurang menarik. So, begini cara merawat dashboard mobil yang benar, meski hanya sebulan sekali.

Lihat juga

Cegah Virus Corona, Begini Cara Membersihkan Layar Sentuh Dashboard

04/04/2020

Perawatan dan service

2 menit

Selain kemudi dan panel instrument, jangan lupa untuk membersihkan layar sentuh dashboard. Namun pembersihannya perlu diperhatikan agar tidak merusak layar.

Lihat juga

Meski Praktis, Ada Bahaya Meletakkan Barang Di Atas Dashboard

16/10/2019

Pengemudian

3 menit

Area dashboard yang kosong dan lapang sering merangsang pengendara memasang aksesoris maupun berbagai hiasan. Sebagian lagi menjadikannya tempat yang praktis untuk meletakkan barang-barang kecil. Meski demikian harus diketahui, ada bahaya meletakkan barang di atas dashboard terutama di atas area airbag.

Lihat juga