5 Komponen Mobil yang Bisa Rusak Setelah Perjalanan Mudik Lebaran

14/05/2019
Beberapa komponen mobil yang bisa rusak setelah perjalanan mudik Lebaran. Ini bisa karena waktu tempuh perjalanan yang terlalu lama, atau medan jalan yang dilalui sangat berat.

Musim mudik Lebaran sebentar lagi, itu artinya ratusan ribu jiwa akan bergerak dari satu wilayah ke wilayah lainnya untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Dan diantara alat transportasi lain, mobil pribadi masih menjadi favorit untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran.

>>> Servis Mobil Buat Mudik, Jangan Tunggu Mepet Waktu

Namun dengan jarak yang cukup jauh, waktu tempuh yang lebih lama, serta medan jalan yang mungkin lebih ekstrim dari jalan perkotaan, membuat ada beberapa komponen mobil yang bisa rusak pasca Anda melakukan perjalanan mudik.

Berikut ini setidaknya lima komponen mobil yang bisa rusak setelah perjalanan mudik Lebaran:

1. Oli

Ganti oli mesin

Ganti oli agar mesin kembali prima

Setelah melakukan perjalanan jauh misalnya ketika mudik Lebaran, maka biasanya kinerja mesin jadi melemah. Itu mungkin akibat sistem pelumasan pada mesin yang sudah tidak optimal. Dan pelumasan ini adalah tugas dari oli. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda melakukan penggantian oli, segera setelah mudik Lebaran, agar kinerja mesin mobil kembali prima.

>>> 4 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Mengganti Oli Mobil

2. Filter Udara

Filter udara kotor

Filter akan kotor terkena debu di perjalanan

Melakukan perjalanan jauh dengan jalur macet dan berdebu, maka komponen pada mobil yang juga diserang adalah filter udara. Pasca Anda melakukan perjalanan tersebut, maka sebaiknya bersihkan filter udara dari debu kotoran yang menempel.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

3. Rem

cek rem mobil

Cek komponen rem setelah mudik

Rem adalah komponen lain yang bisa rusak setelah Anda melakukan perjalanan mudik Lebaran. Itu lantaran rem memiliki tugas berat saat akan menghentikan laju kendaraan ketika dipacu. Apalagi ketika diperjalanan menemui jalan macet, maka sistem rem akan bekerja lebih keras. Cek kondisi rem mobil termasuk kampas dan kondisi cakram setelah Anda kembali ke rumah.

>>> Rem Mobil Berdecit? 2 Komponen Ini Penyebabnya

4. Suspensi

Suspensi mobil

Pastikan tidak ada masalah pada sistem suspensi

Melewati jalan dengan berbagai jenis permukaan, tentu menjadi kinerja berat bagi sistem suspensi mobil Anda. terlebih lagi jika jalan yang dilalui masih berupa jalan berbatu. Agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari, sebaiknya cek bagian suspensi setelah Anda kembali dari mudik Lebaran.

>>> Temukan tips perawatan mobil lainnya di sini

5. Roda

spooring dan balancing

Lakukan spooring dan balancing setelah mudik

Melakukan perjalanan jauh maka Anda akan menemui juga kondisi jalan berlubang. Saat melintas di jalan seperti ini, maka yang terkena imbasnya adalah ban dan pelek. Untuk itulah kembali lakukan spooring dan balancing setelah Anda pulang dari mudik.

Demikian lima komponen mobil yang bisa rusak setelah perjalanan mudik Lebaran. Sebaiknya Anda lakukan perbaikan pada komponen-komponen ini sesaat setelah Anda kembali dari perjalanan mudik.

>>> Tips & trik lain bisa ditemukan disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain