5 Tips Menjaga AC Mobil Selalu Dingin

21/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

AC mobil yang selalu dingin dapat meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Lalu, bagaimana caranya menjaga agar AC mobil selalu dingin? Ikuti tips ini!

AC mobil adalah salah satu fitur mobil yang sangat dibutuhkan terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar. Saat cuaca panas, AC dapat memberikan kenyamanan dengan suasana udara yang sejuk. Sementara ketika hujan, AC dalam mobil dapat mencegah munculnya kabut pada bagian kaca. Namun seringkali AC dalam mobil tidak dingin. Ini justru menjadi masalah yang cukup mengganggu kenyamanan di dalam mobil.

Ketika merasakan AC dalam mobil tidak dingin, mungkin Anda berpikir bahwa telah terjadi kebocoran pada freonnya. Kenyataannya, AC dalam mobil yang tidak dingin bukan hanya disebabkan oleh freon bocor saja. Ada beberapa hal penting yang wajib Anda lakukan agar AC dalam mobil selalu dingin. 

1. Tutup Kaca Jendela Selama AC Menyala

Cara sederhana agar AC dalam mobil selalu dingin adalah dengan selalu menutup kaca jendela mobil selama berkendara. Membuka kaca jendela ketika AC dalam mobil menyala hanya akan membuat kinerja AC bertambah berat. Ditambah lagi, debu dan kotoran menjadi lebih mudah masuk dan dapat merusak kinerja pendingin AC. 

kaca mobil harus ditutup saat ac nyala

Hindari membuka kaca ketika ac mobil nyala agar debu tidak masuk pada filter ac

2. Jangan Menyalakan AC Langsung Saat Mobil Dihidupkan

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengendara mobil adalah terburu-buru ingin menghidupkan AC ketika baru saja menyalakan mesin mobil. Kebiasaan ini tanpa disadari justru akan semakin merusak sistem pendinginan pada AC. Pastikan ketika Anda akan mematikan mobil, AC dalam keadaan mati kemudian jika ingin menjalankannya tunggu beberapa saat hingga mesin mobil kinerjanya sudah cukup stabil.

3. Jaga Stabilitas RPM Ketika Berkendara

Tahukah Anda bahwa Revolution Per Minute (RPM) berpengaruh pada kondisi AC mobil?  Putaran RPM yang kecil akan memengaruhi kinerja AC dalam mobil Anda. Oleh karena itu usahakan untuk mengendarai mobil dengan kecepatan yang stabil. 

memperhatikan rpm saat berkendara itu penting

Mengendarai mobil dengan kecepatan yang tidak stabil dapat berpengaruh pada kondisi ac

>>> 5 Penyebab Mesin Mobil Berat saat AC Menyala

4. Atur Suhu yang Tepat

Pengaturan suhu AC juga berpengaruh  pada dingin atau tidaknya mesin AC dalam mobil Anda. Usahakan untuk mengatur AC pada kondisi yang diperlukan saja. Artinya hindari menyetel suhu paling rendah dan blower pada tingkat tinggi. Jika kebiasaan tersebut selalu dilakukan, bukan tidak mungkin kerjanya jadi lebih berat dan umur komponen AC tidak panjang. Tingkat fan AC cukup berada di level satu saja. Untuk suhu sebenarnya pada tingkat satu juga sudah dingin. Hindari pengaturan suhu lebih dari atau mendekati tingkat maksimal. 

5. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Kondisi kabin mobil yang berdebu atau kotor dapat memengaruhi kebersihan AC dalam mobil Anda juga. Karpet, lantai, plafon, jok, dan kabin mobil haruslah rutin dibersihkan. Interior mobil yang kotor bisa menghambat kinerja filter AC sehingga tidak bisa mengeluarkan dingin sebagaimana yang Anda harapkan. Penting sekali untuk selalu memastikan bahwa bagian kabin dan jok mobil selalu bersih dari debu. 

kabin mobil yang bersih akan memengaruhi kinerja ac

Kabin mobil yang bersih memengaruhi kinerja AC mobil anda

>>> Filter Kabin Mobil Bisa Jadi Alat Cegah Virus Corona

Kondisi AC dingin adalah salah satu yang memengaruhi kenyamanan Anda dalam mengendarai mobil. Jika tidak nyaman, menyetir pun terasa tidak tenang. AC juga jadi salah satu kebutuhan penting untuk membangun mood kerja dan mobilitas lainnya. Jadi, jangan remehkan kondisi AC dalam mobil Anda, ya. Tips-tips di atas bisa Anda terapkan agar AC mobil selalu dingin.

>>> Evaporator AC Mobil Berlendir Penyebab Kabin Jadi Panas dan Bau Apek

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top