5 Modifikasi Mobil Bekas untuk Angkat Performa

Share this post:
5 Modifikasi Mobil Bekas untuk Angkat Performa
Ada sejumlah modifikasi mobil bekas yang bisa sobat lakukan untuk mengembalikan performa pengendaraan. Menariknya, modifikasi yang dilakukan tak melulu harus menyentuh sektor mesin. Penasaran apa saja?

Mobil sedan warna merah burnout.

Modifikasi bisa dilakukan untuk mengangkat performa mobil bekas yang baru dibeli.

Terdapat banyak alasan seseorang pilih beli mobil bekas dibanding unit baru dari dealer. Alasan umum adalah harga lebih murah. Faktor harga tersebut kadang juga menjadi motiviasi seseorang membelinya untuk bahan modifikasi. Biar tak salah langkah, CintaMobil.com akan ajak sobat mengintip modifikasi mobil bekas yang berguna meningkatkan kualitas pengendaraan.

Perlu sobat ingat bahwa dunia modifikasi mobil sangat luas dan terus berkembang. Namun, sayangnya hal ini justru bisa membuat seorang, terutama mereka yang pertama kali memiliki mobil “tersesat” dalam melakukan ubahan. Misalnya melakukan modifikasi yang tak memiliki nilai manfaat bahkan justru menurunkan performa mobil.

​Di lain sisi, terkadang mobil bekas juga perlu mendapat perbaikan biar kembali enak dikendarai. Nah, jika sobat baru saja membeli mobil bekas, inilah jenis modifikasi mobil bekas yang akan menambah kenikmatan berkendara.

1. Lakukan service terlebih dahulu

Proses penggantian oli mobil.

Pertama sobat perlu melakukan service untuk memastikan kondisi mobil sehat.

Sebelum melakukan modifikasi lebih jauh, sangat disarankan untuk membawa mobil bekas ke bengkel untuk melakukan service. Cek hal-hal umum, seperti oli, radiator, atau rem. Sobat juga bisa minta pendapat teknisi profesional mengenai kondisi mobil bekas sobat secara keseluruhan.

>>> Biar Bebas Melintas Di Jalan Raya, Ini Yang Harus Diperhatikan Mobil Modifikasi​

2. Modifikasi ban dan pelek

Pelek mobil merek Rota.

Perhatikan spesifikasi pelek sebelum menggantinya.

Modifikasi mobil bekas selanjutnya yang bisa sobat lakukan adalah mengganti ban. Sudah bukan rahasia ban mobil bekas kadang tak lagi sempurna. Menggantinya dengan karet yang lebih segar memastikan mobil memiliki cengkraman sempurna ke aspal. Berhubungan dengan selera, mengganti pelek juga sah-sah saja dilakukan dengan syarat tetap memerhatikan spesifikasi yang cocok. Mulai dari PCD (Pitch Centre Diameter), kelebaran, dan grade atau kualitas pelek.

>>> Dapatkan tips lengkap perawatan dan service mobil di sini.

3. Upgrade kaki-kaki

Suspensi coilover mobil.

Sektor kaki-kaki yang prima ikut menentukan kualitas pengendaraan.

Biar mobil enak dikendarai, sektor kaki-kaki memang wajib menjadi perhatian. Sobat bisa memulainya dengan mengecek bagian-bagian yang rawan rusak, seperti bushing arm, bearing, hingga suspensinya. Jika dana tak menjadi masalah, pemasangan coilover bisa diambil sebagai tahap modifikasi mobil bekas selanjutnya.

4. Merapikan interior

Interior mobil dengan kursi Recaro.

Modifikasi interior jamak dilakukan penggemar modif.

Kondisi interior tak kalah penting mengingat sobat akan banyak berada di dalamnya. Mengenai interior ada beberapa opsi yang bisa diambil, yaitu memperbaiki kondisi yang dalam keadaan orisinil atau melakukan modifikasi. Misalnya mengganti headunit dengan yang lebih modern, membalut dashbord dengan kulit, atau bahkan memasang jok bucket yang akan menambah aura sporty di dalam kabin.

>>>  Baca tips-tips bermanfaat dan menarik seputar dunia otomotif di sini.

5. Modifikasi mesin

Knalpot mobil Akrapovic

Langkah modifikasi mesin bertujuan menambah tenaga mobil.

Kini kita masuk ke sektor mesin di mana sobat bisa melakukan modifikasi mobil bekas biar tarikan lebih enak. Hal tersebut bisa dicapai dengan memaksimalkan suplai udara lewat penggantian air filter. Atau bisa juga penggantian downpipe, exhaust, remap ECU, bahkan hingga pasang turbo.

Itu beberapa jenis modifikasi mobil bekas yang bisa sobat lakukan untuk mengangkat performa mobil. Dunia modifikasi memang tak ada habisnya, sobat. Hal yang membatasinya hanyalah dana dan niat. Maka itu, jangan sampai salah langkah dalam melakukannya ya.

>>> Cari mobil untuk modifikasi? Lihat semua mobil yang dijual di CintaMobil.com.

Share this post:
 
back to top