5 Kesalahan Mencuci Mobil yang Membuat Cat Jadi Rusak

24/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
5 Kesalahan Mencuci Mobil yang Membuat Cat Jadi Rusak
Ada kesalahan mencuci mobil yang sering dilakukan orang. Padahal tanpa mereka sadari, tindakan itu bukan membuat mobil bersih, tapi malah cat mobilnya jadi rusak.

Mencuci mobil merupakan bagian dalam perawatan kendaraan. Namun cuci mobil tidak boleh sembarangan. Ada beberapa tahapan dan hal yang harus diperhatikan. Karena jika ada kesalahan mencuci mobil, maka mobil bukan jadi bersih namun cat mobil malah jadi rusak.

>>> Ternyata Kanebo Berbahaya Untuk Mencuci Mobil

1. Sinar Matahari Langsung

cuci mobil siang hari

Jangan cuci mobil di bawah sinar matahari langsung

Hal paling fatal dalam kesalahan mencuci mobil adalah mencuci di bawah sinar matahari langsung. Karena ini akan membuat air lebih cepat kering dan menimbulkan bercak pada cat mobil. Jika noda tersebut menempel, maka lebih sulit untuk menghilangkannya. Sebaiknya cuci mobil di tempat yang memiliki atap pelindung.

2. Pakai Satu Ember

ember sabun cuci

Jangan cuma andalkan satu ember

>>> Rencana beli mobil baru? Cek promonya disini

Saat cuci mobil maka Anda butuh air yang cukup banyak. Jangan hanya mengandalkan air di satu ember. Karena kalau hanya satu ember, maka kotoran yang ada pada air akan menempel pada kain pencuci mobil dan mengotori bagian mobil lainnya. Ini bukan cuma membuat mobil malah jadi kotor, tapi butiran kerikil atau debu tersebut pun berpotensi membuat baret pada permukaan cat.

3. Sabun Colek

cuci mobil

Gunakan shampo khusus mobil

Jangan pernah menggunakan sabun colek untuk menyabuni seluruh permukaan cat bodi mobil. Karena akan meninggalkan bekas noda atau membuat cat jadi kusam. Sebaiknya gunakan shampo atau sabun khusus untuk cuci bodi mobil.

>>> Pilihan mobil bekas berkulitas terlengkap ada disini

4. Spons Cuci Piring

spons cuci piring

Jangan pakai spons buat cuci piring

Saat menggosok permukaan cat mobil, sebaiknya jangan menggunakan spon untuk mencuci piring. Karena biasanya spons ini memiliki permukaan yang cukup kasar yang bisa menggores permukaan cat mobil. Pilihlah spons yang memang khusus untuk mencuci mobil. Harganya tidak terlalu mahal kok.

5. Pelek dan Ban

cuci ban mobil

Jangan pernah abaikan pelek dan ban

Banyak pemilik mobil yang melakukan kesalahan mencuci mobil karena melewatkan bagian pelek dan ban. Padahal kedua komponen ini memiliki debu dan kotoran paing banyak. Jika dibiarkan kotor, maka saat mobil melaju, kotoran pada pelek dan ban bisa mengotori bagian mobil lainnya.

>>> Tips dan trik lain bisa dibaca disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tips Mencuci Mobil Hybrid

Sebenarnya cara mencuci mobil hybrid itu sedeharna saja, yaitu mencuci mobil berteknologi hybrid ini sebaiknya tidak sampai ke bagian mesin.

Lihat juga

Apakah Perlu Mencuci Mobil Setiap Kali Terkena Air Hujan?

Di musim hujan yang tak kunjung berhenti, perawatan mobil pun harus ekstra. Ada juga beberapa cerita lucu yang mana ketika pemilik mobil baru saja mencuci mobilnya di salon, tiba-tiba hujan datang dalam perjalanan pulang. Tak heran, banyak menanyakan “apakah perlu mencuci mobil setelah terkena air hujan?”

Lihat juga

Tips dan Trik Mencuci Mobil: Bagaimana Cara Mencuci Mobil dengan Sedikit Air?

Bagi sebagian daerah, air menjadi komoditas yang sulit didapatkan. Untuk membersihkan mobil yang notabene membutuhkan jumlah air yang banyak, mencuci mobil dengan sedikit air bahkan tanpa air bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

Lihat juga

Review Volvo XC90 2019: Perubahan Minor, Namun Tetap Mewah

18/03/2019

Editor rate:

Setelah memperkenalkan generasi baru dari hampir setiap model dalam jajarannya. Volvo kini meluangkan waktu untuk menyegarkan kembali anggota tertua dari lini produk mereka, Volvo XC90 2019 yang mendapatkan perubahan minor tahun ini.

Lihat juga

Audi Q3 2020: Daftar Harga mobil Audi Q3 terbaru September

01/09/2020

Audi

Pada tahun 2012 silam, PT. Garuda Mataram Motor (GMM) selaku distributor resmi Audi Indonesia, merilis produk teranyarnya di kategori Sport Utility Vehicle (SUV) Compact Premium yakni Audi Q3. Dikemas dalam spesifikasi mesin efisien dan cukup bertenaga. Apa fitury yang dihadirkan pada mobil ini? Berapa harga Audi Q3 ini?

Lihat juga