5 Komponen Mobil yang Wajib Mendapat Perawatan

03/10/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
5 Komponen Mobil yang Wajib Mendapat Perawatan
Layaknya tubuh manusia, mobil juga harus dirawat. Setidaknya ada 5 komponen mobil yang wajib mendapat perawatan agar kondisi kendaraan Anda tetap prima.

Layaknya tubuh manusia, kendaraan pun butuh perawatan. Termasuk ketika bicara mobil yang kondisinya harus selalu prima demi memberikan keamanan dan kenyamanan saat berada di jalan. 

Agar kondisi mobil tetap prima, maka wajib dilakukan perawatan. Jenis perawatannya beragam. Namun, ada lima komponen yang wajib mendapat perhatian khusus. Komponen tersebut sangat vital bagi operasional mobil Anda sehari-hari karena punya fungsi mendasar yang krusial.

Setidaknya ada 5 komponen mobil yang wajib mendapat perawatan secara ekstra. Berikut daftarnya, seperti Cintamobil.com lansir dari situs Dunlop Indonesia, Jumat (2/10/2020). 

>>> Komponen Penting Audio Mobil, Gimana Memilih Amplifier yang Bagus?

1. Aki

Aki merupakan nyawa dari sebuah mobil. Tanpa aki mobil tak bisa hidup. Aki juga menjadi pusat kelistrikan dari mobil. Seluruh fungsi mobil yang mengandung kelistrikan tentunya membutuhkan aki. Semisal Anda ingin menyalakan lampu, itu juga bergantung pada aki. Dan juga beberapa fungsi lainnya. Aki yang baik akan membuat kinerja mobil optimal. Oleh karena itu, aki wajib dirawat dengan baik. 

perawatan aki

Pengecekan aki wajib dilakukan secara berkala

Anda bisa mengecek kondisinya secara rutin setiap sebulan sekali. Kalau menggunakan aki basah, lihat cairan elektrolitnya. Jika kurang, hendaknya segera ditambah. Perhatikan pula terminal aki. Bersihkan jika berkarat dan kencangkan saat terlihat longgar.

2. Transmisi 

Transmisi juga menjadi salah satu komponen vital di dalam mobil Anda. Fungsinya sebagai sistem pemindah tenaga mobil pada poros propeler, kerusakan pada transmisi akan berdampak ke komponen-komponen lain. 

transmisi mobil

Jangan lupa untuk mengganti oli transmisi Anda

Anda bisa merawat transmisi dengan melakukan penggantian olinya secara teratur. Dan juga menggunakan transmisi sesuai fungsinya. 

>>> Mengenal Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Radiator Mobil

3. Suspensi 

Suspensi berkontribusi besar terhadap kenyamanan sebuah mobil. Terlebih ketika Anda mengendarai mobil melintasi jalan yang berlubang ataupun bergelombang. Untuk menjaga suspensi selalu mampu menjalankan fungsinya dengan baik, pastikan mobil tidak membawa beban berlebih, berjalan pelan di jalan berlubang, hingga memarkir kendaraan di permukaan yang rata. Perbaiki pula suspensi yang rusak sesegera mungkin supaya awet.

4. Ban 

Ban juga tak luput dari salah satu komponen mobil yang wajib dirawat. Perawatan ban bisa dilakukan dengan mengisi tekanan angin sesuai rekomendasi, membersihkannya dari kotoran, dan memperlambat laju mobil di permukaan jalan yang buruk. Kondisi ban yang baik juga turut berdampak terhadap hematnya penggunaan bahan bakar Anda. 

ban mobil

Perawatan ban tak kalah penting

5. Sistem Pendingin

Setiap mobil dibekali dengan sistem pendingin yang berfungsi untuk menyerap panas saat mobil tengah berjalan. Apabila sistem tersebut rusak akan banyak kerugian yang dialami seperti tenaga mobil berkurang, bahan bakar boros, hingga kerusakan pada komponen lain. 

Untuk melakukan perawatan sistem pendingin, pengecekan rutin wajib dilakukan. Lihat kondisi air pendingin. Jika kurang, segera tambahkan. Periksa pula keadaan radiator mulai dari selang, tali kipas, hingga kemungkinan kotoran yang hadir. Bersihkan jika memang dirasa perlu. 

>>> Mengenal Komponen dan Cara Kerja Transmisi Otomatis Mobil

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Inilah Komponen Mobil RC yang Sangat Mirip dengan Mobil Sungguhan

19/08/2020

Pengemudian

8 menit

Beberapa komponen mobil RC ini amat mirip dengan komponen di mobil aslinya. Yang membedakan hanya dari material yang dipakai serta ukurannya yang jauh lebih mungil.

Lihat juga

4 Komponen Mobil Ini Wajib Dipasang Sebelum Memasuki Masa New Normal

07/06/2020

Perawatan dan service

5 menit

Setidaknya ada 4 komponen Bosch yang wajib And apertimbangkan untuk dipasang pada mobil Anda sebelum memulai kembali aktifitas di masa New Normal.

Lihat juga

Masuki Musim Penghujan, Pastikan 4 Komponen Mobil Ini Dalam Kondisi Baik

29/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Dalam berkendara yang harus Anda perhatikan ialah keamanan dalam berkendara. Terlebih dalam kondisi musim penghujan, Anda harus perhatikan 4 komponen ini.

Lihat juga

Ford Gunakan Limbah Kopi McDonald’s Untuk Produksi Komponen Mobil

07/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Limbah kopi ternyata bisa digunakan sebagai material komposit dalam produksi komponen mobil. Salah satunya seperti yang ditempuh pabrikan Ford dalam mengolah limbah kopi dari McDonald’s untuk produksi komponen seperti lampu dan interior

Lihat juga

Ini Komponen Mobil yang Membutuhkan Service Berkala, Kira-kira Apa Saja?

27/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Semakin hari pasti komponen pada mobil akan semakin memburuk, baik karena pemakaian normal maupun karena usia pakai yang terlalu lama.

Lihat juga
 
back to top