5 Perawatan Mobil yang Wajib Diketahui Wanita

02/02/2021

Perawatan dan service

5 menit

5 Perawatan Mobil yang Wajib Diketahui Wanita
Sebagai pengendara, kaum wanita juga harus mengetahui sederet perawatan mobil. Apa saja perawatan mobil yang wajib diketahui kaum hawa? Berikut rinciannya.

Urusan mobil tak hanya harus dikuasai oleh pria. Jangan cuma lihai mengendarainya, kaum wanita yang berkendara pun harus mengerti seluk beluk perawatan mobil. Perawatan mobil merupakan salah satu cara agar umur kendaraan Anda bisa lebih tahan lama.

Ada sederet perawatan mobil wajib yang harus diketahui kaum hawa agar lebih perhatian terhadap kendaraannya itu. Apa saja? Berikut sederet cara merawat mobil yang perlu diketahui kaum wanita dilansir dari Defensive Driving, Selasa (2/2/2021). 

perawatan mobil

Jangan cuma eksterior yang dibersihkan, kabin pun juga perlu

1. Menjaga Kabin Tetap Bersih

Kebersihan merupakan hal yang harus dijaga oleh setiap pengendara. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, kebersihan kabin menjadi yang utama guna mencegah penularan virus. Anda bisa membersihkannya sesering mungkin, misalnya usai dipakai dan usahakan jangan meninggalkan sampah di dalam mobil. 

Buang juga semua struk-struk yang didapat sepanjang perjalanan sesampainya di tempat tujuan. Atau kalau sudah sampai di rumah, Anda bisa menggunakan penyedot debu agar kebersihan lebih terjaga. Kabin yang bersih juga bisa menghindarkan dari bau kurang sedap di dalam mobil. Anda juga dapat memanfaatkan pewangi mobil supaya tetap segar.

>>> Jangan Asal Pilih, Ketahui Tips Membeli Mobil untuk Wanita

2. Cek Oli dan Mengisi Ulang

Oli merupakan salah satu komponen vital di dalam kendaraan. Maka dari itu, oli harus dicek secara rutin baik mobil itu dipakai ataupun tidak. Ada baiknya untuk mengecek oli satu bulan sekali. Caranya, Anda tinggal menarik dipstick kemudian bersihkan dengan tisu lalu kemudian kembalikan lagi. Setelah itu Anda bisa melihat di ujung dipstick terdapat tanda 'F' yang berarti Full, dan 'L' untuk Low. Bila posisi oli di dipstick berada antara huruf F dan L itu artinya masih baik. Tapi jika sudah di posisi Low sebaiknya diisi. 

ganti oli

Pelajari cara mengecek oli

3. Ganti Oli

Mengganti oli berbeda dengan mengecek dan mengisi ulang. Kalau mengganti, artinya keseluruhan oli diganti dan biasanya dilakukan pada periode tertentu. Oli yang tak diganti bisa berdampak buruk untuk kinerja mesin Anda, bahkan bisa memicu terbakar. Anda dapat mengacu pada warna oli sebelum melakukan penggantian. Penggantian oli bisa dilakukan sendiri kalau Anda mengerti caranya. Namun kalau tak mau ribet, Anda bisa pergi ke bengkel terdekat untuk mengganti oli. 

>>> Dear Ladies, Jangan Asal Pakai Alas Kaki untuk Menyetir Ya!

4. Pelajari Cara Mengganti Ban

Ini salah satu hal antisipasi yang sebaiknya dipelajari kaum wanita karena sebenarnya bukan pekerjaan sulit. Anda bisa meminta bantuan kerabat yang bisa mengajari cara mengganti ban. Dengan mengetahui cara mengganti ban, Anda tak perlu khawatir ketika mobil mengalami pecah ban di jalan dan bisa langsung menggantinya. 

ban mobil

Kondisi ban tak luput dari perawatan

5. Perhatikan Kondisi Ban

Perawatan mobil satu ini tak kalah penting. Sebagai satu komponen vital yang bersentuhan langsung dengan jalan, peran ban tentu amat penting. Perawatan ban pun terbilang tak sulit. Anda bisa mengisi tekanan yang sesuai dengan rekomendasi. Pengecekan tekanan bisa dilakukan setidaknya satu bulan sekali. Bila tekanannya sesuai, performa mobil pun bisa optimal dan tentunya hemat bahan bakar. 

Tekanan ban ini juga berpengaruh terhadap tapak ban. Saat tekanan angin ban kurang dari yang dianjurkan pihak produsen, maka struktur tapak ban mobil malah akan berubah menjadi huruf W. Kondisi ini membuat bagian tengah tapak ban tidak menyentuh permukaan jalan. Sebaliknya, ketika tekanan angin ban lebih tinggi dari yang direkomendasikan, maka tapak ban mobil akan berubah menjadi huruf U. Kondisi ini membuat hanya permukaan bagian tengah dari tapak ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan.

Pada kendua kondisi itu kemampuan ban untuk mencengkram permukaan jalan tidak bekerja dengan baik karena permukaan dan pola tapak ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan tidak sempurna. 

>>> Cara Mengatasi Mobil Mogok untuk Wanita

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top