5 Tips Memilih Aksesoris Mobil yang Baik

24/02/2021

Perawatan dan service

3 menit

5 Tips Memilih Aksesoris Mobil yang Baik
Sebagaimana membeli mobil yang harus teliti, membeli aksesorisnya juga harus teliti dan tidak asal-asalan. Berikut ini tips memilih aksesoris mobil yang baik.

Aksesoris mobil semakin digandrungi. Bahkan untuk item-item tertentu aksesoris nyaris menjadi barang wajib yang tidak bisa ditinggal. Misalnya, kaca film. Pabrikan mobil tidak menyertakannya pada mobil yang dikirim ke dealer. Padahal barang ini penting untuk menjaga privasi, meningkatkan keselamatan dan keamanan. Lalu yang lain seperti sistem audio, cover jok, velg, dan sebagainya, meski bukan barang vital namun sangat banyak peminatnya.

Tips memilih aksesoris mobil yang baik

Anda yang berencana memasang aksesoris pada mobil kesayangan harus pintar-pintar memilih. Di pasaran beragam jenis aksesoris dijual dari yang harganya murah hingga yang paling mahal. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini 5 tips memilih aksesoris mobil yang baik:

1. Pastikan bagian mana yang butuh ditambah aksesoris

Foto Memasang garnish lampu belakang

Bagian yang akan dipasang aksesoris harus ditentukan

Pastinya Anda sudah menentukan bagian mobil yang akan dipasang aksesoris. Misalnya bagian bagian knalpot, talang air (side visor), karpet kabin, fender, dan yang lain. Kepastian ini penting agar Anda tidak kebingungan saat tiba di toko aksesoris.

2. Sesuaikan dengan spesifikasi mobil

Beberapa jenis aksesoris bisa dipakai untuk banyak model, seperti kaca film, emblem, penutup baut ban, dan sebagainya. Tapi yang lain hanya cocok dan serasi untuk satu model. Misalnya karpet mobil yang berbeda-beda antara satu mobil dengan yang lain. Atau emblem Yaris yang elok dipasang pada Toyota Yaris, Terios untuk Daihatsu Terios, atau logo Lexus untuk mobil Lexus. Penyesuaian ini penting selain pemasangannya lebih mudah, dari sisi penampilan juga lebih eye catching.

>>> Modifikasi Nissan GTR Kuhl Design Ini Dijual, Harganya Ngeri!

3. Ikuti trend

Sebenarnya bebas mau memasang aksesoris apapun. Tapi kalau ketinggalan tren juga kurang bagus. Untuk hal ini Anda bisa mencari referensi di internet atau berkonsultasi dengan ahlinya, seperti spesialis modifikasi dan variasi. Bisa juga konsultasi dengan dealer resmi mobil. Hanya saja untuk yang satu ini Anda akan diarahkan memakai Genuine Accessories alias aksesoris resmi dari pabrik.

Foto Mitsubishi Xpander tampak samping depan full aksesoris

Penampilan mobil bisa lebih menarik dengan aksesoris

4. Sesuaikan dengan kemampuan finansial

Aksesoris mobil bukan komponen vital pada mobil. Jadi lebih baik tidak memaksakan diri jika dari sisi finansial tidak mendukung. Jika pun aksesoris itu sangat Anda butuhkan seperti kaca film, Anda bisa cari produk berkualitas namun dengan harga paling terjangkau.

5. Perhatikan unsur keselamatan

Salah satu yang terpenting dalam memilih aksesoris mobil yang baik adalah memperhatikan unsur keselamatan. Pastikan aksesoris tidak mengganggu Anda dalam mengoperasikan kendaraan, atau menimbulkan ketidaknyamanan. Misalnya, hiasan di atas dashboard atau gantungan di spion tengah. Jika harus dipasang usahakan yang tidak menghalangi pandangan (visibilitas). Aksesoris lampu juga demikian, jika Anda memilih memodifikasi dengan lampu aftermarket atau lampu aksesoris, pastikan lampu tersebut aman untuk kendaraan maupun pengguna jalan lain.

>>> 4 Aksesoris Mobil yang Bisa Membahayakan Pengendara

Foto Phone holder di kaca depan

Memasang aksesoris mobil wajib memperhatikan aspek keselamatan

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top