5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Ban

Share this post:
5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Ban
Menjaga ban dalam kondisi terbaiknya merupakan aspek penting dalam perawatan mobil. Tips merawat ban menjadi salah satu bagian penting untuk menjaga ban melaju dengan kondisi maksimalnya. Ban yang sudah aus dan jelek bisa meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan ketika anda mengerem.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sehubungan dengan perawatan ban yang bisa anda lakukan di rumah. Berikut tips merawat ban yang bisa anda lakukan untuk menjaga ban menjadi awet dan tahan lama dari Cintamobil.

1. Rotasi ban

Untuk menjaga ban lebih awet dan tahan lama, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan rotasi pada ban mobil. Tekanan yang berbeda membuat beberapa ban menjadi lebih cepat aus dibandingkan yang lain. Ban depan yang membawa lebih banyak bobot mobil cenderung aus sekitar dua kali lebih cepat dibandingkan ban belakang.

Gambar yang berisi beberapa cara yang bisa digunakan untuk merotasi ban

Perhatikan beberapa cara merotasi ban

Produsen mobil mempunyai rekomendasi yang berbeda dalam merotasi ban mereka. Namun, sebagian besar produsen menyarankan ban harus diputar setiap 8.000 sampai 10.000km berjalan. Ada beberapa jenis rotasi ban yang umum, yaitu:

  • Rotasi silang
  • Rotasi lurus
  • 5 rotas ban
  • 4 penggerak roda

>>> Baca juga tips dan trik perawatan mobil lainnya

2. Menjaga tekanan ban

Menjaga tekanan ban merupakan hal yang penting. Memiliki tekanan yang pas akan melindungi ban dari kerusakan dan mengurangi kemungkinan mobil lepas kendali. Mengemudi dengan tekanan ban yang rendah juga bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Gambar tentang pengisian angin ban dengan memperhatikan tekanan ban

Selain untuk efisiensi bahan bakar, tekanan ban akan menjaga ban

Anda harus memeriksa tekanan ban setidaknya setiap bulan, dan lebih sering jika anda berkendara lebih sering. Ban tidak boleh panas ketikda diperiksa. Untuk mengetahui tekanan ban yang tepat, periksa buku petunjuk atau manual yang ada pada mobil

3. Menjaga tapak ban

Tapak ban sangat penting untuk daya cengkram ban terhadap jalan. Tapak ban memiliki pengaruh penting untuk membantu menghilangkan air di antara ban dan jalan, memastikan mobil tetap terkendali dan menceah terjadinya slip ketika mobil mengerem di jalanan yang basah.

Gambar yang memperlihatkan pengendara mengukur kedalaman tapak ban

Tapak ban sangat penting untuk keamanan dalam berkendara

Dengan sering berjalan dan mengerem, tapak ban bisa habis dari waktu ke waktu. Kedalaman tapak ban berbeda dari satu negara dengan negara lain, namun berada di antara 1.5mm dan 1.6mm. Untuk menambah kenyamanan mengemudi, segera ganti ban ketika ban sudah mulai terlihat aus.

>>> Klik Disini untuk tips memilih spesifikasi ban yang cocok untuk mobil anda

4. Penyelarasan roda

Penyelarasan roda adalah proses menyelaraskan roda dan as roda dengan benar. Penyelarasan ini akan memastikan bahwa mobil anda bisa berjalan pada tingkatan optimal, meningkatkan keamanan serta melindungi ban dari penuaan dini dan menghemat bahan bakar.

Alat yang digunakan untuk menjaga keseimbangan roda pada mobil

Seimbangkan roda agar mobil menjadi kurang bergetar

Keseimbangan roda dapat menyeimbangkan roda dan ban. Hal ini akan melindungi bantalan dan suspensi, mencegah penuaan dini ban dan menghentikan getaran berlebih ketika mobil sedang melaju.

5. Perbaikan dan pergantian

Jika anda mulai ragu dengan keadaan ban anda, anda harus membawa mobil anda untuk diperiksa ke bengkel0bengkel terdekat. Pastikan anda juga memperhatikan ban ketika anda melakukan pemeriksaan bulanan untuk mencegah ban rusak tanpa anda sadari. Memeriksa ban juga dilakukan untuk memeriksa kondisi internal ban, kondisi yang tida bisa dilihat dari luar.

pergantian ban menggunakan alat yang dilakukan di bengkel mobil

Ganti ban ketika sudah menua dan butuh perbaikan

Namun, ada saatnya ban harus diganti. Ban sama dengan komponen lain di mobil yang sepatutnya diganti jika sudah menua. Hal ini tergantung dari beberapa faktor, misalnya kilometer perjalanan, gaya berkendara, dan juga iklim dan cuaca di suatu daerah serta bagaimana cara penyimpanan mobil. Selalu periksa ban dengan teratur dan ganti ketika sudah mencapai umurnya, misalnya ketika tapak ban sudah mengalami keausan.

Lihat video dibawah tentang cara praktis merawat ban

Ban menjadi salah satu komponen keamanan yang jarang diperhatikan oleh pengendara, khususnya di Indonesia. Karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk melihat tips merawat ban agar ban menjadi tahan lama dan awet. Selain itu, ban yang bekerja dengan maksimal akan menambah kenyamanan dalam berkendara. Keep safety riding, guys!

>>> Untuk tips dan trik lainnya, klik disini

Share this post: